[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras & Susah Netral

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras & Susah Netral “Untuk Diketahui”

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras & Susah Netral – Untuk pembahasan kali ini kami mengulas mengenai penyebab & cara mengatasi gigi persneling motor keras & susah netral, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak pemaparannya dibawah ini.

Untuk hal ini banyak pengendara motor mengeluhkan masalah ini soalnya menjengkelkan sekali jika sedang asik-asiknya berkendara mau pindah gigi persneling sudah dan keras dan bahkan juga ada waktu maun nambahin gigi dari gigi satu ke gigi dua malah ke netral jadinya meraung-raung deh, itu motor kalau sudah gini pasti rasanya kesel atau jengkel,, dan pasti ada malunya,,, okelah untuk disini kami akan membahas penyebab masalah gigi keras dan sudah netral dengan adanya ulasan ini semoga saja dapat menjadi acuan dan bisa teratasi.

Dalam hal ini seret alias susahnya pindah gigi persneling diprediksi ada komponen yang perlu untuk segera diganti,,, yuk kita lihat yang menyebabkan kenapa gigi persneling motor keras dan susah netral… simak berikut ini.

Penyebab Gigi Persneling Motor Keras

Adapun penyebab gigi persneling motor keras diantaranya yaitu:

Mur-Baut Penyetel Speling “Jarak Renggang” Tuas Persneling

Bila disetel terlalu sempit, perpindahan gigi memang empuk, namun akselerasi agak lamban. Sebaliknya terlalu renggang bikin pindah gigi menjadi sulit. Pasalnya ketika kerenggangan kampas belum maksimal, tapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Akibatnya timbul entakan, idealnya,, jarak kerenggangan sekitar 3 mm.

Cek Arm Pendorong Kopling

Bila bola penekan arm otomatis dan alurnya sudah mulai rusak, biasanya persneling susah dipindahkan meski mur-baut speling sudah disetel.

Pelat Kopling

Jika dengan arm pendorong tidak ada masalah, cek pelat kopling, bila komponen ini sudah melengkung, posisi kerenggangan kampas kopling jadi tidak maksimal. Alhasil girboks yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi.

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras & Susah Netral

Rantai Yang Kendor

Gejala kendornya rantai ini kadang luput dari perhatian kita padahal akan berdampak pada kenyamanan motor,, ya salah satunya sudah pindah gigi persneling,, walau dalam kondisi berhenti rantai yang terlalu kendor akan membuat kita susah untuk memposisikan presneling pada gigi Netral.

Nah itulah yang mungkin jadi penyebab susah dan kerasnya Gigi persneling motor, pastinya sudah paham dong,, apa yang harus dilakukan untuk para bikers semua.., Selanjutnya kita lihat cara-cara lain yang semoga saja dapat mengatasi permasalahan gigi persneling motor keras dan susah netral,, simak berikut ini.

Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras & Susah Netral

Adapun untuk cara mengatasi gigi persneling motor keras & susah netral diantaranya yaitu:

Panaskan Mesin

Pada waktu pagi hari usahakan memanaskan mesin sekitar 1 menit saja, jangan terlalu lama, kata orang-orang kalau terlalu lama bisa berakibat tidak baik untuk motor. Cara cek apakah mesin sudah panas bisa dengan menarik gas sedikit demia sedikit atau bertahap,, jika respon mesin cepat berarti mesin sudah panas.

Menggunakan Oli Yang Berkualitas

Untuk mendapatkan hasil yang bagus gunakanlah oli yang berkualitas, agar pelumasan bisa lebih baik,, dianjurkan menggunakan oli Shell Advance AX7 untuk motor kelas 150cc.

Memeriksa Tali Kopling

Memeriksa keadaan tali kopling jika terlampau kendur maka harus di setel supaya ketat atau dicuci tali koplingnya dengan minyak dan berikan oli pada tali kopling tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras & Susah Netral semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Penyebab & Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras & Susah Netral | Heri Marianto | 4.5
Shares