√ Inilah Beberapa,, Penyebab Motor CB 100 Susah Hidup !!

Posted on

Penyebab Motor CB 100 Susah Hidup – Dalam hal ini sebuah sepeda motor merupakan kendaraan beroda dua yang dimana ditenagai oleh sebuah mesin, rodanya sebaris dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap tidak terbalik dan stabil disebabkan oleh gaya giroskopik, pada kecepatan rendah pengaturan berkelanjutan setangnya oleh pengendara membersikan kestabilan.

Untuk hal demikian penggunaan sepeda motor khususnya di Indonesia sendiri terbilang sangat populer karena harganya yang terbilang relatif murah, terjangkau untuk beberapa kalangan dan penggunaan bahan bakarnya irit serta biaya operasionalnya juga sangat rendah.

Inilah Beberapa,, Penyebab Motor CB 100 Susah Hidup !!

Namun untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan beberapa penyebab motor CB 100 sudah hidup, yang mungkin bagi kalian pernah mengalaminya, nah untuk lebih jelasnya simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Motor CB 100 Susah Hidup

Dalam hal ini pada dasarnya mesin sepeda motor dapat menyala karena 3 hal, lantas apa sajakah itu, simak berikut ini:

Pada Bagian Kompresi

Agar bensin full sekalipun atau busi baru sekalipun tanpa adanya kompresi sudah jelas dan pasti mesin sepeda motor tidak akan bisa menyala kenapa ?? ya karena kompresi itu bagian yang terpenting dalam penyalaan sebuah mesin.

Nah kali ini kami menjelaskan bagaimana cara yang terbilang mudah bagaimana untuk mengatasi kompresi.

  • Untuk langkah yang pertama yang kita lakukan ialah buka busi,, eit,, sebenarnya ada cih, alat untuk mengetes kompresi, tapi ribet and kebanyakan mekanik jarang menggunakannya kali ini kita bahas yang manual saja,, oke gan ??? setelah busi dilepas kita sumbat/tutup lubang busi tadi dengan jari tangan kita,, yah supaya kita bisa merasakan ada tidaknya kompresi pada motor tersebut.
  • Langkah selanjutnya ialah kita start/engkol sekuatnya berulang-ulang seandainya kita merasakan tidak adanya kompresi, tenang gan… kita bisa menambahkan sedikit oli melalui lubang busi, lalu kita engkol terus menerus sampai ada kompresi.
Simak Juga :   Cara Service Karburator Motor Yang Baik Dan Benar
Sebab Kompresi Hilang

Untuk sebab kompresi hilang ada 2 yaitu:

  • Klep Bocor
    Kalau klep boco sudah barang tentu kompresi hilang, cara menanganinya yah,, kita harus sekir/skur ulang.
  • Piston/Seher And Ringnya Aus
    Masalah ini kita tidak bisa otak-atik lagi,, jalan satu-satunya ya, harus ganti, kalau istilah bengke mah di oversize itupun kalau masih bisa, ada juga yang ganti bloknya sekalian tergantung mesin motor apa yang kalian tangani.

Bahan Bakar

Setelah kita mengecek kompresi kita pastikan apakah ada benesinya atau tidak, apa sajakah yang perlu kita cek dari sistem bahan bakar ini yaitu:

  • Slang Bensin Dan Filter Bensin
    Biasanya cih buntu karena kotor pokoknya usahakan alirannya lancar.
  • Karburator
    Nah bagian inilah yang rumit dari sistem bahan bakar tapi kalau kalian bongkar dan perhatikan sebenarnya tidak sulit, penyakit yang sering terjadi pada karburator biasanya spuyer buntu/tersumbat dikarenakan bensin kotor atau air masuk ke karburator, cara penyelesainnya,, ya,, kita bongkar dan dibersihkan.
  • Filter Udara
    Yang sering terjadi buntu dan kotor, tinggal dibersihkan saja,, mudah bukan.

Sistem Pengapian

Bicara pengapian kita harus mengetahui dulu jalurnya, dan pada dasarnya pengapian sepeda motor terbagi menjadi 2 bagian: Pengapian pakai baterai dan pengapian tanpa baterai. Nah kali ini yang akan dijelaskan ialah pengapian tanpa baterai atau pengapian yang berpusat dari spull.

Inilah Beberapa,, Penyebab Motor CB 100 Susah Hidup !!

Ini jalurnya yaitu: Spull >>> Cdi >>> Coil >>> Busi

Spull

Cara mengeceknya gampang, cabutsaja kabel yang masuk ke Cdi tempelkan masa kemudian start atau engkol apa hasilnya:

  • Ada api >>> bagus
  • Tidak ada api >>> rusak dan harus ganti
Cdi

Mengecek Cdi sedikit rumit, kita harus benar-benar memastikan apakah pulsernya masih ok atau tidak karena pulser bagian penting dalam pengapian, kalau kita sudah yakni pulsernya ok, kita tinggal cabut saja kabel Cdi yang masuk ke Coil,, tempelkan kemasa lalu start atau engkol, eit,,, kunci kontak harus hidup. Lantas apa hasilnya yaitu:

  • Ada api >>> bagus
  • Tidak ada api >>> rusak dan harus ganti
Simak Juga :   Ternyata Ini, 4 Penyebab Utama Motor Susah Dihidupkan
Coil

Mengeceknya gampang, tinggal cabut saja kabel yang ke busi tempelkan masa terus start/engkol, ingat kunci kontak arus posisi On. Lantas apa hasilnya:

  • Ada api >>> bagus
  • Tidak ada api >>> rusak dan harus ganti

Disarankan, kalau ingin ganti komponen pengapian pakailah yang original, karena bagian pengapian sangat rawan mati.

Busi

Mengecek busi tentulah teman-teman tahu, kita tinggal masukkan busi ke cop/kepala busi tempelkan masa kemudian start apa hasilnya:

  • Ada api >>> bagus
  • Tidak ada api >>> rusak dan harus ganti

Nah ingat gan,, itu urutan cara mengecek komponen pengapian mudah bukan. Kalau ketiga sistem beres dijamin sepeda motor kalian pasti menyala, pokoknya dijamin berhasil hehehe,,,.

Demikianlah pembahasan mengenai √ Inilah Beberapa,, Penyebab Motor CB 100 Susah Hidup !! semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

√ Inilah Beberapa,, Penyebab Motor CB 100 Susah Hidup !!
5 (100%) 1 vote