Penyebab CVT Mio Gredek!! Inilah Cara Mudah Mengetahuinya

Penyebab CVT Mio Gredek!! Inilah Cara Mudah Mengetahuinya “Wajib Baca”

Penyebab CVT Mio Gredek!! Inilah Cara Mudah Mengetahuinya – Tipe skuter matik ini ialah tipe sepeda motor otomatis yang dimana tidak menggunakan operan gigi manual dan hanya cukup dengan satu akselerasi, sepeda motor ini memiliki kapasitas silinder “CC” kecil dan posisi pengemudi yang tegak, ukuran sepeda motor ini lebih kecil dan ringan dari pada tipe bebek.

Sepeda motor ini memiliki ruang kosong di antara kemudi dan pengendara yang memungkinkan untuk kaki bisa diletakan di tempat tersebut. Sepeda motor ini sangat cocok untuk wanita dan ini digunakan untuk keperluan dalam kota/wilayah. Sepeda motor tipe ini memiliki dimensi ukuran ban dan roda yang cukup kecil. Contoh sepeda motor tipe ini yakni Honda Beat, Honda Vario, Honda Scoopy dan lain-lain.

Motor berjenis skutik ini punya keunikan tersendiri dalam komponen transfer daya mesin menuju roda, yakni menggunakan CVT. CVT sendiri memiliki banyak komponen-komponen lain di dalamnya, akibat usia pakai dan cara penggunaan, komponen tadi bisa rusak. Beberapa kemungkinan penyebab CVT Mio Gredek sebagai berikut.

Sliding Sheave

Dengan sliding sheave seperti itulah kemungkinan motor dapat mengalami trouble/gredek. Dan satu lagi yang penting seal sliding sheave harus masih bagus apabila seal sliding sudah getas atau kemakan grease CVT bisa keluar semua dan membasahi seluruh bagian CVT yang dapat membuat selip dan mempercepatnya Belt CVT.

Seat Spring/Tatakan Per CVT

Sudah bisa terlihat dengan jelas bahwa didalamnya terlihat perbedaan, bahwa apabila komponen yang sudah lama tersebut sudah mengalami perubahan penyebab utama karena grease/stemplet sudah kering dan kalau sudah seperti itu Seat Spring wajib diganti yang ditakutkan kalau dipakai terus bisa berlubang dan bisa mengakibatkan Secondary dan sliding Sheavenya hancur.

Kampas Kopling Set

  • Kampas kopling yang sudah tipis dapat terlihat dari bibir plate dudukan kampas kopling apabila kampas kopling melebihi bibir plate berarti kampas kopling masih tebal, apabila sejajar kampas sudah mulai menipis.
  • Per kopling juga pastikan masih bekerja dengan baik, ciri fisik biasanya kalau per kopling sudah kurang selain seperti berkarat di tarik pernya lemah.
  • Dumper “karet bulet kecil” berfungsi sebagai bantalan kampas kopling apabila sudah habis atau peyang mesti ganti totalnya ada 3 pc.

Lakukanlah service berkalan terutama di bagian ini mulai dari 10.000 hingga 15.000 km untuk memperkecil part dibagian tersebut rusak.

Price List CVT

Penyebab CVT Mio Gredek!! Inilah Cara Mudah Mengetahuinya

Harga sudah tersusun berdasarkan urutan Nomor dari 1 s/d 32.

Penyebab CVT Mio Gredek!! Inilah Cara Mudah Mengetahuinya
Nb: harga tidak mengikat sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak ATPM.

Part Substitusi

Jika melihat Harga barang ini diprice list ATPM terutama seal sliding sheave “No 27 dan 28” yang mungkin mahal menurut kita, sekarang kita tidak perlu khawatir karena diluar ATPM ada yang menyediakan barang full set dapat “No 4,5,6,27,28,dan 29” seperti gambar diatas cukup merogoh kocek 60-70 k saja. Kalau kita di ATPM beli 4 seal 100k dengan part substitusinya bisa dapet semua part seperti yang tadi dijelaskan “4 seal + 3 pin guide + spi + 2 bearing”.

Kampas kopling pun bisa di substitusi memakai punya B**t dengan kisaran harga dari 90 hingga 110k. Untuk seat spring/tatakan per CVT ini bisa juga disubstitusi menggunakan motor matic berlambang K ini terutama type free LX kisaran harga 20-25k.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab CVT Mio Gredek!! Inilah Cara Mudah Mengetahuinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Penyebab CVT Mio Gredek!! Inilah Cara Mudah Mengetahuinya | Heri Marianto | 4.5
Shares