[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Motor Injeksi Kemasukan Air

[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Motor Injeksi Kemasukan Air “Yang Wajib Diketahui”

[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Motor Injeksi Kemasukan Air – Bagi pengguna pastinya pernah mengalami motor injeksinya kemasukan air,,, lalu bagaimana cara mengatasi motor inejsi yang kemasukan air..?? Nah bagi yang tinggal di daerah yang rawan sekali dengan banjir, sebaiknya kalian tetap dalam kondisi waspada dan berhati-hati. Jangan sampai sepeda motor kesayangan kalian dapat kemasukan air. Jika insiden ini sampai terjadi, kemungkinan besar kendaraan tersebut akan dapat mengalami mogok.

Meskipun penanganan motor yang sudah terlanjur kemasukan air cukup sulit, kalian tetap bisa memperbaikinya sendiri tanpa perlu repot ke benkel. Sebab komponen-komponen yang menyusun motor injeksi pada dasarnya telah dirancang sedemikian rupa agar tahan air. Bagian injector dan throtle body pun sudah didesain supaya hampa udara. Jadi apabila tanpa tersadar motor injeksi kalian yang tiba-tiba terendam air, jangan langsung khawatir, kalian tetap bisa menyelamatkan motor terbut dengan langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengatasi Motor Injeksi Kemasukan Air

Adapun cara mengatasi motor injeksi kemasukan air diantaranya yaitu:

Pinggirkan Sepeda Motor

Hal yang awal dilakukan ialah dengan pinggirkan sepeda motor kalian dan usahakan cari tempat yang kering, jangan langsung nyalakan motor kalian sebab ada komponen elektronik di dalamnya yang dapat mengalami korsleting.

Bersihkan Bagian Motor Dari Kotoran Yang Menempel

Untuk yang selanjutnya ialah dengan bersihkan semua bagian motor dari kotoran-kotoran yang menempel, ingat ya semua bagian motor tadi harus benar-benar bersih. Jika ada kalian bisa menggunakan aquadest sebagai cairan pembersih.

Dengan Buang Air Yang Terjebak Di Dalam Knalpot

Yang berikutnya buanglah air yang terjebak di dalam knalpot, caranya kalian dapat melepaskan part penyusun knalpot tersebut satu per satu. Bisa juga dengan mengangkat roda depan motor kalian selama beberapa saat hingga semua air keluar dari dalam knalpot.

Membuka Bagian Filter Udara

Bukalah bagian filter, disarankan untuk mengganti filter ini dengan yang baru, kemudian rakit kembali pada posisi yang semula.

Membersihkan Bagian CVT

Khususnya untuk sepeda motor yang bertipe matic, kalian harus membersihkan bagian sistem CVT nya juga.

[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Motor Injeksi Kemasukan Air

Periksa Kondisi Oli

Kemudian dengan periksa kondisi oli pada mesin motor, jika oli tercampur air, tandanya warna oli akan menjadi berubah menjadi keputih-putihan seperti susu. Jangan langsung menghidupkan motor kalian. Mesin yang sudah kemasukan air ini harus dibilas terlebih dagulu menggunakan solar sampai tuntas. Barulah kemudian kalian bisa mengisi oli mesin yang baru.

Memastikan Sepeda Motor Sudah Benar-Benar Kering

Untuk langkah yang selanjutnya ialah dengan memastikan sepeda motor kalian sudah benar-benar kering. Lakukan reset pada motor tersebut dengan cara menggeser tombol on/off sampai 2 – 3 kali.

Menyalakan Motor

Untuk proses yang terakhir ialah dengan mencoba menyalakan sepeda motor dengan starter / engkol. Jika motor berhasil menyala artinya kalian telah sukses mengatasi motor injeksi kalian yang telah kemasukan air.

Bagimana cukup mudah bukan..??? 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Ampuh] Cara Mengatasi Motor Injeksi Kemasukan Air semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Motor Injeksi Kemasukan Air | Heri Marianto | 4.5