Tips Termudah Supaya Motor Siap Hadapi Musim Hujan

Tips Termudah Supaya Motor Siap Hadapi Musim Hujan “Wajib Baca”

Tips Termudah Supaya Motor Siap Hadapi Musim Hujan – Musim hujan sebentar lagi datang, dalam hal ini bagi setiap pengendara sepeda motor, untuk hal demikian ini sudah saatnya kini untuk memperhatikan berbagai komponen kendaraan roda duanya, supaya disaat hujan si tunggangan dalam kondisi yang prima.

Bila Anda mengabaikan aspek tersebut, dalam hal ada kemungkinan perjalanan anda dikala hujan akan malah menjadi terganggu. Tentunya anda pastinya anda akan menjadi kerepotan bukan, dalam hal ini apalagi motor tersebut mogok dalam keadaan hujan, dan apalagi jika mogok terjadi di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian.

Tips Termudah Supaya Motor Siap Hadapi Musim Hujan

Nah, bikers, berikut ini adalah komponen-komponen motor yang harus anda cek kondisinya supaya tunggangan anda tetap prima disaat musim hujan.

Cop busi

Untuk hal ini yang merupakan salah satu bagian motor atau pada komponen yang sering menjadikan motor mogok adalah busi yang basah. Disaat musim hujan, kemungkinan ini bisa bertambah. Lebih-lebih, bila cop atau penutup busi tersebut sudah tidak rapat. Oleh sebab itu, maka dipastikan komponen penting ini masih dalam kondisi yang cukup baik, agar cipratan air atau air hujan tidak masuk mengenai busi.

Rem

Ketika kondisi saat musim kering, pada bagian rem cakram dan teromol biasanya terdapat seperti sisa-sisa kotoran, seperti debu atau pasir. Jika tidak dibersihkan maka kerja rem tidak akan maksimal. Karena itu, hal ini dipastikan rem cakram selalu dalam keadaan bersih. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kampas rem. Jika sudah tipis, segeralah ganti dengan yang baru agar kinerjanya selalu tetap prima.

Ban

Yang berikutnya pada komponen motor lainnya yang sangat perlu diperhatikan ialah ban. Komponen ban harus dalam kondisi masih layak pakai, karena kompon ban yang sudah gundul akan dapat berbahaya jika dalam kondisi jalan becek dan basah. Yang dalam hal ini memasuki musim penghujan, untuk itu sangat dianjurkan sekali menggunakan tipe ban yang sesuai, yaitu ban tipe unidirectional. Ciri khusus ban unidirectional adalah memiliki telapak yang berbentuk seperti anak panah atau V. Karena kembangan jenis ini lebih efektif untuk memecah air.

Lampu utama

Dalam kondisi seperti hujan, untuk jarak pandang pastinya akan terbatas. Maka dari itu, lampu utama jadi komponen yang harus diperhatikan dalam menyambut musim hujan. Pastikan cahaya lampu utama masih dalam kondisi yang baik dan terang. Apabila diperlukan, anda dapat menambahkan dengan lampu kabut (foglamp) untuk dapat membantu penglihatan pada saat ketika berkendara diwaktu hujan turun.

Tips Termudah Supaya Motor Siap Hadapi Musim Hujan
Selain keempat komponen tersebut, tubuh anda juga harus selalu diperhatikan bila ingin menerabas hujan. Selain harus menggunakan jas hujan, gunakan juga helm dengan kaca anti embun, dan selalu berhati-hati selama berkendara.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Termudah Supaya Motor Siap Hadapi Musim Hujan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Tips Termudah Supaya Motor Siap Hadapi Musim Hujan | Heri Marianto | 4.5
Shares