Motor Injeksi Mati Saat Jatuh ?? Anda Tidak Perlu Panik, Ini Solusinya

Motor Injeksi Mati Saat Jatuh ?? Anda Tidak Perlu Panik, Ini Solusinya

Motor Injeksi Mati Saat Jatuh ?? Anda Tidak Perlu Panik, Ini Solusinya – Untuk Teknologi pada saat ini sudah sangat berkemabng, terutama teknologi pada kendaraan bermotor. Saat ini teknologi pada kendaraan bermotor sudah beragam. Banyak sekali tambahan teknologi-teknologi baru yang disematkan pada sepeda motor saat ini. Yang salah satu teknologi sepeda motor yang terbaru saat ini ialah sistem teknologi injeksi.

Injeksi sendiri merupakan suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor yang dimana untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Injeksi membutuhkan perangkat bernama injector, yang bertugas me-nyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Sistem injeksi merupakan teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor.

Cara Kerja Motor Injeksi

Bila pada sistem karburator, kendaraan membutuhkan penyetelan yang tepat agar bisa mendapatkan campuran bahan bakar dan udara atau AFR “Air-fuel ratio” yang optimal, sistem injeksi sudah terprogram secara komputer untuk mendapatkan rasio AFR yang optimal.

AFR ” Air-fuel ratio”

Supaya bisa mendapatkan AFR yang optimal, injektor mengandalkan program komputer untuk mengontrol AFR nya. Perangkat elektronik yang bertugas untuk mengontrol kerja injektor ini bernama ECM atau Electronic Control Module.

ECM “Electronic Control Module”

Electronic Control Module memiliki settingan dan kontrol yang sudah terstandar dari pabriknya. ECM ini dapat secara otomatis mengontrol besaran bahan bakar dan udara yang pas pada kondisi-kondisi cuaca tertentu.

Pada motor injeksi terdapat sensor udara, sensor inilah yang nantinya membantu ECM dalam mengkalkulasi AFR yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin dan udara sekitar mesin. Kurang lebih seperti inilah gambaran mengenai sistem injeksi pada motor. Konsepnya sama seperti sistem karburator, karena injeksi merupakan penyempurnaan dari sistem karburator.

Motor Injeksi Mati Saat Jatuh ??

Nah dalam hal ini mungkin bagi anda pernah mengalami atau menjumpai bahwa pada saat motor yang bertipe injeksi bila dalam posisi jatuh atau pada kemiringan tertentu mesin mati sendiri. Hal ini bukan suatu keadaan yang abnormal, melainkan ini suatu sistem keamanan yang ditanamkan pada motor-motor yang bertipe injeksi.

Pada motor tersebut telah dilengkapi sebuah sensor yang dinamakan BAS “Bank Angle Sensor” yang bekerja untuk mematikan mesin motor jika mengalami kecelakaan atau terjatuh hingga kemiringan sekitar 55 derajat dari tanah.

Motor Injeksi Mati Saat Jatuh ?? Anda Tidak Perlu Panik, Ini Solusinya

Untuk hal ini kenapa demikian..?? Hal ini untuk menghindari adanya percikan apai yang timbul bila ada bahan bakar yang tidak sengaja terjatuh ke blok mesin yang dapat menimbulkan kebakaran.

Cara Menghidupkan Kembali Motor Injeksi Yang Terjatuh

Nah jadi bila tiba-tiba mesin mati pada saat kondisi jatuh, anda tidak perlu panik, untuk menyalakannya, anda harus memutar kunci kontak pada posisi OFF terlebih dahulu, lalu kemudian baru di ON-kan kembali, nah selama tidak ada komponen bagian injeksi yang rusak, mesin bisa menyala kembali dengan normal.

Bagaimana cukup mudah bukan…??? 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai Motor Injeksi Mati Saat Jatuh ?? Anda Tidak Perlu Panik, Ini Solusinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,,,terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Motor Injeksi Mati Saat Jatuh ?? Anda Tidak Perlu Panik, Ini Solusinya | Heri Marianto | 4.5
Shares