Penyebab + Cara Mengatasi Engkol Motor Macet

Penyebab + Cara Mengatasi Engkol Motor Macet “Wajib Baca”

Penyebab Engkol Motor Macet – Biasanya saat ingin menyalakan motor kita biasa menggunakan starter kaki atau engkol dengan kaki dan starter elektrik. Bagi pengguna motor matic biasanya selalu menggunakan starter elektrik sedangkan bebek sepeda motor dan motor sport mulai dengan engkol pada pagi hari saat mesin dinyalakan terlebih dahulu.

Starter kaki mulai berfungsi sebagai dukungan cadangan jika starter pada starter mesin tidak bekerja. Namun sebagian besar pengguna jarang menggunakan starter kaki atau engkol yang hanya berjalan di mesin. Apalagi penggunaan starter kaki di motor matic sangat merepotkan sekali.

Selain kita harus menurunkan standar ganda, kita juga harus berdiri dan berada di sebelah kiri tentu ini akan menyulitkan sekali apabila kita sedang terdesak atau sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan seperti di tempat sempit atau motor tiba-tiba mogok atau mati sendiri di tengah jalan saat lampu merah.

Ini akan menjadi masalah serius jika starter listrik rusak dan starter kaki atau engkol di gunakan alias juga sulit untuk digunakan karena starter kaki atau engkol keras untuk menjalankan mesin saat kasus kelistrikan motor yang rusak karena baterai yang aus atau kehilangan tenaga.

Penyebab Starter Kaki “Kick Starter” Engkol Yang Keras Atau Macet

Starter kaki atau engkol yang mulai berkarat akan sangat sulit untuk digunakan dan ini terjadi karena engkol atau starter kaki sudah mulai jarang untuk digunakan dan tidak pernah dilumasi minyak pelicin. Maka oleh karena itulah per stopper pemegang dan penghubung gir pada posisi yang salah serta gir primer/utama mulai berkarat.

Cara Mengatasi Engkol Motor Atau Starter Kaki Macet, Keras, Terasa Berat Atau Nendang Balik

Adapun cara mengatasi yang bisa kita terapkan untuk starter kaki atau engkol yang keras adalah membuka blok CVT. Bersihkan bagian penghubung gigi atau gir dengan sikat atau angin bertekanan tinggi “kompresor” kita bisa menggunakan alat pengisi angin ban yang ada dibengkel. Agar lebih halus dan tidak terasa keras lagi, kita bisa menggunakan gemuk alias grease pada per stopper dan alirkan di gir agar tetap licin dan mulus kembali.

Cara Merawat Starter Kaki Atau Engkol Motor Yang Keras Agar Tetap Mulus

Komponen ini juga harus diobati secara rutin setiap 7 bulan sekali atau setiap 7.000 km dengan cara membuka penutup CVT dan kemudian buka gigi pengungkit dengan cara menarik dan menggerak-gerakan kick starter ke arah bawah.

Penyebab + Cara Mengatasi Engkol Motor Macet

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab + Cara Mengatasi Engkol Motor Macet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Penyebab + Cara Mengatasi Engkol Motor Macet | Heri Marianto | 4.5
Shares