[Tips Jitu] Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R

[Tips Jitu] Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R “Wajib Baca”

[Tips Jitu] Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R – Dalam hal ini Mechanical seal merupakan peralatan atau part yang dapat membantu menutup kebocoran cairan dalam sistem penggerak (seperti pompa sentrifugal) yang mana sistem pompa terdapat dalam median cairan yang dapat bertekanan serta bekerja pada satu wadah yang bekerja dalam 2 jenis cairan yang berlainan (seperti coolant dan oli).

Mechanical seal umumnya bekerja dibagian turbin atau impeller pompa yang dapat berputar sangat cepat umumnya mengikuti putaran mesin dan juga bekerja didalam sebuah tekanan yang tinggi “aliran cairan yang cepat dan panas” tugas mechanical seal yakni untuk menjaga agar masing-masing part yang berputar diwater pump tidak bocor.

Bila mechanical rusak atau bocor, maka akan ada tetesan dari selang didalamnya, namun yang menjadi permasalah yakni apa penyebab mechanical seal bocor dan menjadi rusak..??

Kebocoran pada mechanical seal pada umumnya terjadi karena lamanya pemakaian atau usia motor yang dalam hal ini memang terbilang cukup lama dan juga poros waterpump yang karatan. Nah untuk mengatasinya simak uraian berikut ini.

Tips Mengganti Mechanical Seal

Sebelum akan mengganti mechanical seal dinginkan terlebih dahulu kendaraan anda tersebut. Kemudian pindahkan oli dari bak mesin bila masih baru, jika sudah lama mending buang saja dan keluarkan air radiator hingga habis.

Cara Mengganti Mechanical Seal Dengan Benar

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti mechanical seal, yakni sebagai berikut:

[Tips Jitu] Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R

  • Pertama copot selang air radiator dari blok mesin.
  • Kemudian tutup water pump dengan menggunakan baut-baut yang dilepas.
  • Copot kabel kopling dari stut penekan kopling.
  • Setelah itu copot juga bak kopling dari dudukan dengan menggunakan baut yang menempel pada bak kopling terlebih dahulu.
  • Selanjutnya gear yang berhubungan sekaligus sebagai penggerak wate pump yakni dengan melakukan gear kearah bawah sampai poros atau as yang menghubungkan gear dan juga water pump terlepas.
  • Lalu lepaskan baling-baling water pump dengan menjepit bagian belakang dan sisi bagian depan kemudian puter baling-baling berlawanan arah jarum jam, memang melapasnya membutuhkan tenaga yang lumayan besar.
  • Bila sudah terlepas, periksalah as atau poros baling-baling dan jika terdapat karat atau goresan hedaklah diratakan atau dihaluskan dengan menggunakan ampelas 1000.
  • Kemudian mechanical seal, melapas mechanical seal memang cukup susah dan harus dengan menggunakan alat khusus hal ini karena mechanical seal sangat merekat dengan kuat, jika tidak punya anda dapat dengan menggunakan obeng atau tang.
  • Bila masih susah silahkan anda pukul dengan secara berhati-hati dan juga perlahan-lahan pada sealnya dari sisi bagian dalam.
  • Dan selesai.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[Tips Jitu] Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R | Heri Marianto | 4.5
Shares