[Wajib Baca] Slipper Clutch Adalah Pencegah Selip Dikala Engine Break..!!

[Wajib Baca] Slipper Clutch Adalah Pencegah Selip Dikala Engine Break..!!

[Wajib Baca] Slipper Clutch Adalah Pencegah Selip Dikala Engine Break..!! – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai slipper clutch yang dimana merupakan pencegah selip engine break, nah agar lebih memahami dan dimengerti kalau begitu simak saja pemaparannya dibawah ini.

Pada motorGP dan juga motor tipe superbike, part Slipper Clutch pada umumnya sudah menjadi piranti yang memang menjadi keharusan dari masing-masing motor pemakainya. Dengan menggunakan Slipper Cluctch pembalap tidak lagi harus takut akan terjadinya roda melintir saat akan melaukan engine break atau menurunkan gigi persneling.

Nah untuk lebih jelasnya slippery clutch merupakan salah satu teknologi pada kopling yang dimana mempunyi fungsi untuk mencegah ban terkunci yang diakibatkan dari downshifting atau penurunan gigi yang salah.

Maksud dari salah disini ialah ketika putaran mesin masih cukup tinggi, tetapi mesin motor dipaksa untuk turunkan “gigi persneling” maka hal ini akan menyebabkan mesin menjadi tersangkut dan ban menjadi terkunci dan hal ini yang berbahaya karena motor tersebut akan menjadi kehilangan kendali.

Oleh karena itu pabrikan menciptakan teknologi yang namanya slippery clutch atau kopling yang licin. Efek menggunakan slippery clutch ini tentunya akan membuat motor menjadi lebih halus saat akan melakukan downshift pada keadaan yang kurang tepat misal melakukan engine brake saat mudah menginjak rem laju motor tidak berhenti.

Slipper Clutch Adalah Pencegah Selip Dikala Engine Break

Bagimana cara bekerjaanya…?? Cara kerja slipper clutch ini sendiri mengambil input dari tingkah laku si pengendara motor, misalnya begini slipper clutch di setel aktif saat RPM diatas 12.000 maka saat pembalapan “rider” melakukan engine brake/penurunan gigi persneling diatas 12.000 rpm maka kopling akan membuka/terjadinya selip pada kopling.

[Wajib Baca] Slipper Clutch Adalah Pencegah Selip Dikala Engine Break..!!
Pembalap “rider” pun akan terhindar dari ban belakang yang mengunci. Oiya slipper clutch dari beberap sumber yang kami baca katanya bisa disetel atau disetting keras atau tidaknya tergantung selera dari si pengendara mau di rpm berapa slipper clutch tersebut di nonaktifkan.

Catatan:

  • Slipper clutch ini tidak aktif saat melakukan akselerasi/kenaikan perbandingan gigi persneling.

Bagaimana, apakah kalian ingin mencoba…?? menggunakan slipper clutch pada motor kalian..??? 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai [Wajib Baca] Slipper Clutch Adalah Pencegah Selip Dikala Engine Break..!! semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Wajib Baca] Slipper Clutch Adalah Pencegah Selip Dikala Engine Break..!! | Heri Marianto | 4.5
Shares