Penyebab & Solusi,, Motor Mati Saat Masuk Gigi

Penyebab & Solusi,, Motor Mati Saat Masuk Gigi “Wajib Baca”

Penyebab Motor Mati – Saat awal kita masukan gigi motor ke posisi 1, kita harus menarik tuas kopling atau pada motor bebek kita bisa langsung memindahkannya, namun ada beberapa kasus justru membuat mesin mati saat kita masukan gigi satu, lantas apa penyebabnya..??

Motor dengan jenis bebek yang sudah berteknologi auto clutch ini sebenarnya tidak jauh beda dengan motor-motor kopling manual. Hanya saja, sistem penggerak kopling otomatis memanfaatkan gaya sentrifugal.

Masalah yang kerap dialami pada motor bebek khususnya yang sudah berumur ialah ketika motor kita seketika mati saat masuk gigi dan biasanya disertai efek nendang sebelum akhirnya mati. Hal itu, bisa disebabkan karena kondisi kopling belum terbebas dengan sempurna, sehingga saat kita masukan gigi tenaga mesin masih terhubung. Namun ternyata hal ini tidak berlaku pada motor bebek saja. Motor-motor berjenis kopling manual pun bisa merasakan permasalahan ini, lantas apa saja penyebabnya..??

Penyebab & Solusi Motor Langsung Mati Saat Masuk Gigi

Adapun penyebab & solusi motor langsung mati saat masuk gigi sebagai berikut:

Kampas Kopling Melekat Dengan Mangkuk Kopling

Penyebab pertama yakni ketika kampas kopling melekat dengan mangkuk ketika kondisi kampas sentrifugal harusnya belum mengembang. Sehingga saat mesin dinyalakan poros transmisi ikut berputar dan ketika kita masukan gigi otomatis ada efek nendang yang disertai dengan mesin mati.

Harusnya memang mesin tidak mati jika saat terjadi efek nendang tersebut hubungan kampas kopling langsung terlepas, tapi jika saat itu mesin berada pada RPM kecil juga bisa mati. Hal ini biasa terjadi pada motor yang sudah lama tidak dipakai, ketika kopling basah motor kekurangan pelumasan. Sehingga kampas akan menempel dengan mengkuknya. Kejadian seperti ini bukan hanya terjadi pada motor bebek namun pada motor-motor koplingan juga sering, biasanya diawali dengan tuas kopling yang agak keras saat ditarik.

Solusinya biasanya saat motor sudah digunakan gejala ini akan hilang hal itu menunjukan bahwa lekatan antara kopling dan mangkuk sudah terlepas. Namun jika belum terpaksa kita harus melepasnya secara manual dengan cara membongkarnya.

Kerusakan Per Kopling

Per kopling berfungsi untuk menjaga kampas kopling agar tidak mengembang saat idle RPM dan mengembalikan kondisi kampas saat mesin mati. Dalam satu unit kopling setidaknya terdapat 3 buah per, jika per ini rusak atau salah satunya ada yang terlepas maka gaya sentrifugal kampas akan menekan mangkuk yang menghasilkan efek nendang.

Solusinya kita perlu melakukan pembongkaran sistem kopling untuk melakukan pengecekan bagian ini. Jika ternyata benar per bermasalah maka anda perlu memperbaikinya.

Settingan RPM Mesin Terlalu Tinggi

Sistem kopling otomatis pada motor bekerja dengan memanfaatkan gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal merupakan gaya yang mengarah keluar dari poros putaran, semakin besar putaran suatu obyek maka semakin besar juga gaya sentrifugalnya.

Pada sistem kopling, kampas dijadikan obyekb yang berputar sehingga ketika muncul gaya sentrifugal kondisi kampas akan mengembang sehingga mirip dengan rem tromol, jika idle RPM yang diset terlalu tinggi itu akan menyebabkan kopling terhubung.

Hasilnya saat gigi satu dimasukan posisi poros tranmisi dalam keadaan berputar. Maka efek nendang pun akan kalian rasakan. Umumnya kejadian seperti ini tidak membuat mesin mati tapi karena kondisi ini terjadi mendadak maka mesin bisa mati.

Setelan Tuas Kopling Yang Terlalu Pendek

Khusus pad sistem kopling tuas atau manual kita pasti tidak asing dengan adanya tuas kopling. Fungsi tuas ini yakni untuk membebaskan kampas kopling dari driven plate. Di ujung kabel kopling kita akan menemukan sebuah screw adjuster yang berfungsi sebagai pengatur jarak bebas kopling. Jika kita set terlalu pendek, dalam artian saat kita melepas sedikit tuas kopling saja motor sudah jalan itu bisa berpotensi bisa menyebabkan masalah diatas.

Penyebab & Solusi,, Motor Mati Saat Masuk Gigi

 

Karena untuk kopling yang diset pendek maka ketika tuas ditarik, kampas kopling belum sepenuhnya terbebas. Jika pelumasan kopling kurang baik maka bisa saja terjadi efek nendang yang menyebabkan mesin mati. Untuk masalah ini, solusinya kalian cukup melakukan penyetelan ulang pada bagian screw adjuster, atur dengan ketinggian lebih.

Masalah ini, mesin yang mati saat masuk gigi juga bisa terjadi tiap pagi hari saat awal motor akan digunakan, khususnya jika motor tidak dipanaskan saat akan dipakai, penyebabnya yakni ada di sistem pelumas yang belum bersirkulasi sehingga kopling terkesan lengket dengan mangkuk. Untuk itu sebelum menggunakan motor alangkah lebih baik untuk memanaskan motor terlebih dahulu.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab & Solusi,, Motor Mati Saat Masuk Gigi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Penyebab & Solusi,, Motor Mati Saat Masuk Gigi | Heri Marianto | 4.5
Shares