√ Inilah,,Penyebab + Mengatasi Honda Beat Mogok ( Tidak Mau Hidup )

Posted on

Inilah,,Penyebab + Mengatasi Honda Beat Mogok ( Tidak Mau Hidup ) – Dalam hal ini Honda Beat bisa dibilang sebagai penguasa segmen motor matic low entry di Indonesia. Dengan desain yang lumayan ditambah teknologi dari Honda selaku produsen motor paling terkemuka di Indonesia membuat pamor Honda Beat semakin meningkat.

Namun tidak ada gading yang tidak retak, secanggih apapun teknologi pada sepeda motor pasti tetap menyimpan kelemahan. Salah satu keluhan yang kerap dirasakan oleh pemilik Honda Beat khususnya yang injeksi ialah masalah motor yang sering mogok secara tiba-tiba atau mendadak.

Inilah,,Penyebab + Mengatasi Honda Beat Mogok ( Tidak Mau Hidup ) “Wajib Baca”

Masalah motor mogok memang sudah sangat umum ditemui, tapi ini terjadi pada motor injeksi. Dimana semua kontrol mesin sudah berbasis komputer, lantas bagaimana solusinya??

Penyebab Motor Beat Mati ( Mogok Tiba-Tiba )

Menurut banyak pemilik Beat, masalah utama yang membuat motor Beat ini mati dan tidak bisa di starter ialah karena masalah kelistrikan mesin. Ada dua penyebab yakni:

Kabel Dari Spul Putus

Spul dan kiprok ialah dua komponen yang sangat berpengaruh terhadap sistem pengisian sepeda motor. Selain sebagai pengisian aki motor, didalam spul juga terdapat pick up coil yang dijadikan sebagai sensor untuk mendeteksi Top mesin, istilah disebut sebagai CKP sensor.

Nantinya kabel CKP ini dijadikan acuan untuk waktu penyalaan busi, sehingga busi bisa menyala pas saat piston berada pada langkah kompresi akhir. Masalah yang kerap muncul ialah kabel sensor ini sering terputus. Putusnya kabel sensor ini bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena faktor panas mesin “mengingat layout mesin motor matic ada didalam sehingga perpindahan panas kurang baik”.

Simak Juga :   Cara Ampuh Namun Sederhana,,?? Memilih Busi Racing Yang Tepat

Atau bisa juga karena faktor ekternal “ada korsleting atau kabel menyentuh bagian sudut tajam mesin atau karena kabel tertarik saat shock breaker mengayun”. Apa yang terjadi..?? Apabila kabel sensor ini putus maka busi tidak akan bisa menyala, karena sensor TOP mesin yang ada pada CKP sensor tidak mengirimkan sinyal “karena kabel putus” sehingga motor tiba-tiba mogok dan tidak bisa lagi dihidupkan.

Untuk memastikannya kalian bisa mengecek kabel sensor ini yang berwarna Putih/Kuning “putih strip kuning” yang menjalar dari spul “didekat kipas pendingin” menuju bagian dibawah jok. Cek juga kabel pengisian lain seperti warna putih “kabel ke lampu” atau yang berwarna kuning “kabel ke aki”. Karena kalau kabel itu “khususnya kuning” terputus maka aki akan langsung tekor dan motor juga bisa mati mendadak.

Korsleting Kabel Body Ke Blok Mesin

Masalah berikutnya sering terjadi pada motor Beat generasi baru yang sudah dilengkapi teknologi ESP “Starter Halus”. Masalah korsleting listrik memang menjadi salah satu hal bisa membuat sebuah kendaraan terbakar, karena dalam proses korsleting akan terjadi aliran arus langsung dari terminal positif ke negatif tanpa melalui beban sehingga arusnya mampu membakar kendaraan kalian.

Namun kejadian terbakar karena korsleting tidak akan terjadi, ada motor Beat kalian. Karena setiap motor sudah dilengkapi dengan sekering yang bersarnya antara 10 sampai 20 ampere. Kalau korsleting arus terjadi, maka sekering ini akan terputus dan membuat sebagian kelistrikan motor down.

Inilah yang membuat sistem pengapian motor tidak menyala, sehingga motor mati dan tidak mau hidup pas distarter. Apa yang menyebabkan korsleting..?? Menurut pengalaman para pengguna Honda Beat pada area mesin banyak terdapat kabel-kabel yang berdekatan atau bergesekan dengan blok mesin.

Inilah,,Penyebab + Mengatasi Honda Beat Mogok ( Tidak Mau Hidup )

Padahal blok mesin adalah bagian dari masa “negatif baterai” dan merupakan sumber panas. Sehingga kalau misal motor kalian melewati jalan berlubang maka kabel disekitar mesin akan bergerak-gerak dan membuat kabel sesekali menempel pada mesin.

Simak Juga :   √ Tips Termudah Membedakan Ban Dalam Asli Dengan Yang Palsu

Karena mesin dalam kondisi panas, maka isolator kabel bisa terkelupas sehingga, ada titik dimana kabel mengalami hubungan langsung atau korsleting dengan masa. Untuk masalah ini kalian diharuskan mengecek kondisi sekering dahulu dikotak sekering. Lokasinya kotak sekering Honda Beat ada didekat aki yang berada di pijakan kaki “buka cover pijakan kaki”.

Untuk mengeceknya kalian bisa melihat kondisi sekering secara visual apakah kawat didalam sekering putus atau tidak. Ada sekitar 6 sekering yang perlu kalian cek. Apabila ada sekering yang putus, langsung kalian ganti dengan sekering baru yang memiliki kapasitas sama persis. Namun sebelum menghidupkan motor ada baiknya kalian mengecek jalur kelistrikan pada area mesin. Ini bertujuan agar kejadian serupa tidak kembali terulang.

  1. Caranya dengan membuka semua cover yang menutup mesin “bisa menggunakan obeng”.
  2. Cari semua kabel yang lokasinya berdekatan dengan blok mesin/frame motor.
  3. Gunakan selotip untuk menebalkan isolator kabel-kabel yang berpotensi menempel pada blok mesin.
  4. Kalian juga bisa memanfaatkan kabel ties untuk menahan kabel body agar tidak menempel ke mesin.

Setelah semua selesai, kalian bisa menyalakan mesin. Bagaimana cukup mudah bukan…??? 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah,,Penyebab + Mengatasi Honda Beat Mogok ( Tidak Mau Hidup ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

√ Inilah,,Penyebab + Mengatasi Honda Beat Mogok ( Tidak Mau Hidup )
5 (100%) 1 vote