√ Penyebab Bau Sangit Pada Mesin Motor & Inilah Cara Mengatasinya

Posted on

Penyebab Bau Sangit Pada Mesin Motor & Inilah Cara Mengatasinya – Dalam hal ini bau sangit mesin motor tidak bisa disepelekan jika itu terjadi pada motor kalian. Apalagi jika motor tersebut telah dilakukan perawatan secara berkala, baik penggantian oli mesin maupun servis. Karena bisa ada hal yang dapat merusak mesin jika dibiarkan.

Untuk hal ini bau sangit pada mesin motor, jika warna dan karakteristik yang keluar dari motor injeksi berwarna hitam, terlihat pekat, dan juga tercium bau menyengat yang bisa membuat pusing jika kebanyakan terhisap, maka sudah dipastikan penyebabnya ialah pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar mesin.

Penyebab Bau Sangit Pada Mesin Motor & Inilah Cara Mengatasinya “Untuk Perlu Diketahui”

Nah terkait pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar mesin motor ini banyak sekali faktor penyebabnya. Baik motor yang masih menggunakan karburator maupun motor yang sudah mengusung teknologi injeksi, selalu disebabkan oleh pembakaran tidak sempurna dan mesin panas. Nah berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi bau sangit pada mesin motor yang masih menggunakan karburator seperti berikut ini:

Kerak Di Ruang Bakar

Munculnya bau sangit pada mesin motor disebabkan karena mesin sedang kepanasan, salah satu penyebab utama dari mesin panas ini biasanya karena kerak yang menumpuk di ruang bakar, sehingga memicu kompresi tinggi sedangkan settingan karburator tidak selaras dengan kondisi seperti ini.

Agar settingan karburator sesuai dengan kondisi diatas, periksa pilot jet di dalam komponen karburator, pastikan bersih dan tidak ada sama sekali sumbatan. Jika lubang ini tersumbat pada kondisi-kondisi bukaan gas kecil, ruang karbu akan menjadi kering dan berpeluang meninggikan suhu dalam ruang mesin. Kasus seperti ini bukan hal yang mustahil meskipun berada dalam kecepatan bawah.

Simak Juga :   √ 7 Penyebab Busi Motor Selalu Basah + Solusinya

Rembesan Oli Mesin

Kemungkinan terburuk dari panasnya mesin, juga bisa disebabkan karena rembesan oli mesin pada silinder cop, blok silinder dan lubang buang. Jika terlanjur parah, kerap kali muncul asap lebat dan berbau sangit menyengat dari saluran buang “knalpot”. Dalam situasi demikian sudah saatnya bagi kalian mulai menanggulangi kebocoran yang ada dan mengganti pakai, o-ring dan sealant.

Penyebab Bau Sangit Pada Mesin Motor & Inilah Cara Mengatasinya

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Bau Sangit Pada Mesin Motor & Inilah Cara Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

√ Penyebab Bau Sangit Pada Mesin Motor & Inilah Cara Mengatasinya
5 (100%) 1 vote