“Tangki Motor Bocor” Inilah Penyebab & Cara Ampuh Mengatasinya

“Tangki Motor Bocor” Inilah Penyebab & Cara Ampuh Mengatasinya

“Tangki Motor Bocor” Inilah Penyebab & Cara Ampuh Mengatasinya – Dalam hal ini sepeda motor merupakan mesin rekaan manusia, maka untuk hal ini menjadi hal yang sangat wajar, bila ada kekurangan dan kerusakan disana-sini. Namun bagaimanapun, dalam kerusakan komponen-komponen kendaraan, pastinya memunculkan kekhawatiran pada pengendaranya. Contohnya ialah pada saat mendapati tangki bahan bakar pada motor telah mengalami kebocoran. Pastinya ada pernah mengalami masalah hal tersebut..???

Penyebab Tangki Motor Bocor

Hal demikian selain mengganggu tangki motor bocor akan sangat membahayakan sekali, apalagi bila bensin yang keluar tersulut api, lalu sebenarnya apa penyebab tangki motor menjadi bocor..??? Untuk hal ini ternyata tangki motor yang bocor penyebabnya cukup terbilang sepele yakni hanya air. Air dapat menyelinap masuk pada tangki motor, melalui tutup tangki.

Bila hal ini terjadi terus-menerus, maka lama kelamaan air ini akan menjadi banyak dan mengendao di dasar tangki. Lantas, pelat tangki motor pada bagian bawah akan mengalami keropos oleh air. Dan inilah yang menyebabkan tangki motor mudah bocor.

Cara Mengatasi Tangki Motor Bocor

Bila anda mengalami hal demikian, ada hal-hal yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya. Mount Guard Custom yang sehari-harinya membuat tangki motor menyebutkan bahwa ada beberapa barang sederhana yang bisa dimanfaatkan, untuk memperbaiki tangki motor yang bocor. Anda hanya perlu mempersiapkan epoxy, detergen pakaian, dan kelereng. Lalu bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan…??

Pada langkah awal, anda lepas tangki dari body motor, kemudian taung bensin yang tersisa di tangki sampai habis. Dalam keadaan tangki cukup kering, masukan detergen ke dalam tangki secukupnya. Kemudian masukan air sebanyak setengah tangki, lalu disusul dengan memasukan kelereng. Untuk langkah berikutnya setelah detergen dan kelereng masuk ialah dengan mengkocok tangki tersebut, lakukan hal tersebut sampai sisa-sisa bensin menjadi hilang. Untuk langkah ini berfungsi untuk menghilangkan kadar bensin dalam tangki secara keseluruhan. Lalu keringkan tangki tersebut dibawah terik matahari supaya cepat kering.

Bila tangki sudah dalam keadaan kering, saatnya epoxy bekerja, selanjutnya masukan cairan epoxy yang sudah dicampur dengan hardenernya, lalu goyang-goyangkan tangki yang sudah berisikan epoxy tadi. Langkah ini berguna untuk menutup lubang yang menyebabkan bensin rembes atau bocor. Setelah cairan merata, tinggal keringkan dibawah terik matahari.

"Tangki Motor Bocor" Inilah Penyebab & Cara Ampuh Mengatasinya

Dalam hal ini terlihat sederhana memang, namun ternyata epoxy punya ketahanan yang cukup tinggi terhadap bensin. Epozy tak akan luntur bila terkena bensin, dengan syarat kondisinya dalam melapisi tangki benar-benar kering. Untuk langkah sederhana ini akan cukup membantu mengatasi lubang-lubang pada tangki, yang kira-kira besarnya seperti kepala patang korek api.

Demikianlah pembahasan mengenai “Tangki Motor Bocor” Inilah Penyebab & Cara Ampuh Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

“Tangki Motor Bocor” Inilah Penyebab & Cara Ampuh Mengatasinya | Heri Marianto | 4.5
Shares