Inilah Cara Kerja Kopling Ganda Pada Sepeda Motor

Posted on

Inilah Cara Kerja Kopling Ganda Pada Sepeda Motor “Untuk Perlu Diketahui”

Cara Kerja Kopling Ganda Pada Sepeda Motor – Dalam hal ini fungsi kopling ialah sebagai pemutus tenaga dari mesin ke transmisi, yang sehingga meski mesin hidup tapi motor tidak bergerak. Dan umumnya kopling diaktifkan dengan menggunakan sebuah tuas yang terletak pada hand grip sebelah kiri.

Namun coba kita lihat seperti motor bebek,, apakah ada tuas kopling di hand grip kirinya..?? ternyata tidak ada. Lalu apakah itu tandanya motor bebek tidak memiliki kopling..?? ternyata juga bukan demikian, motor bebek menggunakan sistem kopling otomatis yang dapat bekerja tanpa kita beri input. Lalu bagaimana cara kerjanya..?? dan bagaimana mekanismenya..??

Sebelumnya kalian perlu tahu bahwa pada sepeda motor terdapat dua jenis kopling yakni kopling manual yang diaktifkan dengan menggunakan tuas kopling dan satunya kopling sentrifugal yang otomatis aktif berdasarkan RPM mesin.

Pada moge “motor gede” menggunakan sistem kopling manual, sementara motor matic menggunakan koling sentrifugal. Dan pada motor bebek menggunakan dua jenis kopling tersebut sekaligus yang artinya motor bebek memiliki dua buah kopling. Ini biasa kita sebut sebagai sistem kopling ganda. Lalu bagaimana mekanisme koling ganda..?? simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Kopling Ganda

Kopling ganda ialah mekanisme kopling dengan dua unit kopling, pertama kopling sentrifugal sebagai kopling primer yang diletakan setelah poros engkol, unit kedua sebagai kopling sekunder diletakan setelah kopling primer dan sebelum transmisi.

Simak Juga :   Fungsi Pemindah Gerakan Pada Motor Dan Mobil "Untuk Di Ketahui"

Kopling primer akan bertugas memutuskan putaran mesin saat RPM mesin rendah dan menghubungkannya saat RPM mesin meninggi. Unit ini akan memungkinkan motor diam dalam posisi gigi masuk dan mesin hidup “stasioner”. Kopling sekunder akan bertugas memutuskan putaran mesin saat akan melakukan perpindahan gigi. Ini akan mencegah hentakan saat gigi transmisi motor dipindahkan.

Lantas Bagaimana Cara Kerja Kopling Ganda..??

Untuk menjelaskan mekanisme kopling ganda, kita bagi menjadi tiga kondisi yaitu:

Inilah Cara Kerja Kopling Ganda Pada Sepeda Motor

 

Saat Mesin Mati

Ketika mesin belum dihidupkan, kampas kopling pada kopling primer belum menempel pada clutch housing. Dan sementara itu, pada kopling sekunder sebaliknya justru kopling akan terhubung. Karena kopling sekunder hanya akan terputus saat kita menekan tuas transmisi.

Saat Mesin Dihidupkan “Stasioner”

Ketika kita hidupkan mesin motor, apakah motor langsung nyentak begitu saja..?? tentu tidak, hal ini karena ada dua hal. Pertama kopling primer masih belum terhubung dan kedua posisi transmisi masin netral. Kopling primer bekerja menggunakan gaya sentrifugal, yang artinya bentuk kampas rem mirip seperti sepatu rem tromol. Kampas rem ini posisinya didalam clutch housing dan terhubung dengan crankshaft jadi saat mesin hidup otomatis kampas kopling juga berputar.

Putaran kampas kopling ini akan menimbulkan gaya sentrifugal yakni gaya yang mengarah menjauhi poros putaran. Akibat gaya ini kampas rem akan lebih renggang namun karena mesin masih hidup dalam kecepatan stasioner maka gaya sentrifugal belum terlalu besar. Sehingga meski kampas rem merenggang, namun masih belum terhubung dengan clutch housing. Inilah sebabnya ketika kita masukan gigi, motor tetap tidak nyentak. Ini karen putaran mesin hanya sampai pada kampas kopling primer dan clutch housing primer tidak berputar.

Simak Juga :   √ 5 Komponen + Fungsi Sistem Penerangan Sepeda Motor

Saat Kita Tarik Gas

Ketika kita melakukan akselerasi, maka akan terjadi penambahan RPM mesin. Penambahan RPM mesin akan berimbas pada meningkatnya gaya sentrifugal didalam kopling primer, sehingga kampas kopling semakin merenggang dan hasilnya ada hubungan antara kampas kopling dan clutch housing. Ini akan membuat putaran mesin tersalur dari kampas kopling primer, menuju kopling sekunder dan apabila saat itu posisi gigi sudah masuk maka putaran akan tersalurkan ke roda.

Lantas Bagaimana Mekanisme Kopling Sekunder..??

Seperti yang kita singgung, mekanisme kopling sekunder sama seperti kopling manual hanya saja tuas kopling yang bertugas menarik kampas kopling dipindah ke tuas gigi. Jadi kopling sekunder akan aktif saat kita menginjak tuas gigi “saat perpindahan gigi”.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Cara Kerja Kopling Ganda Pada Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Cara Kerja Kopling Ganda Pada Sepeda Motor
Rate this post