[Tips Jitu] Cara Memperbaiki Dan Menyetel Platina Vespa

[Tips Jitu] Cara Memperbaiki Dan Menyetel Platina Vespa “Untuk Perlu Diketahui”

[Tips Jitu] Cara Memperbaiki Dan Menyetel Platina Vespa – Dalam hal ini vespa lawas seperti vespa super, vespa vbb, vespa PTS dan tipe vespa lainnya yang diproduksi di bawah tahun 80 yang merupakan jenis vespa yang masih menggunakan pengapian model platina, di zamannya pengapian platian umum digunakan setiap pabrikan kendaraan sepeda motor.

Namun setelah era pengapian platina berakhir dan berbagai macam kendaraan beralih ke pengapian model CDI, model pengapian jenis platina kian redup dan bahkan beberapa pabrikan sepeda motor sudah tidak mengeluarkan lagi pengapian jenis ini.

Apabila kita membandingkan antara platina dan CDI pastinya akan banyak yang lebih memiliki CDI sebagai pilihan, sebab pengapian CDI terkesan lebih praktis, tidak perlu setel sana setel sini, walaupun untuk harganya terbilang agak sedikit mahal dibanding dengan platina, namun bagi yang sudah fanatik dengan vespa tua mungkin akan tetap konsisten menggunakan pengapian model ini.

Bagi mereka yang fanatik dengan model pengapian platina tentu sudah punya resiko tersendiri dan memiliki solusi sendiri untuk memperbaikinya, namun hal ini tidak berlaku bagi mereka yang awal mengenai pengapian vespa, untuk itu kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai bagaimana cara memperbaiki platina vespa yang brebet atau pun nembak.

Cara Memperbaiki Dan Menyetel Platina Vespa

Adapun dalam cara memperbaiki dan menyetel platina vespa yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu:

Bagi kalian yang masih awam soal platina mari kita liha dulu bentuk platina itu seperti apa dan posisi platina vespa itu di sebelah mana. Kalian bisa melihat tanda merah pada gambar??

[Tips Jitu] Cara Memperbaiki Dan Menyetel Platina Vespa

Itulah bentuk dan posisi platina yang benar, dalam platina itu terdapat dua permukaan seperti bentuk batu jam tangan yang saling berdempetan dengan kerenggangan 0,30 mm hingga 0,50 mm atau jika diilustrasikan ke dalam bentuk lain itu hanya berjarak satu helai kertas saja. Namun gambar di atas tidak berlaku untuk vespa yang tengah brebet atau nembak. Pada umumnya platina vespa yang sedang eror memiliki kerenggangan yang cukup segnifikan.

Setelah kalian mengetaui posisi dan kerenggangan platina itu seperti apa, maka silahkah cek pada vespa masbro yang tengah berkendala, apakah sama persis dengan apa yang saya tuliskan di atas, jika ya maka kalian cukup dengan membuka tutup lubang kipas magnet vespa kalian.

[Tips Jitu] Cara Memperbaiki Dan Menyetel Platina Vespa

Selanjutnya perhatikan tanda panah warna merah, disitulah platina vespa menetap, seperti yang kami sudah jelaskan diatas kalau platina itu memiliki kerenggangan tidak lebih dari selembar/sehelai kertas. Jika terlalu renggang atau terlalu rapat lebih dari itu, maka hal yang perlu kalian lakukan ialah mengambil obeng dan palu kecil.

Kemudian pukul perlahan dengan obeng platina tersebut sampai kerenggangan kedua permukaan platina itu kembali rapat namun jangan terlalu rapat, nanti malah vespa kalian malah menjadi mati total. Maka sesuaikan dengan apa yang kami arahkan yakni jaraknya selembar kertas. Setelah selesai merapatkan kembali platina vespanya sekarang saatnya untuk menyalakan vespa kalian tersebut.

Itulah kiat sederhana dan cara memperbaiki platina yang brebet paling praktis, namun jika kendala itu masih berkelanjutan, alangkah baiknya kalian dengan mengecek bagian lain seperti koil, condesor, atau bagian lain yang masih relevan dengan pengapian.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Memperbaiki Dan Menyetel Platina Vespa semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[Tips Jitu] Cara Memperbaiki Dan Menyetel Platina Vespa | Heri Marianto | 4.5
Shares