Penyebab & Cara Mengatasi,, Bunyi Dengung Pada Motor

Posted on

Penyebab & Cara Mengatasi,, Bunyi Dengung Pada Motor “Wajib Baca”

Suara Motor Mendengung – Dalam hal selaku pemilik sepeda motor pasti pernah mengalami suatu permasalahan pada sepeda motor kita entah masalah tersebut ringan ataupun berat. Contoh masalah yang kerap hadir pada sepeda motor bebek atau manual ialah bunyi dengung atau bunyi seperti nguk-nguk saat digas ataupun lepas gas. Kira-kira apa penyebabnya..??

Dalam sistem powertrain sepeda motor disusun atas beberapa komponen dari mulai mesin menyalurkan tenaga ke output primary drive. Pada penggerak primer ini, output mesin akan disalurkan oleh sebuah gigi ke kopling untuk kemudian diputuskan atau disambungkan. Dari kopling, powerflow berlanjut ke sistem transmisi untuk kemudian diatur perbandingan gigi yang sesuai.

Dari pwertrain yang ada, tentu ada banyak spot yang bisa menimbulkan masalah bunyi tidak enak didengar. Beberapa mekanik, menyimpulkan bunyi seperti mendengung yang terdengar diarea bak kopling itu berasal dari primary  drive yang sudah tidak standar.

Jika kalian membongkar bagian cover sebelah kiri motor kalian, maka kalian akan menemukan rangkaian roda gigi yang terhubung dengan kopling. Roda gigi ini disebut roda gigi primer karena roda gigi ini langsung terhubung dengan poros engkol mesin. Masalahnya roda gigi primer ini juga bisa aus, jika hal itu terjadi otomatis hubungan antara kopling dan roda gigi akan sedikit renggang. Inilah yang menjadi sumber bunyi. Lantas bagaimana cara mengatasinya..??

Keausan pada roda gigi memang tidak bisa kita perbaiki karena bukan sistem yang rusak namun pada komponen. Apalagi komponen ini terbuat dari besi yang sudah tercetak, otomatis untuk memperbaikinya kita perlu mengganti roda gigi primer ini.

Simak Juga :   Mempelajari Dasar Dan Fungsi Komponen Sepeda Motor

Selain roda gigi primer, kalian juga patut mengecek kondisi roda gigi penekan, roda gigi ini ada pada kopling yang akan memutar pressure plate kopling. Jika ada keausan, maka kalian harus mengganti dua buah roda gigi ini.

Cara Mengganti Roda Gigi Primer Pada Kopling

Untuk langkah awal kalian perlu mentap atau menguras oli mesin dari dalam  bak mesin. Jika kalian akan menggunakan oli itu kembali maka pastikan kalian menyediakan tempat penampung oli yang bersih.

Penyebab & Cara Mengatasi,, Bunyi Dengung Pada Motor

  • Jika motor yang kalian perbaiki berjenis kopling manual, maka lepas kaitan kawat kopling dari lengan kopling.
  • Selanjutnya buka cover kopling dengan melepas seluruh baut pengikat cover, umumnya baut ini bisa dilepas dengan kunci 10.
  • Setelah sudah, perhatikan roda gigi primer. Kalian harus benar-benar memastikan bahwa ada kerusakan pada roda gigi ini, cek freeplay atau celah roda gigi dengan menggerakannya kekiri dan kekanan. Jika terasa oblak maka itu menandakan roda gigi bermasalah.
  • Untuk melepas roda gigi ini, memang tiap jenis motor berbeda, sehingga pahami terlebih dahulu mekanisme pengunci pada roda gigi primer.
  • Setelah selesai kalian pahami, lanjut untuk melepas mekanisme pengunci roda gigi hingga pengunci tersebut terlepas.
  • Saat mekanisme pengunci terlepas, roda gigi primer harusnya bisa keluar. Namun pada beberapa motor, roda gigi ini terhalang oleh rangkaian kopling.
  • Sehingga kalian perlu melepas kopling motor.
  • Untuk melepas kopling ini, memang cukup mudah. Kalian perlu melepas seluruh baut pengikat pressure plate dan lepas rangkaian penekan plat kopling, pegas hingga plat kopling. Untuk melepas rangkaian plat kopling memang agak sulit, karena ada beberapa plat biasanya dalam kopling motor.
  • Untuk melepasnya, coba kalian goyangkan sambil menarik plat kopling.
  • Jika rangkaian kopling sudah terlepas seluruhnya, maka roda gigi primer bisa kalian lepas dengan mudah.

Sebelum memasang roda gigi baru, pastikan kalian menggunakan komponen yang sama bentuknya dan sama bahannya. Mengapa harus sama, karena jika kalian ada perbedaan ukuran otomatis tidak akan bisa terpasang. Begitu pula jika bahannya beda, maka bisa lebih cepat aus atau bahkan bisa

Simak Juga :   √ Bahan Gemuk Pelumas Yang Perlu Diketahui

Sebelum memasang roda gigi baru, pastikan kalian menggunakan komponen yang sama bentuknya dan sama bahannya. Mengapa harus sama, karena jika ada perbedaan ukuran otomatis tidak akan bisa terpasang. Begitu pula jika bahannya beda, maka bisa lebih cepat aus atau bahkan bisa mengorbankan roda gigi lainnya.

Untuk mengamankannya kalian bisa membawa roda gigi ini ketika membeli spare part. Tentu jika kalian belum terlalu mengerti tentang part kendaraan, tapi jika kalian sudah ahli itu bisa lebih mudah. Untuk langkah pemasangan, bisa kalian urutkan dari langkah pelepasan. Langkah ini terbilang mudah karena tidak secara langsung berhubungan dengan mesin.

Tips terakhir, jika kalian ingin komponen mesin atau powertrain motor lebih awet ialah jangan sepelekan oli mesin. Biasanya ada pengguna motor yang menggunakan oli tertentu untuk mengejar kecepatan mesin. Memang itu tidak masalah namun, beda spek oli beda pula daya lumasnya. Sehingga pastikan ketika kalian akan mengganti oli mesin pikirkan juga aspek keawetan parts.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab & Cara Mengatasi,, Bunyi Dengung Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Penyebab & Cara Mengatasi,, Bunyi Dengung Pada Motor
Rate this post