Penyebab + Mengatasi Ban Motor Sering Kempes

Posted on

Penyebab + Mengatasi Ban Motor Sering Kempes “Wajib Baca”

Penyebab Ban Motor Sering Kempes – Dalam hal yang paling menjengkelkan dan pastinya sering terjadi pada para pengendara baik itu sepeda, motor atau bahkan mobil yakni ban yang kempis “bocor”. Penyebab ban motor sering kempis dan cara mengatasinya kalian bisa ketahui di ulasan kali ini.

Ban sendiri menjadi komponen yang sangat rentan bila mengalami masalah, karena ban sendiri diibaratkan sebagai kaki bagi kendaraan. Kebayang bukan jika kakinya bermasalah maka perjalanan kalian pun akan ikut menjadi bermasalah.

Penyebab & Cara Mengatasi Ban Motor Sering Kempes

Nah berikut ini beberapa penyebab ban motor sering kempis dan bagaimana cara mengatasinya yaitu:

Kurangnya Tekanan Angin

Ban motor merupakan sebuah komponen yang dimana langsung bersentuhan di jalan, maka dari itu penting sekali untuk menjaga kondisinya jangan sampai kekurangan angin. Bila kurangnya angin maka akan menyebabkan ban motor tersebut menjadi kempis, maka dari itu segeralah mengisi tekanan angin ban kalian tersebut.

Lipatan akan terjadi pada dinding samping ban karena udara didalam ban yang tidak mampu menahan beban motor. Bahkan hal tersebut bertambah parah jika jalanan tidak rata, berlubang, dan banyak polisi tidur.

Cara Mengatasi Atau Solusi

Sebelum kalian melakukan perjalanan motor, dengan lebih aman dan nyaman,, lebih baik kalian memeriksa persiapan motor, hal ini sangatlah penting dalam berkendara.

Terkenan Ranjau “Paku, Pecahan Kaca, dll”

Ranjau “paku, pecahan kaca dan benda tajam lainnya” menjadi masalah yang jelas dalam bocornya ban sepeda motor. Masalah ini umumnya sering dialami ban belakang motor karena ban berat yang ditanggungnya lebih banyak dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada ban depan.

Cara Mengatasi Atau Solusi

Untuk solusi terbaik jika ban motor terkena ranjau, segera tambal atau perbaiki kebocoran ban, namun terkadang juga perlu mengecek permukaan ban “telapak” jika masih ada benda tajam yang menancap.

Menumpuknya Pasir

Mungkin kalian pernah melihat terdapat butiran pasir yang menumpuk antara ban dan roda yang sehingga ada gesekan dan ada celah dari ban ke velg yang mengakibatkan munculnya gelembung udara yang akan terlihat saat ban berada di air. Hal tersebut juga dapat membuat kempisnya ban motor kalian.

Cara Mengatasi Atau Solusi

Untuk solusinya dari hal tersebut dengan pemeriksaan dan pembersihan perlu dilakukan dalam penanganan dan pencegahan masalah ini.

Penutup Ban Yang Kendur

Penutup ban yang kecil menjadi tempat masuk dan keluarnya angin dari ban. Jika penutup tersebut kendur atau tidak terpasang, maka angin bisa keluar dan membuat ban sepeda motor sering mengalami kempis.

Cara Mengatasi Atau Solusi

Untuk itu setiap pengisian angin ban, baiknya selalu pastikan penutup tersebut terpasang. Dan kalian juga dapat menggunakan air untuk memeriksa kondisi leher penutup ban, jika ada gelembung maka ada kerusakan atau pengendoran dalam leher penutup.

Penggunaan Ban Tipis

Jika penggunaan ban sudah lama itu akan membuat ban menjadi menipis, sebaiknya ganti ban untuk menghindari rentannya kempis dan kebocoran.

Cara Mengatasi Atau Solusi

Penyebab + Mengatasi Ban Motor Sering Kempes

 

Segera ganti ban jika dirasa ban sudah lama digunakan dan menunjukkan ban telah tipis atau gundul pada permukaannya.

Masalah Pada Velg

Hal ini juga menjadi masalah ban sering kempis, bagian dalam velg yang mengalami keropos cenderung memiliki bentuk yang tajam sehingga bisa merobek ban sepeda motor kalian. Bahkan perbedaan ukuran roda dengan ban juga menyebabkan bocor dan kempisnya ban melalui gesekan yang terjadi antara ketidakcocokan tersebut.

Cara Mengatasi Atau Solusi

Kalian dapat mengatasinya dengan melakukan perawatan seperti pengamplasan velg yang sekiranya menunjukkan keroposan.

Dari beberapa penyebab diatas,, intinya sebelum kalian melakukan perjalanan alangkah baiknya periksa segala kesiapan motor kalian dulu. Kehati-hatian dalam berkendara dijalan dan juga penggunaan ban yang berkualiatas menjadi penunjang ban tidak akan sering kempis.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab + Mengatasi Ban Motor Sering Kempes semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Penyebab + Mengatasi Ban Motor Sering Kempes
Rate this post