[Tips Jitu] Cara Memilih Ban Untuk Kondisi Jalan Basah & Kering

[Tips Jitu] Cara Memilih Ban Untuk Kondisi Jalan Basah & Kering “Wajib Baca”

[Tips Jitu] Cara Memilih Ban Untuk Kondisi Jalan Basah & Kering – Dalam hal ini untuk menghasilkan performa sepeda motor yang bagus saat dijalan tidak hanya tergantung pada kondisi mesin. Memang sih dalam hal kondisi mesin sangat penting akan tetapi tidak hanya itu bagian itu saja. Ada yang tidak kalah penting dalam hal ini yakni pada ban motor yang diguanakan.

Kesalahan dalam memilih tipe ban yang tidak sesuai dengan kondisi jalanan, tentunya akan berakibat sangat fatal. Dan tidak hana akan menurunkan peforma sepedas motor anda akan tetapi juga dapat membahayakan keselamatan pengendaranya.

Cara Memilih Ban Untuk Kondisi Jalan Basah & Kering

Apabila dilihat dari kondisi jalanan, pada dasarnya tipe ban itu dapat dibagi menjadi 3 tipe bagian yakni tipe ban basah “Wet Tire”, Tipe Ban Kering “Dry Tire” dan juga Tipe Ban “Wet Dry Tire”. Lantas untuk tipe ban motor seperti apakah yang terbaik untuk kondisi jalanan khususnya untuk di Indonesia…??? kalau begitu simak ulasan berikut ini.

Ban Tipe Basah

Yang sesuai dengan namanya ban tipe basa ini khusus digunakan untuk jalan yang sering basah. Umumnya ban tipe ini memiliki banyak alur yang menjangkau hingga tepi ban. Alur ini sendiri memiliki fungsi untuk membuang air saat ban berputar melewati jalan yang basah dan berair. Akan tetapi traksi ban ini akan menurun di jalanan yang kering.

Ban Tipe Kering

Akan tetapu justru sebaliknya, untuk ban tipe kering memiliki sedikit atau bahkan sama sekali tidak memiliki alur. Ban ini memiliki traksi terbaik di saat digunakan pada kondisi jalanan yang kering. Akan tetapi traksi akan berkurang saat jalanan menjadi basah dan juga resiko repeleset pun akan meningkat.

Ban Tipe Basah & Kering

Dan sementara itu untuk tipe yang ketiga yang digunakan untuk kedua baik basah maupun kering. Jenis inilah yang paling di umum digunakan di Indonesia karena iklimnya yang tropis. Ban ini sendiri memiliki alur yang tidak terlalu banyak dan traksi yang bagus.

Bila kita amati dari ulasan diatas maka dalam memilih ban motor untuk kondisi jalan basah dan juga kering dapat menjadi pilihan terbaik. Karena kondisi iklim Indonesia yang tropis, terkadang hujan dan juga terkadang panas, tentunya hal ini akan sangat merepotkan jika memilih satu tipe ban saja. Walaupun demikian anda tetap harus untuk mempertimbangkan kondisi dominan jalanan yang sering di lalui sepeda motor anda.

[Tips Jitu] Cara Memilih Ban Untuk Kondisi Jalan Basah & Kering

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Memilih Ban Untuk Kondisi Jalan Basah & Kering semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[Tips Jitu] Cara Memilih Ban Untuk Kondisi Jalan Basah & Kering | Heri Marianto | 4.5
Shares