[Tips Jitu] Cara Mudah Memasang Raiser/Peninggi Stang Pada Motor

[Tips Jitu] Cara Mudah Memasang Raiser/Peninggi Stang Pada Motor

[Tips Jitu] Cara Mudah Memasang Raiser/Peninggi Stang Pada Motor – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara mudah dalam memasang raiser atau peninggi stang pada sepeda motor, nah agar lebih memahami dan di mengerti kalau begitu tidak usah berlama-lama simak saja ulasannya di bawah ini.

Sistem kemudi sendiri berfungsi sebagai pengarah dan pengendali jalannya sepeda motor, sistem kemudi terdiri dari setang kemudi (handle bar/steering handle), kepala kemudi (steering head), batang kemudi (steering stem/steering tube) dan komponen-komponen pendukung lainnya.

Sebagai komponen yang berfungsi sebagai penggerak utama stang kemudia “steering handle” memiliki karakter yang sangat berhubungan dengan panjang pendek dimensinya. Semakin panjang stang kemudi, maka pengendalian sepeda motor akan semakin ringan namun sepeda motor kurang lincah. Dan sebaliknya semakin pendek dimensi stang kemudi, maka semakin gerakan sepeda motor namun, sepeda motor akan semakin berat untuk dikendalikan.

Raiser (Peninggi Stang)

Yang merupakan part tambahan yang digunakan untuk mempertinggi posisi stang pada motor sport atau laki yang masih menggunakan stang biasa seperti Yamaha Vixion, CBR dan lainnya. Yang biasanya mereka yang menggunakan raiser/peninggi stang ini bertujuan untuk memperindah tampilan dan ada juga untuk kebutuhan kenyamanan dan biasanya juga part ini dibutuhkan jika motor ingin diceper pada shock depannya agar as shock tersebut tidak mentok ke stang.

Raiser stang sudah didesain khusus menurut tingkat kenyamanan berkendara dilihat dari tinggi raiser itu sendiri, bahan yang digunakan agar tahan lama dan kuat saat dipakai serta tidak goyang saat dipakai. Namun raiser dari pabrik banyak diganti oleh user dengan berbagai alasan salah satunya karena posisi stang terlalu rendah atau maju maka diganti dengan raiser yang tinggi atau miring agar bisa lebih tinggi ataupun mundur.

Cara Memasang Raiser (Peninggi Stang) Pada Motor

Untuk pemasangan sendiri raiser atau peninggi stang ini memang sedikit menjebak, sebab ketika berada pada posisi terbaik, baut tetap bisa terpasang dan bisa dikencangkan. Tapi secara tak langsung stang kemudi akan terongkek, akan tepat sekali jika salah satu sisi stang kemudi akan tertarik mundur dan satu sisinya jadi lebih maju.

[Tips Jitu] Cara Mudah Memasang Raiser/Peninggi Stang Pada Motor
Dan untuk pemasangan kaki yang lebih rendah, usahakan berada sejajar dan jangan sampai terbalik. Tipsnya saat pemsangan cukup perhatikan tanda angka yang ada di permukaan klem raiser. Cukup urutkan klem raiser sesuai dengan urutan menghadapnya tanda angka. Dengan begitu tinggi rendah kaki klem raiser akan terpasang sejajar dan stang kemudi tidak akan terongkek.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Mudah Memasang Raiser/Peninggi Stang Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Cara Mudah Memasang Raiser/Peninggi Stang Pada Motor | Heri Marianto | 4.5
Shares