Penyebab + Solusi,, Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin

Posted on

Penyebab + Solusi,, Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin “Wajib Baca”

Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin – Teknologi untuk saat ini sudah sangat berkembang terutama teknologi pada kendaraan bermotor. Saat ini teknologi pada kendaraan bermotor sudah beragam. Banyak sekali tambahan teknologi-teknologi baru yang disematkan pada sepeda motor saat ini. Salah satu teknologi sepeda motor yang terbaru saat ini ialah teknologi injeksi.

Teknologi injeksi ini masih terbilang baru disematkan didalam motor kalian. Mobil dan kendaraan roda 4 lainnya sudah terlebih dahulu menyematkan teknologi injeksi. Sebenarnya teknologi macam apa sih injeksi itu..??

Pengertian Motor Injeksi

Injeksi ialah suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Injeksi membutuhkan perangkat bernama injektor, yang bertugas menyuplai campuran bahan bakar dengan udara.

Sistem injeksi merupakan teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor. Dalam hal ini pastinya motor injeksi memiliki keluhan atau permasalahan,, lalu apa saja penyebabnya dan bagaimana solusinya,, simak berikut ini.

Penyebab Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin

Motor injeksi brebet saat mesin dingin, namun jika sudah mencapai 80 derajat ke atas mesin injeksi normal. Saat menghidupkan motor “starter” juga susah dalam kondisi dingin, saat mulai hiduppun tidak mau jika langsung digas, brebet dan cenderung mati, nunggu panas untuk dapatkan performa normal, mesin digas kosong dalam kondisi dingin.

Dalam hal ini ada beberapa indikasi motor injeksi brebet saat mesin dingin penyebabnya diantara lain karena pada sistem kelistrikan seperti pengapian, pengisian dan lainnya, saringan filter pompa injeksi yang sudah kotor hal ini bisa juga jadi penyebabnya dan bisa juga dari kegagalan suplai bahan bakar.

Solusi Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin

Adapun ada beberapa usaha perbaikan motor injeksi tersebut yang diantaranya yaitu:

Penyebab + Solusi,, Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin

  • Pemeriksaan pada sensor EOT
  • Tukar cop busi motor normal
  • Tukar busi dengan motor beat yang normal
  • Membersihkan Throttle body dan discann dengan HIDS/HD30 startnics tidak ada kesalahan yang muncul
  • Cek tekanan bahan bakar motor injeksi tersebut normal
  • Menguras tangki bensin
  • Menukar dengan sensor injeksi motor yang normal
  • Tukar injektor dengan motor sejenis yang normal
  • Membersihkan saringan atau filter pompa injeksi.
  • Mengganti sensor peninggi putaran stasioner atau sensor IACV “Intake Air Control Valve” belum normal juga
  • Cek dengan scanner Honda Starnics terkadang mode kosong setahu mekanik harusnya mode 1 ? masih perlu cek ricek

Dari sekian langkah perbaikan motor injeksi tersebut belum ada perubahan signifikan. Disarankan untuk mencoba tukar throttle body utuh, dan saat dicoba tukar throttle body, dan setelah beberapa saat dicoba atau test dan saat kondisi dingin alhasil sudah tidak ada masalah lagi. Dan ternyata solusinya tetap harus ganti thorttle body assy “full set” dan masalah dapat terselesaikan.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab + Solusi,, Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

 

Penyebab + Solusi,, Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin
Rate this post