Inilah, Penyebab & Ciri Motor Hilang Kompresi

Posted on

Inilah, Penyebab & Ciri Motor Hilang Kompresi “Untuk Diketahui”

Ciri Motor Hilang Kompresi – Dalam hal ini kompresi pada motor bakar yakni dimana terjadinya tekanan tinggi pada ruang bakar yang dihasilkan oleh gerakan piston dari bawah ke atas pada saat kedua klep atau katup tertutup.

Untuk hal ini dimana terjadi pemampatan dikarenakan saat katup isap terbuka dan piston yang biasa kita kenal dalam bahasa keseharian, bergerak ke bawah karena adanya putaran poros engkol yang sehingga piston bergerak ke bawah menghisap gas campuran udara dengan bahan bakar pada motor bensin.

Lalu piston bergerak naik ke atas pada saat katup isap kembali menutup, sehingga terjadilah pemampatan yang tinggi didalam ruang bakar. Dengan adanya kompresi yang tinggi bahan bakar akan mudah terbakar dan akan menghasilkan suatu tenaga yang besar.

Tanpa adanya kompresi yang tinggi, bahan bakar sulit untuk terbakar sehingga motor tidak dapat dihidupkan. Kompresi/pemampatan itu adalah faktor utama terjadinya pembakaran pada ruang bakar sehingga dapat menghasilkan suatu tenaga pada kendaraan bermotor kita.

Penyebab & Ciri Motor Hilang Kompresi Dan Cara Mengembalikannya

Ciri motor kehilangan kompresi salah satunya motor distarter manual “diselah” tidak ada tenaganya sama sekali. Biasanya ada tenaga agak berat dikit dan kalau dapat bonus bisa nendang balik ke kaki kita. Disela ngelos tapi ketika di cek pengapiannya normal dan masih besar.

Penyebab lainnya adalah kompresi bocor karena klepnya atau bisa juga karena packingnya yang bocor. Untuk kasus motor yang sering kehilangan kompresi. Tidak perlu bingung atau di bawa ke bengkel terdekat. Cukup sediakan kunci busi atau kunci 18 untuk membuka businya.

Inilah, Penyebab & Ciri Motor Hilang Kompresi

Kemudian sediakan oli seadanya oli yang bagus juga tidak apa-apa, oli tap-tapan juga boleh namanya juga pengiritan dan juga belajar praktik sewaktu-waktu dijalan motor mogok. Jika busi sudah kebuka teteskan oli ke dalam lubang busi yang ada di blok motor kalian, teteskan secukupnya jangan banyak-banyak. Lalu selah/stater dengan menutup lubang busi tadi dengan jari, nanti kompresinya balik sendiri. Lakukan minimal lima kali selahan atau seperlunya saja.

Setelah dirasa tenaga/kompresinya sudah balik “ditandai dengan beratnya selahan” pasang kembali busi pada tempatnya. Kemudian stater motor seperti biasanya hasilnya motor ngebul asapnya banyak. Tidak usah kaget itu karena oli yang kita tuangkan tadi, kalau di gas terus pasti olinya habis dan motor siap untuk diajak jalan-jalan kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah, Penyebab & Ciri Motor Hilang Kompresi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah, Penyebab & Ciri Motor Hilang Kompresi
Rate this post