√ Inilah ?? Dampak Mengabaikan CVT Motor Matic Berdecit

Posted on

Inilah ?? Dampak Mengabaikan CVT Motor Matic Berdecit – Nah jika berbicara mengenai kendaraan roda dua atau motor, tentunya pembahasan kita tidak akan terlepas dari berbagai komponen yang terdapat pada kendaraan roda dua tersebut. Adapun komponen tersebut tentunya banyak macamnya yang juga memiliki fungsi yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Namun meski memiliki fungsi yang berbeda-beda tetap saja tujuan dari semua komponen tersebut yakni sebagai komponen yang mendukung kinerja atau performa dari kendaraan itu sendiri, sehingga kendaraan tersebut bisa berfungsi sebagaimana seharusnya.

Inilah ?? Dampak Mengabaikan CVT Motor Matic Berdecit

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin terhadap semua komponen termasuk komponen mesin motor pada kendaraan kalian karena akan berpengaruh secara langsung terhadap performa kendaraan kalian.

Dan salah satu komponen yang sering kita jumpai pada kendaraan motor matic ialah komponen CVT. Adapun komponen CVT tersebut merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada kendaraan kalian.

CVT ini ialah singkatan dari Countilously Variable Transmision yakni suatu sistem transmisi yang tidak memiliki gigi persneling seperti pada mobil bertransmisi manual ataupun bertransmisi otomatis konvensional. Pada umumnya sistem CVT ini terdiri atas tiga komponen atau tiga bagian utama yakni sebagai berikut:

  • Pulley Depan “Driven Pulley” yakni komponen yang berfungsi untuk menyalurkan putaran dari mesin ke bagian V-belt.
  • Pulley Belakang yakni komponen yang berfungsi untuk menggerakan roda belakang kendaraan kalian.
  • V-belt yakni komponen motor matic yang berfungsi sebagai penyalur putaran dan juga sebagai transmisi daya dari poros satu ke poros yang lainnya dengan menggunakan pulley.
Simak Juga :   Cara Jitu Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak

Nah itulah beberapa bagian dan juga fungsi dari komponen CVT pada motor matic kalian yang tentunya sangat penting untuk kalian perhatikan karena pada umumnya sistem CVT ini sering kalian mengalami kendala atau kerusakan seperti bunyi berdecit.

Jika sistem CVT pada motor kalian berbunyi berdecit, maka jangan diabaikan ya, karena akan berdampak buruk pada motor kalian nantinya, adapun dampak yang dimaksud antara lain ialah sebagai berikut:

Mempercepat Kerusakan Rotor Pada CVT

Efek yang pertama pada saat kalian mengabaikan bunyi decitan pada CVT motor kalian, maka hal ini akan membuat rotor pada komponen CVT kalian menjadi lebih cepat rusak. Hal ini dikarenakan getaran dari bunyi decitan tersebut akan mempengaruhi rotor pada CVT motor kalian.

Mempercepat Kerusakan Pada V-Belt

Efek yang kedua ialah akan mempercepat kerusakan V-belt pada sistem CVT motor matic kalian, hal ini tentu saja terjadi ya, karena getaran dari bunyi decitan tersebut seyogianya pasti akan mengganggu kinerja dari V-belt kalian, sehingga lebih cepat rusak.

Inilah ?? Dampak Mengabaikan CVT Motor Matic Berdecit

Membuat Kalian Tidak Nyaman

Efek yang ketiga tentunya akan membuat kalian tidak akan nyaman, jika pada saat kendara kalian selalu mendengar bunyi decitan tersebut, tentunya akan membuat kalian dan yang mendengarnya tidak nyaman.

Demikianlah pembahasan mengenai √ Inilah ?? Dampak Mengabaikan CVT Motor Matic Berdecit semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

√ Inilah ?? Dampak Mengabaikan CVT Motor Matic Berdecit
5 (100%) 1 vote