[Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer

[Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer “Wajib Baca”

[Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana sih cara merawat vesp lawas agar selalu prima dan tokcer, nah agar lebih memahami dan dimengerti apa saja yang harus diperhatikan dan apa saja langkah-langkahnya kalau begitu simak saja ulasannya dibawah ini.

Vespa merupakan merek sepeda motor yang termasuk jenis skuter yang dimana berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa ialah Piaggio, pada awal kedatangannya vespa ini memiliki saingan yang berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak memiliki saingan lagi.

Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini memiliki penggemar fanatik dan klub-klub penggemar Vespa “terutama Vespa klasik” menjamur diberbagai kota di Indonesia.

Juga sering disebut Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok dan Vespa menjadi salah satu alat transportasi yang modern sampai saat ini. Vespa juga termasuk alat transportasi yang ekonomis, karena harganya yang terbilang relatif murah tetapi tetap berkualitas.

Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer

Dalam mengurus motor tua, seperti Vespa, khususnya Vespa model tua memang sangat dibutuhkan kecakapan dan kesabaran terbilang ekstra. Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya sendiri.

Untuk kendala teknis yang seringkali membuat Vespa mogok butuh perhatian sendiri supaya kita tidak banyak tergantung dengan bengkel. Nah berikut ini adapun yang perlu diperhatikan agar motor Vespa tersebut tetap prima dan tokcer saat dikendarai.

Mengecek Aki

Untuk sejumlah Vespa generasi 80-an sudah memanfaatkan aki untuk menghidupkan mesin, Komponen yang satu ini cukup terbilang vital sehingga butuh jadwal pengecekan rutin.

Pasalnya kalau tidak dirawat seperti halnya pada motor lain, di kepala aki sering timbul kerak yang membuatnya tidak berfungsi optimal. Untuk membersihkannya mudah, lepas kepala aki kemudian siram dengan air panas dan sikat.

[Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer

Periksa Busi

Penyakit Vespa tua sering menyerang busi, sistem kerja mesin 2 tak memungkinkan timbulkannya kerak pada busi. Karenya sistem busi jadi tidak bekerja optimal. Bahkan bisa jadi tiap 6 bulan harus diganti.

Untuk memperpanjang usia pakai, kerak harus dibersihkan secara rutin. Makanya kondisi busi terus diperhatikan kalau tidak ingin perjalanan kita dengan Vespa tua kesayangan terganggu.

[Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer

Jangan Lupakan Kran Bensin

Beberapa tipe Vespa sudah mempunyai 2 tangki khusus yang memisahkan antara oli dan bensin, yang dimana tujuan dari pemeriksaan ini ialah supaya bensin dan oli tidak tercampur sebelum waktunya yang dapat membuat Vespa menjadi mogok.

[Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer

Pakai Bahan Bakar Dengan Oktan Tinggi

Motor tuas bukan berarti bisa pakai bahan bakar oplosan, untuk menjaga agar tetap dalam kondisi yang baik, sebaiknya Vespa diberikan bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresinya. Apalagi banyak Vespa tua yang memakai mesin Vespa generasi yang lebih baru.

Nah untuk Excel atau Exlusive saja sudah memakai mesin yang punya rasio 9,2 secara teknis butuh bensin dengan Ron di atas 90. Kalau masih pakai mesin lama seperti Sprint, rasionya hanya 7,5-7,7 jadi cukup dengan bensin oktan 88.

[Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer

Pakai Oli Samping Yang Kualitasnya Bagus

Sebagaimana layaknya mesin 2 tak, butuh oli samping untuk mendukung pelumasan komponen bergerak, sangat penting menggunakan oli samping berkualitas untuk memperpanjang umur mesin.

[Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer

Selalu Periksa Karburator

Selain busi bagian yang terpenting lainnya ialah karburator, yang dimana fungsi dari karburator itu sendiri ialah untukl mencampur bahan bakar dan udara sebelum masuk ruang bakar. Sering kedapatan karburator kotor karena kualitas bbm dan udara, makanya karburator harus tetap bersih agar motor selalu prima dan tokcer saat digunakan.

[Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer
Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.  🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Bagaimana ?? Cara Merawat Vespa Lawas Agar Tokcer | Heri Marianto | 4.5
Shares