Apa Efeknya..?? Jika Motor Tidak Pakai Aki..!!!

Posted on

Apa Efeknya..?? Jika Motor Tidak Pakai Aki..!!! – Wajib Baca

Apa Efeknya..?? Jika Motor Tidak Pakai Aki..!!! – Bila motor tanpa aki itu ibarat menimba air dari sumur tanpa katrol. Kalian tetap dapat mengambil air, namun akan lebih efektif dan mudah bila menggunakan katrol. Pada sepeda motor aki itu tidak terlalu vital fungsinya “khususnya pada motor-motor karbu” karena aki menyediakan listrik. Sementara kelistrikan sepeda motor sudah disuplai oleh spull.

Namun meski demikian motor tanpa aki juga bisa menimbulkan beberapa efek. Seperti yang disebutkan diawal, ini seperti kalian menimba air dari dalam sumur tanpa katrol. Kalian masih tetap bisa mengambil air namun perlu usaha lebih keras dan lebih lama tentunya.

Lalu Apa Efeknya Jika Motor Tidak Pakai Aki

Nah berikut ini beberapa efek jika motor tidak pakai aki sebagai berikut:

Saat Menghidupkan Mesin Akan Kesusahan

Untuk menghidupkan motor, kita hanya perlu menekan tombol start yang ada pada stang lalu mesin nyala dan siap digeber. Namun sistem elektrik starter ini menggunakan tenaga listrik. Dan yang menyediakan listrik saat mesin mati hanya ada pada baterai/aki.

Artinya saat motor kalian tidak pakai aki, maka kalian tidak bisa menggunakan fitur electric starter. Dengan kata lain, kalian perlu menggunakan kick starter saat akan menyalakan mesin. Menyalakan mesin menggunakan kick starter juga tidak terlalu rumit kalau motornya bebek. Tapi kalau motor matic baru terasa susahnya.

Simak Juga :   [Tips Jitu] Cara Memilih Kampas Kopling Motor Yang Bagus

Kelistrikan Motor Tidak Berfungsi Saat Mesin Mati

Saat mesin hidup, kebutuhan kelistrikan motor akan disuplai secara langsung oleh spull yang menghasilkan listrik dari putaran mesin. Namun saat mesin mati, spull tidak akan menghasilkan listrik. Dan kalau kalian ingin menyalakan klakson atau lampu maka aki jadi sumber tenaganya. Apabila aki tidak ada, bagaimana bisa klakson akan menyala..??

Lampu Sein Tidak Berkedip

Kalian mungkin pernah melihat motor yang lampu seinnya berkedip sangat cepat atau bahkan tidak berkedip “nyala terus”. Ternyata itu bukan masalah lampu sein, itu karena tegangan kelistrikan kurang sehingga flasher yang bertugas mengedipkan lampu kurang maksimal kinerjanya.

Apa Efeknya..?? Jika Motor Tidak Pakai Aki..!!!

Mengapa tegangan kelistrikan kurang..?? Ini terjadi karena RPM mesin rendah, sehingga tegangan listrik yang dihasilkan oleh spull juga ikut rendah. Kalau motor ada akinya, ini bisa diantisipasi. Namun kalau motor tanpa aki maka lampu sein akan nyala terus tanpa kedipan kecuali kalian gas mesin motor dikala belok.

Lampu Motor Sangat Redup Kalau RPM Mesin Rendah

Seperti masalah diatas apabila mesin dalam kondisi idle atau langsam maka RPM mesin hanya sekitar 1.000 RPM. Dalam kondisi ini, listrik yang dihasilkan oleh spul sangat terbatas. Sehingga tidak cukup kuat untuk melayani beban kelistrikan motor dari sistem pengapian hingga penerangan. Akibatnya lampu motor akan redup dan lampu akan kembali terang apabila motor kita gas.

Demikianlah pembahasan mengenai Apa Efeknya..?? Jika Motor Tidak Pakai Aki..!!! semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Simak Juga :   [100% Simpel] Cara Perbaiki Spion Motor Yang Lepas
Apa Efeknya..?? Jika Motor Tidak Pakai Aki..!!!
5 (100%) 1 vote