8 Penyebab + Solusi Suara Motor Berisik

Posted on

8 Penyebab + Solusi Suara Motor Berisik “Untuk Diketahui”

8 Penyebab + Solusi Suara Motor Berisik – Dalam hal ini bunyi mesin motor yang normal tenang dan cenderung berat, tidak ada bunyi atau suara logam atau yang lain mengganggu. Tapi tidak semua motor demikian, untuk perlu kalian ketahui didalam mesin itu ada banyak sekali komponen yang berpotensi dapat menimbulkan bunyi. Oleh sebab itu penanganannya juga harus tepat, nah dibawah ini akan kita kupas selengkapnya secara perinci penyebab motor berisik dan bagaimana solusinya, simak pemaparannya berikut ini.

Penyebab Suara Mesin Berisik

Adapun untuk penyebab suara mesin berisik yang diantaranya yaitu:

  • Oli motor kurang dan encer.
  • Baut tertentu pada mesin ada yang lepas atau kendor.
  • Setelan klep atau katup longgar.
  • Rantai kendor.
  • Ring piston aus.
  • Pin piston aus.
  • Kualitas bahan bakar tidak sesuai standart.
  • Busi sudah tidak layak pakai.
  • Penyetelan yang tidak tepat.
  • Cam shaft dan rocker arm aus.

Dan salah satu penyebab yakni pada saat rantai motor aus menyebabkan suara berisik akibat pergerakkan dan gesekan rantai motor dengan gear/dudukannya. Hal ini menyebabkan rantai motor bekerja kurang efisien, maka dari itu lakukanlah perawatan secara berkala pada rantai motor bila kondisinya masih cukup baik, berilah pelumas. Jika rantai motor sudah rusak parah maka gantilah dengan yang baru karena membuat sistem tensioner pada rantai motor rusak. Nah berikut ini kami akan memberikan beberapa cara agar suara mesin motor tidak berisik lagi.

Simak Juga :   [100% Mudah] Tips Mempelajari Karbu Vespa "Wajib Baca"

Solusi Suara Mesin Berisik

Adapun solusi suara mesin berisik yang diantaranya yaitu:

Ganti Oli Mesin Dengan Teratur

Gantilah oli motor kalian secara berkala, pilih SAE yang sesuai pada mesin atau gunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan motor.

Setel Katup Dengan Benar

Jika celah katup lebih kecil dari standar maka katup akan lebih cepat membuka, namun menjadi lambat menutup. Akibat keterlambatan menutup ini akan membuat tekanan kompresi menjadi bocor, karena saat langkah kompresi yakni piston bergerak ke atas, katup masuk belum benar-benar menutup.

8 Penyebab + Solusi Suara Motor Berisik

Ganti Busi Yang Sudah Aus

Kenapa busi harus selalu diperiksa secara periodik..?? karena pada saat pengapian, elektroda ground dan elektroda tengah busi menghasilkan percikan api untuk menyalakan campuran bahan bakar dan udara, saat terjadi pengapian elektroda tengah dan elektroda ground terkikis oleh percikan api busi tersebut.

Periksa Camshaft Dan Rocker Arm Rusak/Tidak

Keausan pada pin rocker arm menimbulkan clearence antara pin dengan lubang rocker arm, akibatnya permukaan rocker arm bergesekkan tidak normal terhadap camshaft dan menyebabkan bukaan katup tidak tepat dengan normalnya. Lobe/cuping/tonjolan camshaft menjadi terkikis dan menimbulkan suara berisik. Rutinlah mengganti oli sesuai skalanya agar pelumasan dapat bersirkulasi dengan baik ke komponen, ganti apabila kondisi komponen tidak dapat bekerja optimal lagi.

Periksa Ring Piston

Saat ring piston aus, maka akan terjadi celah diantara piston dengan ruang bakar, hal ini akan menyebabkan tenaga motor semakin berkurang dan suara berisik pada motor, maka dari itu hindari terjadi kecelakaan yang semakin besar. Cara yang dapat kita lakukan ialah mengganti piston dan ring dan juga bisa kita over size atau under size.

Simak Juga :   √ Cek 4 Penyebab + Solusi,, Mesin Motor Ngelitik ??

Pin Piston Aus

Jika pin piston aus maka  getaran mesin akan menjadi semakin meningkat serta kasar. Agar dapat mengatasi masalah ini maka gantilah pin piston untuk kondisi mesin yang maksimal.

Gunakan Bahan Bakar Yang Oktannya Bagus

Oktan “kualitas” bahan bakar yang rendah akan menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dikarenakan sulit terbakarnya bahan bakar, sehingga menimbulkan suara berisik.

Perbaiki Cam Shaft Dan Rocker Arm

Kondisi keduanya yang aus menyebabkan pergerakkannya tidak halus sehingga mengakibatkan suara mesin berisik. Cara mengatasinya dengan menghaluskan permukaan yang aus menjadi halus dengan dibobok, namun cara ini kurang maksimal dibandingkan jika kalian menggantikan dengan yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai 8 Penyebab + Solusi Suara Motor Berisik semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

8 Penyebab + Solusi Suara Motor Berisik
Rate this post