[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Sekring Motor Putus

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Sekring Motor Putus “Wajib Baca”

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Sekring Motor Putus – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai penyebab & cara mengatasi sekring motor putus, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak pemaparannya dibawah ini.

Dalam hal ini manfaat sekring pada kendaraan sangat penting dan bisa berfungsi ganda yakni melindungi komponen elektrik kendaraan supaya tidak terjadi kerusakan yang diakibatkan adanya suplai listrik yang berlebihan dan juga dapat berfungsi sebagai sensor atas adanya ketidak normalan pada sistem kelistrikan “hubungan arus pendek, dll”.

Sekring ini memiliki karakter sangat sensitif, bila suatu ketika suplai listrik melebihi kebutuhan, hal itu menjadi tugasnya sebagai penahan dan pemutus aliran listrik supaya komponen elektrik tidak menjadi rusak atau terbakar, karenanya kondisi sekring harus selalu diperhatikan supaya dapat bekerja secara maksimal.

Seperti halnya dalam mengganti bola lampu dengan watt yang lebih besar, sebaiknya sekring juga harus disesuaikan dengan besarnya pemakaian aliran listrik. Kalau memang sudah sesuai, sekring tidak perlu diganti. Jika belum lebih baik disesuaikan dan diberi tambahan relay karena kabel standar akan tidak kuat, kemudian juga mencegah hubungan arus pendek “korslet”.

Pemilihan dan penggunaan sekring supaya tepat sebaiknya harus sesuai dengan anjuran yang ada di Fuse box, jadi pemilik kendaraan harus paham fungsi sekring baik untuk sistem pencahayaan, maupun perangkat elektronik lainnya.

Penyebab & Cara Mengatasi Sekring Motor Putus

Untuk membantu kalian dibawah ini ada beberapa diagnosis seputar sekring putus yang mengakibatkan kendaraan tidak dapat jalan atau ada bagian lain tidak berfungsi.

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Sekring Motor Putus

  • Sekring putus ketika lampu besar difungsikan, besar kemungkinan kesalahan terletak pada tombol atau karena korsleting pada kabel-kabel yang terhubung.
  • Sekring putus saat kendaraan tergoncang, besar kemungkinan ada beberapa bagian isolator yang rusak sehingga ketika kendaraan bergoncang bagian-bagian tersebut dapat menyentuh bodi.
  • Sekring putus saat pedal rem diinjak, periksa bagian beberapa dari tombol dan lampu, apakah ada korsleting akibat dari kabel yang terkelupas atau adanya jalur kabel yang salah.
  • Sekring putus saat tombol dimmer switch dari lampu besar digunakan, ada kemungkinan tuas mengalami kerusakan.
  • Sekring putus saat gigi persneling mundur dimasukkan, kemungkinan, switch lampu mundur mengalami kerusakan.
  • Sekring putus saat sein diaktifkan, kesalahan terletak pada kabel tuas lampu sein yang mengalami korsleting.

Nah adapun penyebab lainnya kenapa sekring kendaraan sering rusak dan putus yang diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain yaitu:

Kelebihan Beban Listrik

Faktor kelebihan beban listrik pada arus pendek yang di manage oleh sekring ialah salah satu masalah penyebab sekring sering putus dan rusak. Bahkan hal yang paling fatal sekring bisa terbakar dengan rumah-rumahnya sehingga sekring akan menjadi lengket dan susah untuk dicabut.

Untuk mengatasi hal ini kalian bisa menggati sekring dengan voltase yang lebih besar, misalnya sekring yang putus dan terbakar tersebut menggunakan sekring dengan 15V maka ganti dengan yang lebih besar menggunakan sekring 25V. Namun sebelum kalian mengganti sekring yang lebih besar ada baiknya perhatikan kualitas kabel, jika kabel terlalu kecil jangan di paksa menggunakan sekring yang lebih besar akibatnya kabel akan meleleh dan terbakar.

Konsleting Kabel

Konsleting kabel ialah hal yang sangat berbahaya untuk kendaraan apapun, biasanya jika kabel kendaraan konslet maka sekring juga ikut putus. Hal ini dikarenakan arus listrik yang masuk ke jalur sekring menjadi ngaco dan tidak stabil maka di saat itu sekring akan cepat menjadi putus dan rusak.

Untuk mengatasinya silakan dengan mengcek konsleting kabel yang di lalui jalur sekring tersebut. Untuk mengecek kabel perlu keahlian khusus supaya hasilnya pun maksimal, jangan coba-coba memperbaiki kabel yang konslet jika kalian belum berpengalaman.

Kualitas Dan Ketebalan

Terkadang karena harga yang murah orang mengesampingkan kualitas dan keselamatan untuk dirinya sendiri. Untuk memilih sekring kendaraan pastikan kondisi fisik sekring tersebut tidak terlalu kecil dan tipis. Contoh sekring yang terlalu kecil bila dipasang di dalam box sekring maka sekring tersebut tidak pasa alias longgar. Hati-hati dengan sekring yang terlalu kecil dan tipis karena bisa mempengaruhi arus listrik dan bisa membuat kendaraan kalian terbakar seketika.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Sekring Motor Putus semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Sekring Motor Putus | Heri Marianto | 4.5
Shares