[Wajib Baca] Penyebab & Solusi Motor Mio Yang Kurang Tarikan

[Wajib Baca] Penyebab & Solusi Motor Mio Yang Kurang Tarikan – Lihat Disini

[Wajib Baca] Penyebab & Solusi Motor Mio Yang Kurang Tarikan – Pasar sepeda motor khususnya di Indonesia merupakan pasar sepeda motor terbesar nomor 3 di dunia, tetapi pangsa pasar terbesar adalah motor berkapasitas mesin kecil dengan model bebek “underbone” karakter khas Asia Tenggara.

Hal ini agak kurang menguntungkan bagi produsen motor, karena kecenderungan pasar sepeda motor dunia untuk sepeda motor berkapasitas mesin kecil adalah jenis skuter. Alasan ini menjadi dasar dari Yamaha Indonesia untuk mencoba mempulerkan skuter di Indonesia melalui Yamaha Nouvo pada tahun 2003, walaupun tidak begitu sukses tetapi kepeloporan Nouvo, memudahkan Yamaha Mio untuk meraih sukses di kemudian hari.

Tidak seperti pendahulunya Nouvo yang terpengaruh desain model bebek “underbone” Yamaha Mio menganut desain bodi skuter murni. Hal ini bisa dilihat dari lingkar roda yang kecil 14 inchi mengakibatkan jarak yang lapang antara dua sumbu roda.

Mesin full otomatis khas skuter dipasangkan di sepeda motor ini, berkapasitas 113 cc cukup bertenaga dan pas dengan pasar Indonesia. Transmisi otomatis menjadi poin utama dalam kampanye penjualan dengan jargon “otomatis dahulu” dengan maksud untuk menunjukan kepada konsumen bahwa Mio lebih dahlu diproduksi dibandingkan saingan-saingan terberatnya, Honda Vario dan Suzuki Spin.

Penyebab Motor Mio Yang Kurang Tarikan

Salah satu yang kerap terjadi pada sepeda motor metik Yamaha seperti Mio, Fino dan juga Mio J ialah tidak kuat berkendara di tanjakan. Seringkali tenaga pada sepeda motor metik mio hilang pada saat melewati jalan yang terlalu menanjak. Nah dalam hal ini apa penyebabnya…??

Dalam hal ini kemungkinan besar sumber masalah tersebut berasal dari kebocoran selang yang berada di karburator yakni selang vakum yang terletak di Intake Manifold. Perlu kalian ketahui bahwa selang tersebut berfungsi untuk membuka dan menutup keran bensin yang akan menuju ke ruang pembakaran. Supaya pembakaran menjadi sempurna, selang tersebut harus kedap udara dan juga tidak mengalami kebocoran.

Selain itu juga kemungkinan ada masalah lainnya di komponen CVT, bisa jadi juga masalahnya ada di kampas ganda, mangkok ganda, roller, sama v-bely. Intinya pada bagian CVT nya lemah. Nah untuk menangani masalah tersebut, untuk solusinya yakni dengan mengganti komponen yang rusak.

[Wajib Baca] Penyebab & Solusi Motor Mio Yang Kurang Tarikan

Solusi Motor Mio Yang Kurang Tarikan

Untuk solusi ganti komponen yang telah mengalami kerusakan yakni, untuk harga kampas ganda Rp 265.000, mangkok ganda Rp 185.000, v-belt Rp 85.000 sedangkan untuk roller yakni seharga 110.000 dan ditambah biaya servisnya sebesar Rp 30.000.

Demikianlah pembahasan mengenai [Wajib Baca] Penyebab & Solusi Motor Mio Yang Kurang Tarikan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Wajib Baca] Penyebab & Solusi Motor Mio Yang Kurang Tarikan | Heri Marianto | 4.5
Shares