[Tips Jitu] Cara Mudah Merawat Ban Motor Agar Awet

[Tips Jitu] Cara Mudah Merawat Ban Motor Agar Awet “Wajib Untuk Diketahui”

[Tips Jitu] Cara Mudah Merawat Ban Motor Agar Awet – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara merawat ban motor agar selalu awet dan tahan lama, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak pemaparannya dibawah ini.

Ban merupakan sebuah peranti yang dimana menutupi velg suatu roda, ban ialah bagian yang terpenting dari sebuah kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari auas dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk dapat meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

Sebagian besar ban yang ada sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain seperti baja.

Setiap kendaraan darat pastinya mempunyai roda yang dimana berfungsi sebagai bagian kaki kendaraan tersebut. Hal ini mengingat fungsinya yang sangat amat vital dan sangat penting maka kita juga sudah semestinya selalu merawat dan menggunakannya tanpa berlebihan yang bisa saja membuat ban motor cepat tipis dan sering bocor.

Apabila melihat angka kecelakaan yang dikarenakan ban motor bermasalah memang cukup banyak dan rata-rata tingkat kecelakaannya dari yang ringan sampai yang parah sekalipun. Disini kami akan memberikan sebuah tips dan trik bagaimana cara merawat ban motor dengan mudah, baik itu saat motor dipakau maupun saat tidak digunakan. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Cara Merawat Ban Motor

Adapun langkah-langkah dalam cara merawat ban motor diantaranya yaitu:

[Tips Jitu] Cara Mudah Merawat Ban Motor Agar Awet

  • Pertama-tama yang harus kalian lakukan agar ban motor awet ialah dengan membersihkannya setiap seminggu sekali, silahkan kalina gunakan sabun khusus untuk membersihkan ban motor serta simnya, ban yang sering dibersihkan akan lebih awet kualitasnya.
  • Silahkan kalian periksa kebocoran pada ban dengan cara buka tutup pentil lalu masukkan lubang pentil yang telah dibuka tadi kedalam baskom yang berisi air sabun, nah jika air sabun tersebut telah membentuk gelembung udara maka ini menandakan bahwa pentil bocor serta rusak.
  • Silahkan kalian periksa tekanan bannya, apakah telah terjadi kempis atau tidak, bila ban kempis maka kalian harus segera mengompanya dan bila kalian tidak memompanya ban akan bocor atau bisa saja jadi aus. Serta pada saat berkendara sebaiknya tidak membawa beban berat yang berlebihan karena hal ini dapat menyebabkan ban akan cepat rusak.
  • Bila ban motor sudah aus disarankan untuk segera menggantinya hal ini dikarenakan ban yang aus akan mudah membuat sepeda motor terpeleset saat berkendara apalagi pada saat jalanan licin.
  • Silahkan kalian periksa setiap hari tekanan anginnya hal ini dilakukan karena ban harus memiliki tekanan yang seimbang.
  • Nah pada saat berkendara akan lebih baik kalian harus menghindari jalanan yang berlubang besar, hal ini dilakukan karena ban akan bocor serta cepet rusak jika kita melewati lubang yang besar tersebut.
  • Tidak boleh mengerem mendadak, hal ini akan dapat menyebabkan ban akan langsung terkunci dan secara otomatis akan terjadi gesekan yang keras dengan aspal. Kejadian semacam ini akan membuat ban menjadi cepat mengalami kerusakan.

Bagaimana cukup mudah bukan…??? 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Mudah Merawat Ban Motor Agar Awet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Cara Mudah Merawat Ban Motor Agar Awet | Heri Marianto | 4.5
Shares