√ “Untuk Diketahui” Bahaya Menggunakan Rem Depan Tanpa Diimbangi Dengan Rem Belakang ??

Posted on

“Untuk Diketahui” Bahaya Menggunakan Rem Depan Tanpa Diimbangi Dengan Rem Belakang ?? – Dalam hal ini tidak usah dijelaskan juga, pastinya sudah mengerti, bahwasanya rem pada sebuah kendaraan merupakan sebuah perangkat atau piranti yang memiliki peranan penting terhadap pengendaraan kalian.

Dikatakan demikian karena memang sistem pengereman tersebut ialah sistem atau komponen yang secara langsung berhubungan dengan sistem keamanan serta keselamatan kalian saat kalian berkendara. Tidak berfungsinya rem pada kendaraan kalian tentunya akan dapat menimbulkan bahaya dan juga keamanan pengendara kalian akan menjadi terganggu.

“Untuk Diketahui” Bahaya Menggunakan Rem Depan Tanpa Diimbangi Dengan Rem Belakang ??

Adapaun sistem pengereman ini ialah dengan cara mengubah tenaga kinetik menjadi energi panas dengan menggesekkan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat.

Dengan demikian laju kendaraan akan menjadi pelan atau berhenti dikarenakan adanya kinerja dari rem tersebut. Namun kalian meski demikian, ada begitu banyak pengendara yang tidak terlalu memahami teknik pengeraman yang baik dan benar, sehingga tak jarang menyebabkan kecelakaan pada saat di jalan raya. Nah berikut ini merupakan beberapa fungsi rem pada kendaraan kalian yaitu:

  • Untuk memperlambat kecepatan atau menghentikan gerakan roda kendaraan.
  • Mengatur kecepatan selama berkendara.
  • Untuk menahan kendaraan saat parkir dan berhenti pada jalan yang menurun ataupun menanjak.

Nah itulah beberapa fungsi penting dari rem tersebut pada kendaraan kalian, oleh karena itu penting bagi kalian untuk mengetahui bagaimana cara atau teknik melakukan pengereman yang baik dan benar.

Simak Juga :   Fungsi Dan Konstruksi Rem Pada Motor "Untuk Perlu Di Ketahui"

Karena kebanyakan orang akan terlalu terpaku pada rem depan tanpa diimbangi rem belakang yang tidak sering membuat bahaya, berikut ini bahaya menggunakan rem depan tanpa diimbangi rem belakang pada kendaraan kalian.

Dapat Berpotensi Membuat Pengendara Menjadi Terjungkal

Bahaya yang pertama ialah dapat membuat pengendara menjadi terjungkal atau gelosor, kondisi seperti ini pada umumnya muncul pada saat kalian dalam kondisi kecepatan yang tinggi namun melakukan pengereman secara tiba-tiba atau mendadak dan hanya mengandalkan rem depan tanpa memperhatikan keseimbangan rem belakang kalian.

Hal seperti ini dapat mengakibatkan kendaraan kalian menjadi terjungkal ke depan sehingga berpotensi membuat kalian terjatuh tentunya. Selain itu kalian bisa perhatikan cara rem motor yang benar sebagai wawasan baru untuk antisipasi.

Pengereman Menjadi Tidak Maksimal

Bahaya yang kedua ialah pengereman yang kalian lakukan menjadi tidak maksimal, hal ini jelas saja bisa terjadi, karena pengereman yang sempurna ialah pengereman yang memperhatikan keseimbangan rem depan dan juga rem belakang.

"Untuk Diketahui" Bahaya Menggunakan Rem Depan Tanpa Diimbangi Dengan Rem Belakang ??

Nah pada saat kalian hanya menggunakan rem depan motor kalian tanpa memperhatikan dan tidak diimbangi rem belakang maka pengereman kalian bisa tidak sempurna sesuai dengan titik yang kalian tuju untuk melakukan pengereman sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan juga nantinya.

Pengereman Menjadi Tidak Pakem

Bahaya yang ketiha ialah menjadikan pengereman kalian menjadi tidak pakem, tidak pakem tersebut dikarenakan kalian hanya mengandalkan satu rem saja, yakni rem depan tanpa mengimbangi rem belakang, hal seperti ini tentunya bisa membuat daya pengereman kalian menjadi kurang kepakemannya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Untuk Diketahui” Bahaya Menggunakan Rem Depan Tanpa Diimbangi Dengan Rem Belakang ?? semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

√ “Untuk Diketahui” Bahaya Menggunakan Rem Depan Tanpa Diimbangi Dengan Rem Belakang ??
5 (100%) 1 vote