√ Ternyata Ini ?? Penyebab Knalpot Motor Bau Sangit Serta Solusinya

Posted on

Ternyata Ini ?? Penyebab Knalpot Motor Bau Sangit Serta Solusinya – Nah bagi kalian tentu sudah tau dengan salah satu komponen penting pada kendaraan ini yaitu saluran sistem pembuangan atau di Indonesia sering disebut dengan Knalpot. Knalpot ialah salah satu komponen utama pada sepeda motor ataupun mobil.

Namun bukan hanya sepeda motor dan mobil saja yang menggunakan knalpot akan tetapi knalpot juga digunakan pada hampir semua mesin yang menggunakan bahan bakar bensin dan solar, hanya saja sebutannya berbeda yaitu cerobong asap seperti yang terdapat pada mesin kapal dan mesin-mesin industri yang mengeluarkan asap. Selain sebagai saluran buang gas hasil pembakaran pada mesin, knalpot juga memiliki banyak fungsi lain.

Ternyata Ini ?? Penyebab Knalpot Motor Bau Sangit Serta Solusinya “Wajib Diketahui”

Fungsi Knalpot

Adapun fungsi knalpot yang diantaranya yaitu:

Knalpot Berfungsi Sebagai Peredam Suara

Pada saat terjadinya proses pembakaran di ruang silinder, maka akan menimbulkan suara yang sangat keras. Oleh karena itu knalpot juga berfungsi sebagai peredam suara mesin yang keras.

Knalpot Meningkatkan Performa Mesin Kendaraan

Selanjutnya knalpot juga dapat meningkatkan performa mesin kendaraan, knalpot sangat berpengaruh terhadap mesin kendaraan. Nah jika selama ini kalian hanya memakai knalpot biasa, coba knalpot yang spesifikasinya lebih tinggi seperti knalpot racing untuk menambah performa mesin kendaraan kalian.

Simak Juga :   √ Inilah 3 Dampak Berkendara Tanpa Menggunakan Jaket

Knalpot Dapat Mengurangi Pencemaran Udara

Knalpot yang terdapat pada kendaraan juga berfungsi sebagai penyaring gas hasil pembuangan mesin, sehingga pada saat dikeluarkan akan lebih ramah lingkungan. Ada salah satu teknologi pada knalpot yang mampu mengkonversi gas hasil pembuangan agar semakin bersih yaitu Catalityc Converter.

Knalpot Menambah Penampilan Kendaraan Semakin Indah

Selain fungsi-fungsi diatas knalpot juga berfungsi sebagai penambah nilai estetika atau keindahan pada kendaraan. Apalagi knalpot yang digunakan pada kendaraan ialah knalpot yang bermerek, tentu akan menambah kepercayaan diri pada penggunaannya.

Bagian Komponen Pada Knalpot

Adapun bagian komponen pada knalpot yang diantaranya yaitu:

Header Knalpot

Header atau kepala knalpot merupakan bagian yang menghubungkan antara silinder dengan suluruh bagian knalpot untuk pembuangan gas sisa pembakaran. Header knalpot motor juga memiliki berbagai jenis bahan seperti monel, semi stainless dan full stainless.

Resonator Knalpot Motor

Setelah header knalpot, ialah resonator knalpot atau saringan knalpot motor. Resonator knalpot atau saringan knalpot ini berfungsi untuk menyaring suara hasil pembakaran mesin tadi yaitu sebagai peredam suara mesin yang keras.

Silencer Knalpot

Silencer knalpot terletak di bagian ujung knalpot yang juga berfungsi untuk mengurangi suara knalpot yang terlalu keras atau sebagai saringan kedua pada knalpot motor.

Chamber Knalpot

Terakhir yaitu chamber knalpot, chamber knalpot berfungsi sebagai pemantul gas buang hasil pembakaran pada mesin. Chamber knalpot hanya bisa digunakan pada sepeda motor 2 tak, karena motor 2 tak tidak memiliki valve atau katup seperti pada sepeda motor 4 tak.

Faktor Penyebab Knalpot Motor Bau Sangit

Knalpot motor kalian suka berbau sangit, jangan jelek prasangka dulu kalau motor kalian bermasalah, apa faktor penyebab knalpot bisa berbau sangait ?? Dalam hal ini seperti motor kawan yakni Honda Beat FI CBS tahun 2013, yang dimana mengeluhkan masalah pada motornya yang selalu muncul bau sangit dari knalpot kalau motor dibawa jauh.

Simak Juga :   Cara Mudah Menghidupkan Motor Mogok Lama Tidak Dipakai

Ternyata Ini ?? Penyebab Knalpot Motor Bau Sangit Serta Solusinya

Nah dalam masalah diknalpot yang dimana bau sangit kalau di buat perjalanan jauh. Pada knalpot biasanya ada antikarat, yang dimana anti karat tersebut itu yang terbakar karena panas, sehingga yang menimbulkan bau tidak sedap atau bau sangit tadi.

Dalam hal ini tidak ada masalah, dan sistem injeksi motor pun tidak akan bermasalah. Jadi semua knalpot kalau didalamnya ada karat ini yang kebakar, tidak masalah dan tidak berpengaruh ke performa.

Demikianlah pembahasan mengenai √ Ternyata Ini ?? Penyebab Knalpot Motor Bau Sangit Serta Solusinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

√ Ternyata Ini ?? Penyebab Knalpot Motor Bau Sangit Serta Solusinya
5 (100%) 1 vote