Relay Jangan Sembarang Asal Ganti !! Inilah Cara Yang Benar Menggantinya

“Wajib Baca” Relay Jangan Sembarang Asal Ganti !! Inilah Cara Yang Benar Menggantinya

Relay Jangan Sembarang Asal Ganti !! Inilah Cara Yang Benar Menggantinya – Dalam hal ini relay ialah sebuah komponen dari sistem kelistrikan yang dimana sangat terbilang sangat vital di sebuah kendaraan, baik itu di kendaraan mobil maupun pada sepeda motor. Untuk hal ini dimana relay sangat memiliki fungsi untuk dapat mengalirkan arus listrik yang terbilang cukup besar dengan pengendalian dengan menggunakan arus yang lebih kecil.

Seperti contoh pada lampu mobil yang dimana menggunakan arus sangat besar dan dikendalikan dengan sebuah switch yang tidak sanggup untuk dapat menerima atus besar. Nah komponen relay inilah yang menerima perintah untuk dapat mengalirkan arus yang besar pada lampu tersebut dari switch.

Fungsi Relay

Untuk hal ini relay sendiri memiliki beberapa fungsi, yang diantaranya yakni mempersingkat arus yang dialirkan ke lampu yang sehingga lampu akan lebih terang karena tidak melewati jalur yang sangat panjang. Selain itu juga melindungi saklar supaya tidak mudah meleleh kepanasan, akibat tidak mampu menahan beban arus berlebih saat dialiri oleh arus listrik.

Cara Kerja Relay

Untuk cara kerja relay sendiri terbilang cukup sederhana, yang dimana sebuah medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan yang berupa gulungan kawat di sebuah besi, saat dialiri arus listrik maka medan magnet akan menarik tuas yang berfungsi sebagai saklar atau kontak penghubung arus listrik.

Relay Jangan Sembarang Asal Ganti Cara Yang Benar Menggantinya

Dalam hal ini makanya part berbentuk kotak hitam kecil yang sering terlihat dan digunakan pada kendaraan umumnya memiliki 4 atau 5 kaki buat dudukan soket kabel kelistrikan. Pada relay empat kaki biasanya terdapat kode yang berupa angka yakni 30, 85, 86 dan 87. Sedangkan relay kaki 5 selain ada kode angka 30, 85, 86 dan 87 juga ada tambahan 87a.

Yang secara tekni kedua macam relay itu memiliki fungsi yang sama. Adapun dengan penggunaan relay 5 kaki di kendaraan biasanya dipakai untuk perangkat tambahan “seperti komponen variasi/produk aftermarket” yang membutuhkan tambahan pengaman. Sementara untuk kode yang terdapat kaki relay, seperti angka 85 dan 86 berfungsi sebagai trigger yang terhubung ke saklar. Sedangkan angka 30 dan 87 sebagai jalur yang memiliki beban arus besar ke lampu kendaraan sebagai contohnya. Kemudian untuk angka 87a di relay kaki 5 tugasnya yakni menghubungkan jalur ke kaki 30 pada saat kondisi normal.

Relay Jangan Sembarang Asal Ganti !! Inilah Cara Yang Benar Menggantinya

Namun hal yang terpenting dari sebuah relay ialah konsumen jangan sampai salah membeli bila alami masalah dengan relay. Walaupun di pasaran banyak merk dan memiliki jumlah kaki 4 atau 5, dipastikan terlebih dahulu kode angka yang tertera di sebelah kaki apakah sudah benar atau malah tertukar. Apabila salah relay tersebut maka tidak akan berfungsi, sebab ada juga relay kode 87a yang berfungsi jadi kaki normal open seperti kode 87 buat mobil-mobil tertentu. Ada juga yang posisi kaki 86 dan 85 tidak berhadapan tapi masih dalam satu ruang. Oleh sebab itu pemilik kendaraan mesti cermat saat ketika akan membeli relay atau membawa contohnya biar aman.

Demikianlah pembahasan mengenai Relay Jangan Sembarang Asal Ganti !! Inilah Cara Yang Benar Menggantinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Relay Jangan Sembarang Asal Ganti !! Inilah Cara Yang Benar Menggantinya | Heri Marianto | 4.5
Shares