[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Honda Scoopy Boros & Brebet

[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Honda Scoopy Boros & Brebet

[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Honda Scoopy Boros & Brebet  – Untuk hal ini dalam mengatasi masalah pada Honda Scoopy dengan keluhan seperti boros bensin dan brebet pada saat tarikan awal hal demikian ini merupakan kendala yang paling umum untuk type Scoopy dengan menggunakan sistem bahan bakar karburator atau PGMFI.

Beberapa bagaian komponen atau part yang sangat berpengaruh sehingga memicu persoalan tersebut menandakan sudah diperlukan penanganan atau telah mencapai batas service berkala yang ditentukan.

Cara Mengatasi Honda Scoopy Boros & Brebet

Nah berikut ini merupakn bagian yang perlu sekali dicek dan diservice agar untuk mengatasi keluhan pada Honda Scoopy dengan gejala tersebut diatas.

  • Filter Udara.
  • Busi.
  • Klep.
  • Stasioner Mesin.

Filter Udara

Kondisi filter kotor maka akan menyebabkan suplai udara yang menuju ruang bakar menjadi tidak maksimal sehingga campuran bensin pun akan menjadi kurang begitu sempurna. Akibatnya ialah proses pembakaran menjadi tidak stabil kadang besar, kadang kecil kemudian dampaknya mesin menjadi terasa brebet dan pastinya akan menjadi boros bensin.

Cara Mengatasi

Dengan cara membersihkan filter udara tersebut dengan menggunakan kompresor agar kotoran yang menempel hilang dan apabila komponen tersebut sudah parah maka harus diganti dengan yang baru.

Busi Yang Sudah Aus

Walaupun tidak sampai mati, komponen yang satu ini tetap memiliki masa atau waktu optinal pemakaian. Seiring lamanya digunakan maka akan menimbulkan kerak dan celah atau kerenggangan busi semakin menjadi tidak teratur. Penyalaan “pengapian” akan menjadi terganggu bila kondisi busi sudah memasuki massa penggantian yang idealnya ialah untuk pemakian 10 ribu KM.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi hal demikian maka dengan membersihkan kerak yang menempel dibusi tersebut dengan menggunakan amplas dan apabila sudah parah lebih baik dengan menggantinya dengan yang baru.

Kerenggangan Klep

Posisi kerenggangan klep sangat perlu sekali untuk diperhatikan hal ini karena bila terlalu rapat makan akan cepat terbuka dan membutuhkan timing yang lebih lama untuk menutup demikian pula sebaliknya. Klep ini berperan supaya menjaga ruang bakar memiliki kompresi yang padat untuk menjadi tenaga sepenuhnya mendorong piston setelah proses pembakaran.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi hal demikian hanya dengan melakukan penyetelan kerenggangan klep tersebut yakni klep in dan ex.

Setting Putaran Mesin “RPM” Stasioner

Honda scoopy mbrebet bisa diakibatkan oleh setelan RPM mesin yang terlalu rendah sehingga tarikan gas pun akan menjadi terlalu dalam. Hal ini akan beresiko ketika sedang pada posisi mesin break yang mana pasokan bahan bakar dan udara sangat minim sehingga saat gas dibuka menjadi tidak konstan.

[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Honda Scoopy Boros & Brebet

Cara Mengatasi

Untuk honda scoopy yang masih dengan menggunakan system bahan bakar karburator perlu dilakukan setelan pada idle crew dan pembersihan total karburator. Dan untuk type PGMFI lakukan pemeriksaan pada sensor injeksi dan sensor EOT untuk memastikan standart tekanan pompa bahan bakar.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Ampuh] Cara Mengatasi Honda Scoopy Boros & Brebet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[Tips Ampuh] Cara Mengatasi Honda Scoopy Boros & Brebet | Heri Marianto | 4.5
Shares