“Tips Ampuh” Penyebab & Cara Mengatasi Oli Motor Bocor

“Tips Ampuh” Penyebab & Cara Mengatasi Oli Motor Bocor “Untuk Diketahui”

“Tips Ampuh” Penyebab & Cara Mengatasi Oli Motor Bocor – Oli memiliki fungsi yang dimana untuk pelumas komponen di dalam mesin agar tidak cepat aus dan juga panas. Dalam pemilihan oli yang tepat tentu dapat memaksimalkan kinerja mesin motor supaya mesin motor tersebut menjadi lebih awet serta kinerjanya lebih powerfull. Dan selain itu juga kalian harus mengetahui masalah pada motor apa saja yang timbul dan berhubungan pada oli. Yang salah satunya ialah oli pada mesin yang cepat berkurang karena rembes atau bocor. Nah sebelum kita ke topik utama lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu penyebab mesin over heat dan jenis-jenis oli yang dipakai, simak uraiannya dibawah ini.

Penyebab Mesin Over Heat Atau Cepat Panas

Adapun penyebab mesin over heat atau cepat panas yang diantaranya yaitu:

  • Suhu udara sekitar yang panas.
  • Mesin sudah mengalami proses bore up atau naik cc.
  • Kualitas oli yang buruk.
  • Tidak ada sistem pendingin, contoh oil cooler atau radiator.
  • Ada komponen mesin yang aus atau sudah harus diganti.

Jenis -Jenis Oli Yang Dipakai

Adapun untuk jenis-jenis oli yang dipakai diantaranya yaitu:

  • Synthetic blend “oli harian motor baru” “semi sintetik”.
  • Mineral “oli harian motor lawas”.
  • Full synthetic “oli racing”.

Penyebab & Cara Mengatasi Oli Motor Bocor

Nah berikut ini penyebab & cara mengatasi oli motor bocor yang diantaranya yaitu:

Oli Rembes Atau Bocor Dari Sela-Sela Mesin Motor

Hal tersebut sering disebabkan karena packing mesin motor yang sudah hancur. Oli yang muncul dari sela-sela mesin motor sebenarnya terjadi karena packing mesin yang kondisinya sudah auas sehingga oli yang dapat mengalir dari sela-sela mesin.

Cara Mengatasinya ialah dengan mengganti packing mesin motor kalian, packing mesin motor yang asli pabrikan di bandrol dengan harga yakni 10 ribu hingga 500 ribu per pcs atau bijinya.

Oli Rembes Atau Bocor Dari Sela-Sela Baut Oli Motor

Kondisi seperti itu paling sering terjadi dikarenakan ring baut yang sudah aus atau rusak, seringnya baut motor digunakan untuk mengganti oli merupakan penyebab ring baut oli rusak dan kurang rapat.

"Tips Ampuh" Penyebab & Cara Mengatasi Oli Motor Bocor
Cara mengatasinya ialah dengan mengganti ring serta baut yang baru, jika kepepet atau tidak sempat membelinya kalian bisa dengan baut dililit dengan menggunakan benang atau pun sealtip pipa air, akan tetapi dalam hal ini ingat hanya sementara.

Oli Rembes Atau Bocor Dari Sela-Sela Perseneling Motor

Hal ini juga menjadi salah satu penyebab oli yang bocor dimesin, pada kondisi ini terjadi jika pemasangan seal persenelingnya yang kurang pas serta rusaknya seal perseneling.

"Tips Ampuh" Penyebab & Cara Mengatasi Oli Motor Bocor

Cara mengatasinya ialah dengan mengganti seal perseneling serta memasangnya dengan secara berhati-hati. Untuk harga seal perseneling sendiri terbilang cukup murah yakni sekitar 3 ribu hingga 10 ribuan.

Oli Motor Yang Cepat Berkurang Tetapi Tidak Mengalami Kebocoran

Penyebab oli cepat berkurang yang berikutnya karena mesin motor motor over heat atau terlalu panas. Kondisi ini bisa terjadi karena penguapan oli yang terlalu berlebih, penyebabnya antara lain kualitas dari oli yang buruk.

"Tips Ampuh" Penyebab & Cara Mengatasi Oli Motor Bocor

Cara mengatasinya ialah dengan mengganti oli dengan kualitas yang lebih bagus dan jangan lupa servis motor kalian secara berkala setidaknya kurang lebih 3 bulan sekali.

Oli Mengalami Rembes Di As Engkol Dan As Gigi

Oli yang rembes di bagian as engkol atau as gigi, ini tidak ada lagi penyebabnya selain pada seal as engkol serta seal as giginya yang mengalami kerusakan.

Cara mengatasi seal yang mengalami kerusakan serta menyebabkan rembesan oli yang keluar pada as engkol maupun as gigi cukup dengan melakukan pergantian dengan memakai seal yang asli supaya lebih tahan lama serta pas saat akan di lakukan pemasangannya kembali.

Oli Mengalami Rembes Pada Bagian Bak Mesin “Tutup Magnet & Tutup Kopling”

Oli yang rembes pada bagian bak mesin sisi kanan ataupun sisi kiri “tutup magnet dan tutup kopling” hal ini merupakan kerusakan di perpak atau packing pada bak mesin tersebut.

Cara Mengatasinya dengan melakukan pergantian perpaka atau packing ayang mengalami kebocoran dan baiknya selalu gunakan perpak atau packing asli, agar umur pakainya bisa tahan lama.

Demikianlah pembahasan mengenai “Tips Ampuh” Penyebab & Cara Mengatasi Oli Motor Bocor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

“Tips Ampuh” Penyebab & Cara Mengatasi Oli Motor Bocor | Heri Marianto | 4.5
Shares