Penyebab + Solusi,, Yamaha Xeon Gt 125 Mati Mendadak

Posted on

Penyebab + Solusi,, Yamaha Xeon Gt 125 Mati Mendadak “Wajib Baca”

Yamaha Xeon Gt 125 Mati Mendadak – Untuk ulasan kali ini kami akan mengulas mengenai penyebab & solusinya,, yamaha Xeon Gt 125 mati mendadak,, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti kalau begitu simak pemaparannya dibawah ini.

Sepeda motor merupakan sebuah sepeda yang dimana memiliki roda dua yang digerakan atau dijalan dengan menggunakan mesin. Sepeda motor sendiri diciptakan mulai teriinspirasi dari sepeda bisa yang tidak menggunakan mesin, melainkan menggunakan tenaga manusia dengan cara dikayuh dengan menggunakan kaki.

Tujuan dengan terciptanya sepeda motor ialah untuk memudahkan pada pekerjaan manusia tanpa harus mengeluarkan tenaga yang lebih. Misalnya untuk berpergian atau mengangkut barang dan kegiatan lainnya.

Penyebab + Solusi Yamaha Xeon Gt 125 Mati Mendadak

Yang mungkin jadi penyebab Yamaha Xeon Gt 125 mati mendadak ketika jalan sebagai berikut:

Pemeriksaan & Pergantian Busi

Untuk hal ini kita ururt dari yang termudah dan termurah dahulunya. Yang pertama dengan periksa businya, segera ganti bila telah dipakai 7.000 km. Jika lebih dari itu ditakutkan kualitas telah menurun bahkan mati. Dan standarnya pakai NGK CR7E dengan gap elektroda 0,7 sampai 0,8 mm.

Pemeriksaan & Pembersihan Sistem Injeksi

Untuk selanjutnya dengan jarak tempuh yang sudah 37.000-an kam, untuk hal ini disarankan servis sistem injeksinya masuk akal. Terutama membersihkan injektor agar semprotan kembali normal, kualitas maupun kuantitas bensin yang dikeluarkan juga kembali seperti baru, dan termasuk juga membersihkan throttle body dari kotoran yang menempel.

Dengan pembersihan sistem injeksi dalam hal ini ada beberapa pilihan dari yang paling murah dengan memakai cairan carbon cleaner yang dicampurkan ke bensin, model infus lewat saluran bensin dari pompa dan yang paling advance dengan dibongkar. Dan yang paling akurat memang yang terakhir karena injektor dibersihkan pakai metode ultrasonic, lalu jumlah semprotan diukur ulang dan dilihat nyemprotnya, namun biaya relatif lebih mahal.

Pemeriksaan & Pembersihan Celah Klep + Ruang Bakar

Nah untuk saran servis besar yang tentu saja membongkar kepala selinder untuk pembersihan ruang bakar, sebaiknya dipastikan dahulu tekanan kompresinya, mengukurnya pakai compression gauge. Bila masih masuk batas toleransi, tentu saja tidak perlu.

Sebelum diukur tekanannya, celah klep mesti disetel sesuai standarnya terlebih dahulu. Untuk klep masuk celahnya 0,08 hingga 0,12 mm, sedangkan klep keluar 0,16-0,20 mm. Jangan sampai celah terlalu rapat, karena saat panas bisa membuat kompresi bocor ketika logam mengembang.

Penyebab + Solusi,, Yamaha Xeon Gt 125 Mati Mendadak

 

Tekanan kompresi standarnya 1.500 kPa “15 kg/cm2, 213,3 psi” @750 rpm, sedang minimalnya 1.300 kPa “13 kg/cm2 784,9 psi” dan maksimal 1.680 kPa “17 kg/cm2 241,8 psi”. Dalam proses mengukurnya setelah alat dipasang di lubang busi, mesin distarter beberapa saat sampai tekanan stabil, lalu dibaca.

Bila tekanan kompresi melebihi standar, artinya kerak di ruang bakar sudah terlalu banyak sehingga wajib dibongkar untuk pembersihan. Nah kerak yang menumpuk tadi bisa jadi penyebab sering mati mendadak, mengapa bisa..?? terjadi ketika tiba-tiba ada yang lepas atau rompal lalu mengganjal klep, sehingga tidak ada tekanan kompresi makanya mesin mati.

Lalu dari mana tumpukan kerak tadi, tentu dari sisa pembakaran, Dan kerak tadi akan semakin banyak jumlahnya jika motor jarang digeber dengan putaran tinggi. Maka disarankan sesekali geber mesin sampai gas mentok beberapa detik untuk merontokkan kerak diruang bakar.

Bila tekanan kompresi di bawah batas minimal, masukkan beberapa tetes oli ke ruang bakar lalu diukur ulang. Jika tekanan jadi meningkat, berarti ring piston aus. Jika sama saja artinya piston, klep, boring ada kerusakan.

Pemeriksaan Bagian Kontak

Dan bisa juga dari bagian kontak yang aus. Yang mana bisa membuat arus kadang terputus dengan sendirinya. Jadi jangan lupa ketika dalam kondisi mogok, kontinuitas arus di kontak.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab + Solusi,, Yamaha Xeon Gt 125 Mati Mendadak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Penyebab + Solusi,, Yamaha Xeon Gt 125 Mati Mendadak
Rate this post