[Wajib Baca] Ganti Oli Motor Matic,,Berapa KM Sekali ??

Posted on

[Wajib Baca] Ganti Oli Motor Matic,,Berapa KM Sekali ??

[Wajib Baca] Ganti Oli Motor Matic,,Berapa KM Sekali ?? – Dalam penggantian oli mesin motor matic dapat dilakukan dalam beberapa cara yang dimana salah satunya dengan mengikuti KM pemakaian motor. Tapi ada pertanyaan mendasar. Berapa KM yang tepat untuk mengganti oli motor matic..?? Nah apakah ada aturannya..?? Supaya tidak pusing mending kita simak ulasan berikut ini.

Sebagai benda transportasi yang sering sekali digunakan, motor haruslah dirawat supaya tetap awet dan tetap nendang, salah satu perawatan motor yang paling mudah ialah dengan mengecek oli mesin. Kita tinggal saja membuka oil cap dan lihat deep stick, dari stick tersebut kita bisa mengetahui volume oli mesin dan kondisi oli mesin tersebut. Nah itulah alasan mengapa oli mesih harus diganti, karena oli yang merupakan pelumas sintetis bisa berubah kualitasnya bila digunakan secara terus menerus.

Lalu Kapan Oli Motor Harus Segera Diganti..??

Untuk jadwal penggantian oli mesin, kalian tidak perlu repot, biasanya pada buku service kendaraan sudah dijelaskan mengenai service berkala dan pada interval berapa oli harus diganti.

Pada motor matic, karena memiliki dua jenis oli yakni oli mesin dan oli gardan, maka penggantian oli mesin dapat dilakukan pada interval 3000-4000 KM. Dan oli gardan bisa diganti dengan mengikuti jadwal penggantian oli mesin atau ketika dua kali service. Dengan kata lain, oli gardan sanggup bertahan 5000 hingga 8000 KM.

Simak Juga :   Tips Merawat Motor Injeksi Dengan Mudah

Dan dalam penggantian oli motor matic masih dikatakan wajar jika dilakukan maksimal 5000 KM, tapi jika sudah melebihi interval tersebut bahkan mencapai 10.000 KM sudah dikatakan hal yang kurang baik untuk kesehatan mesin.

Akibat Telat Ganti Oli Motor

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kualitas oli mesin bisa saja berubah akibat pemakaian secara terus menerus, mengapa bisa demikian..?? Di dalam mesin, oli bukan hanya melumasi bagian mesin. Oli juga membersihkan komponen mesin. Saat mesin bekerja, sisa pembakaran mesin bisa berupa gas CO ditambah kerak.

Tugas oli yakni membilas seluruh komponen primer mesin dari kerak-kerak tersebut. Itulah sebabnya mengapa oli mesin bisa berubah warna menjadi hitam ketika digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu, oli juga bersifat mendinginkan. Hal demikian ini dapat terjadi karena sifat oli yang bisa menyerap panas. Sehingga terjadilah proses pendinginan alami didalam oil pan. Tapi dalam jangka waktu lama, oli yang berinteraksi dengan panas bisa mengubah viscositas oli tersebut. Dengan kata lain, semakin lama digunakan oli akan semakin encer.

[Wajib Baca] Ganti Oli Motor Matic,,Berapa KM Sekali ??

Viscositas dan kualitas oli mesin berpengaruh terhadap kemampuan oli dalam melakukan treatment terhadap mesin. Oli yang menghitam tandanya, kandungan oli telah tercampur dengan kotoran mesin serta kerak. Jika digunakan secara terus menerus bisa mengakibatkan mesin cepat panas dan bisa menimbulkan goresan pada dinding silinder.

Untuk itu sebisa mungkin rawat motor kalian minimal dengan rutin melakukan penggantian oli sesuai jadwal, apalagi jika motor kalian sudah berteknologi EFI. Pada mesin yang mengusung EFI, konsumsi bahan bakar akan jauh lebih irit. Emisi serta output mesin juga telah terjamin. Tapi mesin EFI perlu perawatan ekstra, apalagi jika kalian sudah menjadikan sepeda motor sebagai tumpuan kehidupan sehari-hari.

Simak Juga :   11 Tips & Cara Termudah Merawat Motor Di Musim Hujan

Lakukan Service Injektor Tiap 10.000 KM “Khusus Injeksi”

Beberapa bengkel menyarankan agar melakukan service injector tiap kelipatan 10.000 KM. Pengetesan ini dilakukan untuk menguji kelayakan injektor. Kita tahu sendiri pada mesin EFI injector sangat berpengaruh terhadap suplai bahan bakar ke mesin. Kerusakan pada injector bisa merusak kinerja mesin.

Untuk melakukan service, kalian bisa lakukan pekerjaan ini sendiri bila kalian memiliki tools yang memadai atau ke bengkel. Namun jika alat yang kalian miliki belum memadai, terlebih motor kalian berteknologi EFI maka kami sarankan untuk melakukan service ke bengkel resmi.

Mungkin untuk masalah harga akan jauh lebih mahal. Tapi pada bengkel resmi, tools yang disediakan sudah terstandar secara global, sehingga motor kalian pasti akan ditangani dengan maksimal.

Demikianlah pembahasan mengenai [Wajib Baca] Ganti Oli Motor Matic,,Berapa KM Sekali ?? semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂 

Baca Juga:

[Wajib Baca] Ganti Oli Motor Matic,,Berapa KM Sekali ??
Rate this post