“Tips Jitu” Cara Mudah Mencuci Busa Filter Udara Pada Motor

“Tips Jitu” Cara Mudah Mencuci Busa Filter Udara Pada Motor “Wajib Diketahui”

“Tips Jitu” Cara Mudah Mencuci Busa Filter Udara Pada Motor – Dalam hal ini saringan udara atau yang disebut dengan istilah air filter atau juga dapat disebut dengan filter udara, part motor yang satu ini untuk hal ini memang memegang peranan yang terbilang sangat penting dalam sebuah mesin motor, dalam hal ini filter udara mempunyai fungsi untuk dapat menyaring kotoran yang terbawa oleh udara sebelum masuk ke ruang bakar, jadi untuk hal ini filter udara tersebut harus benar-benar sangat diperhatikan dalam melakukan perawatan dan juga masa penggantiannya.

Untuk hal ini pada sepeda motor dengan model yang lawas atau lama, untuk membersihkan saringan udara bukan menjadi hal yang sulit karena dapat dilakukan sendiri, yang umumnya motor lawas menggunakan tipe busa atau foam, namun untuk sepeda motor yang sudah modern atau yang terbaru seperti sekarang ini pabrikan motor banyak menggunakan jenis kertas.

Nah untuk jenis kertas ini maka tidak sangat direkomendasikan untuk dilakukan pembersihan atau disemprot, terus bagaimana dalam penggantiannya,,?? caranya yakni dengan mengganti yang baru bila sudah kotor atau dalam jarak tertentu. Bila kalian mengalami kesulitan dan tidak harus sering mengganti saringan udara maka tips dibawah ini mungkin dapat membantu mengenai bagaimana tips atau cara perawatan filter udara.

Tips Atau Cara Mengganti Filter Udara Jenis Kertas

Untuk penggantian saringan udara biasanya kalau motor sudah mencapai atau menempuh 16.000 hingga 200.000 km ini jarak untuk setiap penggantian saringan udara atau periode ke 4 untuk penggantian oli mesin. Untuk hal ini kalian dapat baca buku petunjuk untuk lebih lengkapnya, karena beda motor, maka beda merek yang tentunya dalam perawatan juga sangat berbeda.

Untuk bagaimana caranya yakni kalian dapat dengan membukan saringan udara kemudian buang bagian kertasnya tersebut kalian dapat potong dengan menggunakan pisau, kemudian kalian siapkan saringan jenis busa atau foam, kalian dapat beli di bengkel Honda atau bengkel terdekat.

Dalam bentuk menyesuaikan bekas saringan kertas tadi, jangan lupa untuk oleskan oli supaya busa atau foam basah, dalam hal ini bila kalian membeli saringan udara yang baru, biasanya saringan tersebut sudah basah dengan oli. Yang selanjutnya tinggal masukan saja saringan tersebut ke tempatnya, jangan lupa untuk memasang tutup saringan filter udara tersebut.

Cara Penggantian Filter Udara Pada Motor Megapro

Adapun dalam penggantian filter udara pada motor megapro, sebagai berikut:

  • Jangan lupa kalian dapat buka terlebih dahulu body samping kanan dimana tempat filter udara tersebut.
  • Kemudian kalian dapat dengan mengedurkan baut yang mengkait di manifol karetnya."Tips Jitu" Cara Mudah Mencuci Busa Filter Udara Pada Motor
  • Setelah itu jangan lupa untuk membuka keempat baut penutup filternya.
  • Jangan lupa untuk melepas selang pernapasan mesin."Tips Jitu" Cara Mudah Mencuci Busa Filter Udara Pada Motor
  • Yang selanjutnya langkah yang dapat kalian lakukan yakni kalian dapat melepas filter udara tersebut dengan secara berhati-hati dari karburatornya.
  • Nah setelah filter udara di lepas kalian dapat merendam dengan menggunakan solar.
  • Kemudian kalian remas-remas busa tersebut hingga benar-benar kering dan bersih dari kotoran “atau debu yang kotor” sampai keseluruhan bersih dan keluar dari busa tersebut.
  • Bila dirasa masih kurang bersih kalian dapat ulang lagi hingga benar-benar filter udara pada motor kalian tersebut bersih.
  • Bila sudah dirasa bersih kalian dapat tuangkan oli perseneling SAE-90 ke dalam filter udara secukupnya jangan kebanyakan hingga merata dan peras secukupnya.
    "Tips Jitu" Cara Mudah Mencuci Busa Filter Udara Pada Motor
  • Untuk langkah yang terakhir yakni dapat pasang kembali filter udara tersebut ke tempatnya dan jangan lupa untuk mengencangkan bautanya.

Bagaimana cukup mudah bukan…??? 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai “Tips Jitu” Cara Mudah Mencuci Busa Filter Udara Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

“Tips Jitu” Cara Mudah Mencuci Busa Filter Udara Pada Motor | Heri Marianto | 4.5
Shares