Perhatikan ?? Inilah,, Penyebab & Ciri-Ciri Pen Piston Rusak

Posted on

Perhatikan ?? Inilah,, Penyebab & Ciri-Ciri Pen Piston Rusak “Wajib Baca”

Ciri-Ciri Pen Piston Rusak – Dalam setiap komponen mesin pastinya memiliki fungsi dari masing-masing dan juga mempunyai umur pakai yang berbeda-beda, dan terlebih komponen yang terdapat didalam mesin.

Komponen mesin sendiri merupakan bagian-bagian utama dari mesin khususnya ialah mesin bensin. Yang dimana komponen utama ini ialah suatu bentuk rangkaian mesin yang difungsikan sebagai pembuat tenaga.

Seperti halnya pada komponen pen piston, yang memang terlihat secara fungsi hanya sebagai penghubung antara piston dengan setang piston. Namun komponen yang berbahan baja keras ini juga memiliki umur pakai yang terbatas.

Penyebab & Ciri-Ciri Pen Piston Rusak

Untuk hal demikian saat melakukan pembongkaran, coba kalian perhatikan pen pistonnya. Untuk melihat komponen tersebut masih layak pakai yakni dengan cara marasakan dengan menggunakan tangan tidak ada bagian yang bergelombang atau aus.

Ini biasanya dapat terdeteksi di bagian tengah karena bagian ini selalu bergesekan dengan setang piston dan berputar mengikutin kitiran mesin. Dalam hal ini pen piston haram hukumnya bila bergelombang atau aus seperti itu karena komponen tersebut harus presisi, tidak boleh ada keausan.

Karena, setang piston dan piston akan mengalami oblak walau memang tidak besar. Namun hal ini cukup sangat berbahaya karena ada gaya tumbuk piston akibat adanya proses langkah tenaga yang dihasilkan saat kompresi dan api busi meletik.

Nah kebanyakan penyebab keausan sendiri dalam hal ini kurangnya diperhatikan oli mesin. Oli yang buruk atau sudah tidak maksimal melumasi mesin, akibatnya komponen seperti ini yang akan terkena dampaknya.

Perhatikan ?? Inilah,, Penyebab & Ciri-Ciri Pen Piston Rusak

Dan biasanya sih ada bentuk garis coklat seperti gosong di bagian badan pen piston, ini mengindikasikan mesin sedikit overheat atau mungkin kekurangan oli, jadi friksi dibagian ini tinggi. Dan untuk penggantian part tersebut juga sebisa mungkin usahakan part original. Karena komponen yang satu ini sangat penting dan membutuhkan bahan yang bagus serta ukuran yang presisi.

Demikianlah pembahasan mengenai Perhatikan ?? Inilah,, Penyebab & Ciri-Ciri Pen Piston Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Perhatikan ?? Inilah,, Penyebab & Ciri-Ciri Pen Piston Rusak
Rate this post