[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Motor Ngempos Saat Digas

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Motor Ngempos Saat Digas “Untuk Diketahui”

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Motor Ngempos Saat Digas – Dalam hal ini lantaran kasus motor yang ngempos atau kehilangan tenaga sudah sangat akrab kita sering jumpai. Sebenarnya akar masalah dari sepeda motor yang ngempos itu cuma satu yakni pembakaran yang kurang sempurna, alhasil saat kita berusaha menarik handle gas bukannya malah naik malah menjadiu menurun atau loyo, serasa mesin menjadi tidak betenaga.

Untuk hal ini bahaya dari motor ngempos ini tidak bisa dianggap remeh, saat motor mulai kehilangan tenaga otomatis jarak laju kita juga akan menjadi berkurang. Pada saat itu juga saat kita mencoba berakselerasi menyalip kendaraan lain juga mesti banyak pertimbangan, karena dikhawatirkan saat mencoba menarik gas motor tidak bisa melaju dan kecelakaan pun tidak dapat dihindarkan. Maka dari itu penting sekali buat kita untuk dapat mengetahui penyebab dan cara mengatasi motor yang ngempos ini.

Penyebab & Cara Mengatasi Motor Ngempos Saat Digas

Adapun penyebab & cara mengatasi motor ngempos saat digas yang diantaranya yaitu:

Overheating Mesin

Mesin overheating akibat dari sistem pendinginan kendaraan yang tidak sempurna “tidak bekerja dengan baik”, overheating mesin ini menyebabakan komponen dalam mesin yang terbuat dari metal memuai secara ekstrim, terutama pada bagian piston “silinder”. Bila piston sudah memuai maka pergesekan piston dengan dinding silinder akan semakin besar sehingga gerakannya menjadi lebih berat secara otomatis tenaga mesin menjadi berkurang “hilang”. Untuk hal ini bila suhu kendaraan sudah mulai naik yakni melebihi batas normal.

Untuk cara menhatasinya yakni dengan segera hentikan kendaraan dan matikan mesin agar suhu mesin tersebut menjadi menurun. Dan jangan memaksakan kendaraan berjalan jika mesin sudah mulai overheating karena hal ini dapat menyebabkan menjadi mogok dan kerusakan yang parah pada mesin, seperti piston menjadi pecah dan lain-lain “yang jelas pasti akan menjadi turun mesin dan biayanya pun pasti besar”.

Filter Udara Yang Kotor

Filter udara sangat besar peranannya yakni untuk menyaring udara dari kotoran, mesin membutuhkan oksigen dari udara untuk proses pembakaran. Maka apabila komponen filter udara sudah dipenuhi oleh kotoran “debu”, otomatis oksigen yang dapat dihisap oleh mesin pun akan menjadi sedikit karena pori-pori filter tersumbat oleh debu. Biasanya hal ini paling sering terjadi saat perjalanan jauh, karena sering melalui jalan yang banyak debu. Sebaiknya bersihkan saringan “filter udara” secara berkala bila memang sudah hampir mati “keras” maka segera dengan melakukan pergantian.

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Motor Ngempos Saat Digas

Komponen Karburator & Injeksi

Pilot jet kotor tarikan motor ngempos bisa juga datang dari komponen penyalur bahan bakar ini, komponen ini bertugas mengalirkan bahan bakar saat di rpm bawa hingga menengah ini memang acap kali menjadi penyebab motor menjadi ngempos di putaran bawah hal ini dikarenakan komponen ini memiliki peranan sangat penting terutama untuk menyalurkan bahan bakar. Kesimpulannya saluran pilot jet ini jangan sampai tersumbat atau kotor.

Dan untuk sistem injeksi pada bagian injektor tidak kalah pentingnya hal ini apabila lubang-lubang yang berada di komponen tersebut tersumbat yang diakibatkan oleh bahan bakar yang kotor, maka dapat juga mengakibatkan motor tersebut menjadi ngempos.

Untuk mengatasinya atau membersihkannya yakni dengan menggunakan carburator cleaner, untuk menghilangkan kotoran yang menempel di lubang injektor tersebut hilang, dan bisa juga menggunakan bensin. Lalu setelah itu semprot dengan menggunakan bantuan angin dari kompresor.

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Motor Ngempos Saat Digas

Sistem Pengapaian Bermasalah

Dalam hal ini pengapian jelas sangat menentukan tenaga mesin, karena berhubungan dengan kinerja pembakaran, jika sistem pengapian bermasalah hal ini tentunya tenaga mesin juga akan menjadi menurun. Masalah pada sistem pengapian bisa disebabkan oleh banyak hal seperti rusaknya coil, kabel busi ataupun busi itu sendiri.

Dengan panasnya mesin yang secara terus menerus dapat mempengaruhi komponen dari sistem pengapian yang kondisinya kurang baik, seperti misalnya lapisan luar kabel busi yang sudah mulai mengeras, maka saat terkena panas secara terus menerus, kemungkinan lapisannya akan menjadi retak sehingga pengapian pun menjadi bocor. Akibatnya percikan api ke busi pun akan mengecil dan tidak fokus sehingga pembakaran tidak sempurna dan pastinya tenaga mesin pun juga menjadi kecil.

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Motor Ngempos Saat Digas

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Motor Ngempos Saat Digas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Motor Ngempos Saat Digas | Heri Marianto | 4.5
Shares