√ Penyebab Motor Mati Total,,?? Inilah Cara Menghidupkannya,,

Posted on

Penyebab Motor Mati Total – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai penyebab motor mati total,, lalu bagaimana kita untuk menghidupkannya kembali,, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Sepeda motor dapat hidup jika semua komponennya berfungsi dengan normal. Dan sebaliknya bila motor tidak bisa hidup sama sekali, maka masalahnya ada di sebagian komponen atau bahkan semuanya. Untuk kalian yang belum mengenal dunia otomotif atau baru mengenal dunia otomotif, jangan heran dan jangan panik jika sepeda motor kalian mengalami motor yang mati total.

Penyebab Motor Mati Total,,?? Inilah Cara Menghidupkannya

Lantas,, bagaimana jika sepeda motor mengalami seperti itu..?? dan bagaimana caranya agar bisa “dihidupkan kembali..??” Nah berikut merupakan cara dan tips-tips untuk masalah demikian itu. Untuk hal yang demikian ini yang harus dicek ialah pengapian, kompresi dan saluran bahan bakar. Pasalnya jika pengapian dan kompresi normal, maka mesin motor pun akan hidup.

Pada Kompresi Motor

Kompresi yang bocor disebabkan karena beberapa hal, yang salah satunya ialah klep yang mengganjal. Hal ini ditandai dengan ringannya kick starter saat “diengkol” atau seperti tidak ada beban dalam memutar mesin.

Jika ini terjadi maka solusi yang dapat dilakukan ialah dengan membuka kepala silinder lalu memeriksa klep. Solusinya dengan bongkar mesin, karena masalahnya bisa klepnya bocor atau ring sehernya patah.

Pada Kelistrikan Motor

Untuk yang selanjutnya pada bagian kelistrikan motor tersebut. Dalam memecahkan masalah motor mati total,, yang bisa terjadi juga pada sikring itu sendiri dan cobalah dengan mengecek sikring sepeda motor kalian apakah sikring tersebut putus atau tidak, jika sikring sepeda motor kalian tidak putus mungkin kondisi aki yang sudah harus diganti, namun bila sikring sepeda motor kalian putus berarti permasalahan tersebut memang terletak pada sikring.

Dan sementara untuk busi masalahnya sering kali terjadi karena komponen ini kotor, basah atau memang sudah “aus”. Bocornya kompresi seperti penjelasan diatas juga dapat mengakibatkan busi cepat mati dan berwarna hitam.

Faktor kelistrikan yang lain yang juga jadi penyebab motor mati total. Dalam hal yang harus diganti ialah spul, kalau sistem kelistrikan motor Ac,, kalau DC yang diganti hanya pulser-nya saja karena sudah lemah.

Penyebab Motor Mati Total,,?? Inilah Cara Menghidupkannya,,

Adapun langkah-langkah mencari penyebab kelistrikan motor mati total sebagai berikut:

  • Untuk langkah yang pertama cobalah telusuri kabel-kabel kelistrikan sepeda motor kalian, apakah ada kabel yang mengalami kontak langsung dengan masa atau tidak. Biasanya kabel yang mengalami kontak langsung itu bersentuhan dengan kerangka motor, akibat sering bergesekan sehingga kabel arus mengalai cacat atau terkelupas sehingga menimbulkan konsleting.
  • Jika cara tersebut belum juga menemukan konsleting kabel, cobalah lakukan dengan penggantian sikring yang putus dengan sikring yang baru, kemudian cobalah untuk menyalakan sepeda motor kalian kemudian coba kalian belokan stang motor kalian kekanan dan kekiri untuk mengetahui konsleting listrik dan apabila tidak terjadi apa-apa cobalah hidupkan seluruh beban kelistrikan, seperti lampu rem, lampu sein, klakson, starter.
  • Jika pada saat melakukan percobaan tersebut kemudian kelistrikan sepeda motor tiba-tiba mati total berarti pasa kabel arus dari salah satu beban tersebut mengalami konsleting, segeralah cari dan benarkan.

Pada Saluran Bahan Bakar

Nah selanjutanya dengan memeriksa saluran bahan bakar. Saat motor tidak mau hidup bisa juga diakibatkan saluran bahan bakar bensin yang masuk ke koomponen seperti karburator,, terjadi penyumbatan, nah hal ini maka menyebabkan minyak “bensin” tidak lancar.

Terjadinya penyumbatan ini mungkin karena ada kotoran dibagian selang minyak yang mengaliri bensin menuju karburator sehingga bensin tidak normal atau bahkan tidak mengalir, selanjutnya kemungkinan yang lain yakni adanya kotoran didalam komponen motor yakni karburator.

Komponen motor yang satu ini yakni karburator biasanya sering sekali didalamnya terdapat kotoran yang berasal dari tangki bensin motor. Nah bahan bakar yang kotor didalam tangki motor maka akan mengakibatkan jarum spuyer dalam karburator mengalami penyumbatan dan motor bisa mati mendadak karena proses aliran bensin atau bahan bakar menuju ruang bakar tidak normal.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Motor Mati Total,,?? Inilah Cara Menghidupkannya,, semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

√ Penyebab Motor Mati Total,,?? Inilah Cara Menghidupkannya,,
5 (100%) 1 vote