Tips Paling Mudah Atasi Gear Belakang Motor Yang Oleng

Tips Paling Mudah Atasi Gear Belakang Motor Yang Oleng “Wajib Baca”

Tips Paling Mudah Atasi Gear Belakang Motor Yang Oleng – Dalam hal ini bagian dari sepeda motor yang penting selain ban motor ialah Gear. Jika tidak ada gear maka mustahil ban motor akan dapat bergerak. Bagian spare part motor ini memang tidak berharga terlalu mahal, namun fungsi yang dimilikinya sangat bermanfaat.

Tanpa sebuah gear pada motor, maka kalian tidak akan bisa pergi kemana-mana dengan menggunakan motor. Karena kunci roda ban motor bisa bergerak ialah karena adanya gear pada sepeda motor. Lalu sebenarnya manfaat gear untuk sepeda motor itu apa saja?? Kenapa sepertinya Gear ini menjadi sesuatu yang harus-harus dijaga oleh para pengendara motor?? Nah berikut ini penjelasan fungsi dari gear sepeda motor yang perlu diketahui??

Fungsi Atau Manfaat Dari Gear Sepeda Motor

Adapun fungsi atau manfaat dari gear sepeda motor yang diantaranya yaitu:

Sebagai Penggerak Ban

Seperti yang sudah disampaikan tadi bawah gear pada sepeda motor berfungsi untuk menggerakan roda ban, terutama roda ban belakang. Dengan adanya gear, membuat geraknya motor pun akan menjadi efesien. Menggunakan gear hanya dengan menggerakan ban belakang saja sudah dapat menggerakan roda ban yang di depan. Oleh karena itu sebuah motor tidak akan berfungsi jika tidak ada gear.

Untuk Penyeimbang Roda Ban Belakang

Dengan adanya gear sebagai penggerak bagian roda belakang, gear juga menjadi penyeimbang sepeda motor. Saat kalian melakukan gerak zig-zag dijalan atau gerakan akselerasi, maka sepeda motor tidak akan terasa oleng. Jadi kalian bisa bergerak bebas.

Mengirim Sinyal Penggerak Mesin

Gear motor juga berperan penting untuk mengirimkan putaran mesin ke dalam roda ban belakang motor. Inilah yang membuat roda belakang berjalan dan otomatis sepeda motor pun berjalan. Gear akan mengirim sinyal mesin bergerak pada gear sesuai transmisi gigi yang dijalankan. Sehingga gear motor mengontrol rantai motor yang menggerakan ban motor belakang.

Pengatur Perpindahan Gigi Motor

Saat kalian memakai motor yang memakai gigi, fungsi gear sangat bermanfaat. Pasalnya gear pada sepeda motor memakai ukuran yang berbeda. Gear depan dan belakang memiliki ukuran yang berbeda, dengan ukurannya yang berbeda ini maka akan dihasilkan tenaga dan juga napas pada motor. Gear motor bagian depan memiliki mata yang lebih kecil dari pada gear motor bagian belakang. Dengan begitu maka kalian tidak perlu khawatir untuk mengganti gigi secara cepat saat ingin melakukan gerakan akselerasi seperti naik atau turun gunung.

Untuk Menaikkan Dan Menurunkan Gerakan Akselerasi Pada Motor

Mungkin kalian ingin memodifikasi motor kalian, kebanyakan orang akan memodifikasi motornya dengan mengubah rasio gear motornya. Seperti mengubah jumlah mata pada gear motor depan yang lebih kecil dari gear belakang, sehingga laju motor untuk melakukan gerakan akselerasi semakin top. Atau mungkin kalian mengubah jumlah rasio gear motor dengan rasion terbalik pada saat menghadapi medan yang curam, sehingga kalian dapat bergerak dengan lebih bebas melakukan akaselerasi di medan yang menanjak atau menurun dengan sangat-sangat curam.

Tips Atasi Gear Belakang Motor Yang Oleng

Dengan mengalami masalah pada gear belakang motor yang mengeluarkan bunyi berisik mungkin sudah biasa, namun bagaimana jika gear motor kalian tersebut ternyata oleng alias goyang???

Tips Paling Mudah Atasi Gear Belakang Motor Yang Oleng
Hal semacam ini bisa saja terjadi dan salah satu penyebabnya ialah kondisi gear motor tersebut yang sudah aus. Berikut dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk berbagi informasi kepada kalian mengenai bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut yakni Tips Paling Mudah Atasi Gear Belakang Motor Yang Oleng. Nah berikut ini pemaparan selengkapnya dibawah ini.

  • Part yang aus dan menyebabkan gear belakang bergoyang oplosan ialah yang biasa disebut dengan istilah bos gear atau bahasa kerennya bushing dumper. Secara normal menurut pria yang akrab disapa brong, umur pakainnya 5 ribu km.
  • Tapi apa yang dibilang itu, bila memang si empunya motor memiliki perilaku berkendara yang normal. Bila suka buka tutup gas disentak, pakai ban atau pelek yang lebih lebar dan doyan mengangkut beban berlebih, maka umur pakai bushing dumper juga lebih pendek. Pada akhirnya gir belakang jadi ikut joged. Hal ini jangan dibiarkan berlarut soalnya bisa merambat ke umur pakai rantai yang ikutan jadi pendek.
  • Pemakaian pelek casting wheel dan spoke ternyata membuat beda keperluan bushingnya. Buat yang pelek racing, ukuran bos gearnya lebih gede dibandingkan dengan yang pakai pelek jari-jari.
  • Enggak hanya bushing dumper saja yang bikin gear belakang motor kesayangan kalian oleng. Ternyata bagian cincin pengunci yang sudah aus juga bisa jadi pemicunya.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Paling Mudah Atasi Gear Belakang Motor Yang Oleng semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Tips Paling Mudah Atasi Gear Belakang Motor Yang Oleng | Heri Marianto | 4.5
Shares