√ Fuel Pump Mio J Rusak,,?? Inilah Cara Memperbaikinya

Posted on

Fuel Pump Mio J Rusak,,?? Inilah Cara Memperbaikinya “Wajib Baca”

Fuel Pump Mio J Rusak – Dalam hal ini apakah kalian merupakan salah satu pengguna motor matic injeksi seperti Mio J yang dimana merupakan sebuah produk keluaran dari Yamaha..?? Untuk hal ini motor ini memang menjadi motor yang cukup unik dan nyaman untuk dikendarai.

Namun seperti motor injeksi lainnya, motor matic ini juga sering mengalami mogok mendadak. Peristiwa menjengkelkan ini akibat dari pompa bahan bakar yang tidak dapat bekerja dengan cukup normal. Seperti menyalakan mesin di waktu pagi atau mesin yang tiba-tiba mati sendiri ketika dijalankan.

Tidak jarang pula para pengguna motor injeksi mengeluh karena fuel pump atau pompa bensin yang tidak kunjung berat dan padat, padahal sudah sering memompa dan yang dirasakan hanya ringan terus menerus seolah-olah.

Kalian memompa angin dan bukannya bahan bakar, apa yang terjadi dapat disebabkan oleh dua hal yakni masuknya angin pada jalur bahan bakar dan feed pump yang memang tidak bisa lagi bekerja dengan baik seperti seharusnya.

Fuel Pump Mio J Rusak & Cara Memperbaikinya

Untuk kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai venomena matinya full pump Yamaha Mio J dengan kode Tipe 54P dimana full Pump tidak dapat hidup pada saat kunci kontak di putar ke posisi “On”.

Nah,, kenapa demikian…?? Untuk itu jangan banyak pikir lagi, langsung lakukan dengan pengecekan pada bagian shoket harnes yang terhubung ke full Pump dan hasilnya arus listrik dapat mengalir sempurna. Nah kalau begitu sudah dapat dipastikan kalau yang mati itu Fuel Pumpnya,, hehehehe,, namun rasanya masih kurang kalau belum kite membongkarnya.

Simak Juga :   Awas,, Waspadai ?? 5 Ciri Motor Injeksi Rusak

Nah berikut ini merupakan gambar Fuel Pump Mio J

Fuel Pump Mio J Rusak,,?? Inilah Cara Memperbaikinya

Lalu gimana ceritanya shocet fuel pump yang cuma 2 kabel bisa keluar 3 kabel,,,????

Fuel Pump Mio J Rusak,,?? Inilah Cara Memperbaikinya

Dan ternyata yang menjadi permasalahan ini tohhhh,,,. Pada tipe Mio J Fuel Pump sudah menggunakan tipe motor elektric tampa Brass. Beda sekali dengan generasi FI pertama yang menggunakan tipe motor elektric dengan Brass.

Pada model 3C1 yang banyak kita kenal dengan nama V-Ixion150cc. Jadi tidak heran ada komponen elektric  yang tertanam dalam tubuh Fuel Pum tipe 54P Mio J. Nah agar tidak penasaran lagi lebih baik ukur dengan menggunakan Poket Tester atau yang bisa kita kenal dengan nama Multitester.

Dari hasil pengukuran untuk arus Positif yang masuk dan yang diukur keluarnya ke 3 kabel dengan warna berbeda “Ping, Kuning, Putih” dapat terukur tahanan masing-masing kabel dengan nilai tahan yang berbeda.

Tapi koq,,, untuk kabel Negatif yang masuk dan yang diukur tahanan ke 3 kabel dengan warna yang berbeda “Ping, Kuning, Putih” tidak menunjukan nilai tahannya, melainkan hanya “OL” karena makin penasaran,, lepas elektrical yang tertanam dalam tubuh Fuel Pump 54p dan berikut ini merupakan contohnya.

Fuel Pump Mio J Rusak,,?? Inilah Cara Memperbaikinya

Dari pada penasaran bagaimana bagian dalamnya,,??? kalau begitu larutkan terlebih dahulu lapisan putih yang menutupi komponen elektricalnya. Dan alhasil ternyata didalamnya terdapat komponen IC dengan kode 11021 sf249 dan 1 buah Resistor dengan kode warna “Coklat, Hijau, Silver, Emas”, untuk menutupi rasa penasaran kalian semua,, berikut ini contohnya.

Fuel Pump Mio J Rusak,,?? Inilah Cara Memperbaikinya

Setelah diganti Resistor yang terdapat pada elektrikal tersebut Fuel Pump dapat kembali hidup, karena cuman ada 2 komponen jadi kalau tidak resistornya ya paling ICnya,,,hehehhee..tinggal kalian coba sendiri.

Bagaimana cukup mudah bukan…?? 🙂 🙂

Simak Juga :   Motor Honda Vario Anda Bergetar Saat Berjalan!! Inilah Penyebabnya

Demikianlah pembahasan mengenai Fuel Pump Mio J Rusak,,?? Inilah Cara Memperbaikinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

√ Fuel Pump Mio J Rusak,,?? Inilah Cara Memperbaikinya
5 (100%) 1 vote