[Termudah] Cara Sederhana Perawatan Motor Jarang Dipakai

[Termudah] Cara Sederhana Perawatan Motor Jarang Dipakai “Untuk Diketahui”

[Termudah] Cara Sederhana Perawatan Motor Jarang Dipakai – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan tips sederhana dan simpel bagaimana perawatan motor yang jarang dipakai, nah agar lebih memahami dan dimengerti kalau begitu simak saja pemaparannya dibawah ini.

Sepeda motor sendiri merupakan kendaraan beroda dua yang dimana digerakkan oleh sebuah mesin. Untuk letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik.

Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara. Penggunaan sepeda motor di Indonesia sendiri sangat populer karena harganya yang terbilang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta untuk biaya operasionalnya terbilang cukup hemat.

Sepeda motor yakni kendaraan bermotor roda dua yang sampai saat ini banyak digunakan karena praktis dan relative murah. Dalam perawatan pada sepeda motor sangat penting karena hal demikian ini untuk menjaga performa mesin motor tetap optimal pada saat akan dikendarai bagi pemiliknya.

Sesuai dengan tema kali ini meski motor kalian jarang dipakai dan mungkin hanya dipakai pada akhir pekan saja dalam hal ini bukan berarti “kuda besi” tunggangan kalian bebas dari segi perawatan.

Cara Sederhana Perawatan Motor Jarang Dipakai

Adapun untuk cara sederhana perawatan motor yang jarang dipakai yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu:

[Termudah] Cara Sederhana Perawatan Motor Jarang Dipakai

Kinerja Mesin Menurun

Bisa dipastikan kinerja mesin motor yang tidak dipakai jelas akan berkurang, tapi ada faktor lain yang mengintai apabila motor yang tidak terpakai itu tidak diperhatikan kesehatannya.

Serangan Karat

Salah satunya ialah serangan karat pada bagian dalam tangki bensin, sebaiknya isi penuh tangki untuk menghindarinya, bila sampai berkarat, maka penyakit akan berlanjut ke bagian lainnya seperti fuel pump.

Komponen Ban

Ban motor merupakan bagian kendaraan yang terbilang amat penting untuk selalu dirawat supaya tetap awet. Bila ban motor tersebut jarang dipakai atau digunakan maka yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  • Bersihkan Ban
    Ban yang kotor akan berakibat gampang bocor dan jaga ban supaya tidak terkena cairan yang dapat merusak karet seperti bensin, oli ataupun minyak tanah.
  • Gunakan Standart Tengah
    Sebisa mungkin gunakan standart tengah untuk mengurangi tekanan samping pada ban, supaya ban kita tidak mudah retak dan rusak.

Body Motor

Mungkin debu dalam hal terdengar sepele,,,, tapi partikel penggangu yang hampir selalu hinggap di motor ini juga dapat membuat keindahan warna motor kita menjadi terganggu,, debu memang partikel halus tapi bila kita salah membersihkannya, debu bisa membuat body menjadi baret-baret. Dan warna cat motor yang mencerminkan personality kita, tak mampu terpancar sempurna.

Nah bagi kendaraan seperti apabila yang jarang dipakai kemudian terkena debu yang menempel di body motor yang perlu dilakukan ialah jangan mengelap debu langsung dengan lap kering ,, hal itu hanya menyebabkan baret-baret tipis dipermukaan body,,, biasakan langsung membasuh debu dengan air, supaya partikel tanah lembut tersebut menjadi luntur dari body barulah kita lap dengan kain microfiber “kanebo”.

Komponen Mesin Dapat Rusak

Yang selanjutnya ganti oli sepeda motor dengan yang baru, tujuannya ialah memberikan perlindungan pada komponen mesin, federal oil yang memiliki beberapa varian pelumas yang terbagi menjadi oli matic dan non matic. Kalau kalian mau mengetahui jenis pelumas Federal Oil apa yang cocok, kalian bisa cari tahu di special oil suggestion yang memberikan kalian informasi yang tepat.

Federal Oil yang spesial terhadap perlindungan mesin motor telah bertahun-tahun memberikan perlindungan untuk semua jenis motor yang beredar di Indonesia dengan pengalaman tersebut tak salah bila Federal Oil merupakan pelumas yang dipercaya banyak pengguna sepeda motor di Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai [Termudah] Cara Sederhana Perawatan Motor Jarang Dipakai semoga dengan adanya ulasan tersebut dapatr berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Termudah] Cara Sederhana Perawatan Motor Jarang Dipakai | Heri Marianto | 4.5
Shares