Aki Vario 125 ?? Upgrade Dengan Aki Gs GTZ7S

Posted on

Aki Vario 125 ?? Upgrade Dengan Aki Gs GTZ7S “Untuk Diketahui”

Aki Vario 125 – Untuk hal ini bagi kalian sekalian yang dimana setelah sebelumnya aki pada Honda Vario 125 yang sudah soak pernah di servis dan dapat dipakai lagi ternyata hanya mampu bertahan selama satu minggu saja.

Β Setelah itu walaupun sudah di charger lagi selama semalaman tetap tidak mampu untuk menghidupkan mesin melalui ACG Starter meskipun sistem injeksi dan lampu masih bisa menyala layaknya aki normal, nah apa daya kalau batas masa pakai sudah terlampaui akhirnya menyerah juga.

Aki Vario 125 Upgrade Dengan Aki Gs GTZ7S

Dan selang beberapa hari untuk mengunjungi toko onderdil yang menjual aki, setelah sampai disana kata penjaga tokonya untuk GS GTZ6V ternyata kosong dan hanya adanya GTZ7S dengan harga perbuahnya yakni 250 ribu rupiah.

Karean spek yang standar seperti aki yang lama kosong maka akhirnya belum jadi untuk membelinya dan mencoba untuk bertanya ke AHAS dan tanya ke petugasnya apa ada aki untuk Vario 125 lam dan petugasnya pun bilang ada dan untuk harganya pun 267 ribu rupiah.

Dan sejenak berfikir sebentar dan diputuskan untuk membeli aki di toko yang pertama saja karena harganya lebih murah dan sudah dapat aki yang speknya lebih tinggi dari aki standar Vario 125 lama.

Aki GS GTZ6V standar bawaan Vario dan Aki GS GTZ7S mempunyai ukuran body yang sama namun type GTZ6V mempunyai kapasitas “Ah” yang lebih rendah yakni 5 Ah sedangkan type GTZ7S memiliki kapasitas 5.5 Ah, lebih besar 0.5 Ah seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.

Simak Juga :   √ Cara Paling Mudah Ganti Lampu Led Motor Beat

Aki Vario 125 ?? Upgrade Dengan Aki Gs GTZ7S

Aki pada Vario 125 rakitan awal yakni tahun 2012 ini mampu bertahan sampai hampir 5 tahun tepatnya 57 bulan, danodometer menunjukan angka sekitar 24.600-an kilometer, sebelumnya untuk hal ini agak heran katanya aki kering cuma mampu bertahan 2 tahun saja bahkan ada yang cuma 18 bulan aki sudah soak atau mungkin hal ini dipengaruhi oleh jarak tempuh yang dilalui kendaraan. Bisa saja baru 18 bulan tapi odometer sudah lebih dari 24.000 km.

Untuk jarak tempuh Vario perharinya untuk perjalanan ke tempat kerja kurang lebih 10 an kilometer kadang lebih dan semua kelistrikan masih standar dari pabrik seperti lampu depan saat putus pun dibelikan yang ori persis yang bawaan pabrik karena saat di ganti dengan lampu yang dibeli ditoko biasa, sekring selalu putus sehingga akhirnya dibelikan yang aslinya.

Dan untuk akinya sendiri karena memang ukurannya sama jadi tidak ada masalah sama sekali, tinggal lepas aki yang lama kemudian pasang aki yang baru, untuk letak aki Vario 125 lama yakni di bagian depan dibawah plat nomor.

Untuk caranya yakni buka tutup bagian depan “dudukan plat nomor” ada dua buah baut di bagian atas dengan obeng +, kemudian tinggal tarik bagian bawahnya yang ada coakan, kalau pengaitnya sudah terangkat tinggal didorong ke atas sampai terlepas.

Untuk melepas aki pertama lepas baut terminal negatif dengan obeng ( + ), setelah terminal negatif terlepas kemudian terminal positif dilepas, pastikan sebelumnya kunci kontak dalam keadaan off. Berikutnya tinggal melepas plat penahan aki dengan menggunakan kuncki sok 10 mm atau obeng ( + ) dengan mata besar.

Kemudian tinggal angkat aki lama dan kemudian pasangkan aki barunya dan rakit kembali dengan urutan kebalikan dari pembongkaran tadi. Dan perbedaannya dengan aki standar yang dirasakan yakni saat starter motor terasa lebih kenceng dan nyala lampu depan lebih terang, untuk yang lain dirasa sama.

Simak Juga :   Cara Termudah Ganti Lampu Speedometer Honda Tiger Sendiri

Demikianlah pembahasan mengenai Aki Vario 125 ?? Upgrade Dengan Aki Gs GTZ7S semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga:

Aki Vario 125 ?? Upgrade Dengan Aki Gs GTZ7S
Rate this post