Oli Motor Cepat Hitam ?? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya

Oli Motor Cepat Hitam ?? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya “Wajib Baca”

Oli Motor Cepat Hitam ?? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai kenapa oli motor menjadi cepat hitam ?? nah kami kali ini memberikan informasinya bagaimana mengetahui penyebab dan cara untuk mengatasinya, untuk lebih jelasnya simak saja pemaparannya dibawah ini.

Pelumas merupakan zat kimia yang umumnya cairan yang diberikan diantara dua benda bergerak untuk dapat mengurangi gaya gesek. Zat tersebut merupakan fraksi hasil destilasi minyak bumi yang dimana memiliki suhu 105-135 derajat celcius.

Pelumas memiliki fungsi yakni sebagai lapisan pelindung yang dimana dapat memisahkan dua permukaan yang berhubungan, yang umumnya pelumas terdiri dari 90% minyak dasar dan 10% zat tambahan. Salah satu penggunaan pelumas paling utama ialah oli mesin yang dipakai pada mesin pembakaran dalam.

Yang salah satu cara meng-upgrade performa motor dengan signifikan yakni dengan bore-up atau menaikkan kapasitas cc motor. Untuk cara ini dilakukan dengan mengganti blok mesin yang tadinya berukuran standar dengan blok mesin yang ber cc lebih besar.

Tentu saja di imbangi dengan penggantian part lain supaya performas lebih maksimal, beragam blok dengan merek dan cc besarpun tersedia banyak dipasaran. Maka itu pilihlah blok dengan bahan yang berkualitas ketika hendak membelinya.

Oli Motor Cepat Hitam ?? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya

Akan tetapi namanya juga motor, kalau dikasih part yang bukan standarnya dapat jadi ada masalah, salah satunya ialah masalah oli yang cepat menghitam karena bore-up, nah apa yang menyebabkan oli motor bore-up cepat menghitam…?? berikut ini jawabnya dan cara mengatasinya dibawah ini.

Penyebab Oli Motor Cepat Hitam

Oli motor yang cepat menghitam biasanya disebabkan mesin yang over heat alias mesin yang terlalu panas. Penyebab over heat antara lain setelan kopling motor yang kurang pas sehingga kopling jadi agak selip dan menyebabkan penguapan pada oli yang cepat. Penyebab lainnya yakni adanya clearence atau ruang diantara gap piston dan boring yang terlalu sempit atau longgar.

Oli Motor Cepat Hitam ?? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Oli Motor Cepat Hitam

Solusi untuk mengatasi over heat kalian dapat pasang oli cooler atau OBS “Oil breating system” atau bisa disebut selang hawa pada mesin motor, hendaknya ganti dulu filter oli yang sudah gosong, sehingga dapat menyaring oli lebih baik dan rajin juga dengan mengganti oli, minimal taip 1500 km.

Jenis-Jenis Oli

Adapun untuk jenis-jenis oli diantaranya yaitu:

  • Mineral “oli harian motor lawas”
  • Synthetic blend “semi sintetik” “oli harian motor baru”
  • Full synthetic “oli racing”

Harga Filter Oli Dan Bahan

Adapun harga filter oli dan bahan diantaranya yaitu:

  • Filter oli motor bahan kertas Rp 25.000 hingga Rp 55.000
  • Filter oli motor bahan kain Rp 80.000 hingga Rp 90.000

Disarankan gunakan filter oli dengan bahan kain, karena dapat dipakai berulang kali bahkan selamanya. Dalam perawatannya pun terbilang mudah, cukup hanya dengan bersihkan/semprot filter dengan tekanan udara tinggi hingga bersih.

Oil Cooler Dan Merek

Adapun Oil Cooler dan merek sebagai berikut:

  • Harga Oil cooler satri F/FU berkisaran 250 ribu hingga 350 ribu.
  • Harga Oil cooler koso berkisaran 400 ribu hingga 550 ribu.
  • Harga Oil cooler post kisaran 350 ribu.

Fungsi OBS

Mereduksi tekanan gas di crank case dan cylinder head, sehingga suhu mesin tetap stabil dan kualitas oli tetap terjaga. Untuk harga OBS yang kualitas biasa 12 ribu untuk kualitas bagus kisaran 150 ribu hingga 200 ribu.

Demikianlah pembahasan mengenai Oli Motor Cepat Hitam ?? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Oli Motor Cepat Hitam ?? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya | Heri Marianto | 4.5
Shares