[Mudah Dan Benar] Cara Merawat Super KIPS Motor Ninja

[Mudah Dan Benar] Cara Merawat Super KIPS Motor Ninja “Wajib Baca”

[Mudah Dan Benar] Cara Merawat Super KIPS Motor Ninja – Dalam hal ini super KIPS atau (Super Integrated Power Valve Sistem) yang terdapat pada Kawasaki Ninja RR tersebut seperti Variable Timing Valve yang terdapat di mesin 4 tak mobil canggih.

Akan tetapi terdapat perbedaan kepada KIPS yang bertugas guna membuka tutup lubang buang. Untuk fungsi KIPS sendiri bisa dimaksimalkan dengan cara mengakali kekerasan per penekan batang, tinggal memilih settingan saja.

KIPS sendiri terdiri dari pert bola sentrifugal dan juga ring, bola sentrifugal tersebut nantinya akan terlempar penuh di 7.000 rpm. Bola tersebut akan menekan per dan juga batang KIPS yang akan membuka lubang tembahan seperti halnya kopling otomatis yang terjadi di motor bebek, dan tentu saja untuk mengubah karakter maka mengubah pula KIPS tersebut.

Yang sementara katup Super KIPS yang terdapat di Kawasaki Ninja generasi Euro 2 tentu saja bisa mengalami kemacetan, jika macet tentu saja akselerasi dan juga top speed bisa langsung drop dan juga akan menimbulkan kerak.

Katup Super KIPS sendiri memiliki fungsi untuk menambah power, ia akan membuka mesin hingga mencapai 7.000 rpm. Pada rpm bawah, akselerasi motor akan bekerja sangat bagus jika katup Super KIPS menutup.

Cara Merawat Super KIPS Motor Ninja

Apabila KIPS tersebut macet, maka tidak perlu repot-repot untuk membawanya ke bengkel, anda dapat melakukan servis sendiri dengan alat obeng plus dan juga kunci ring 10 serta 8 dan juga kuncil L 5.

[Mudah Dan Benar] Cara Merawat Super KIPS Motor Ninja

  • Pertama membuka fairing dengan menggunakan obeng plus, lalu anda dapat mencopot karet pelindung Super KIPS tersebut.
  • Setelah itu lepas area batang pemutar katup Super KIPS dengan menggunakan kunci ring 10 dan buka penutup Super KIPS dengan cara memutarnya ke area kanan.
  • Setelah itu copot rumah Super KIPS dan melepas kedua baut pengunci tersebut dengan kunci 8.
  • Kemudian Super KIPS terlihat, perhatikan gigi yang terdapat di kedua katup.

Ada 1 titik pada tiap gigi, dan saat dipasang nanti, tentu saja setiap titik harus bertemu. Setelah dibuka, anda bisa membersihkan KIPS tersebut dengan menggunakan cairan carburator cleaner supaya bisa membuat kerak melunak. Setelah itu kikis dengan menggunakan amplas agar bisa lancar kembali, setelah semua selesai maka anda dapat pasang kembali dan siap untuk digunakan kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai [Mudah Dan Benar] Cara Merawat Super KIPS Motor Ninja semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[Mudah Dan Benar] Cara Merawat Super KIPS Motor Ninja | Heri Marianto | 4.5
Shares