Magnet Dinamo Starter Sepeda Motor Anda Lepas ??? Inilah Solusinya

Magnet Dinamo Starter Sepeda Motor Anda Lepas ??? Inilah Solusinya “Wajib Baca”

Magnet Dinamo Starter Sepeda Motor Anda Lepas ??? Inilah Solusinya – Dalam hal ini pernahkan anda mengalami, yang dimana ketika anda men-starter sepeda motor anda seperti terdengar bunyi yang tidak lazim?

Bunyi kasar atau bunyi klek-klek dari area dinamo starter motor?? untuk hal ini jangan panik. Dengan adanya suara begitu berarti dinamo starter kalian sedang bermasalah, kalau begitu kita cek satu persatu.

Pertama yakinkan dulu bahwa kondisi baterai motor kalian dalam kondisi prima, tidak drop/soak. Lalu pastikan bendik atau otomatis start masih dalam kondisi sehat, dengan ditandai dengan adanya bunyi ctek,,,,ctek pada bendik.

Nah pertama-tama bukalah baut pengunci dinamo ke bodi mesin,,eit jangan lupa keluarkan olinya dulu ya,,, supaya tidak tumpah berceceran. Setelah terbuka tarik keluar as atau kumparan yang berada di dalam wadah dinamo tersebut. Di bagian tutup dinamo akan kita jumpai karbon atau kul atai sikat dinamo, nah dibagian badan kita akan temui magnet tersebut.

Magnet bekerja dengan menyediakan kutub utara dan selatan yang akan menarik kumparan yang ada di as tengah sehingga menimbulkan putaran yang selanjutnya berfungsi untuk memutar mesin. Nah bagaimana jika magnet dinamo starter ini lepas dari dudukannya?? solusinya sangat gampang sekali.

Magnet Dinamo Starter Sepeda Motor Anda Lepas ??? Inilah Solusinya

Berhubungan magnet dinamo startnya copot, sekalian saja bersihkan rumah dinamo dari debu-debu yang menempel. Setelah bersih jangan lupa di lap dengan kain yang lembut agar tidak ada sisa-sisa debu atau minyak yang menempel. Untuk memasang magnet kalian dapat menggunakan superglue atau lem cina atau lem instan dan lainnya.

Magnet Dinamo Starter Sepeda Motor Anda Lepas ??? Inilah Solusinya
Untuk hal ini memang ada sich lem khusus yang dipakai untuk merekatkan komponen-komponen mesin, namun tidak semua daerah ada yang menjual lem tersebut. Kembali ke pemasangan magnet, jangan sampai terbalik memasang kedua buah magnet, karena dapat mengakibatkan putaran dinamo juga akan terbalik.

Setelah di lem tunggu 15 hingga 25 menit supaya lem benar-benar kering dan magnet merekat kuat pada badan dinamo sebelum kalian memasang kembali dinamo start tersebut ke posisi semula.

Demikianlah pembahasan mengenai Magnet Dinamo Starter Sepeda Motor Anda Lepas ??? Inilah Solusinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Magnet Dinamo Starter Sepeda Motor Anda Lepas ??? Inilah Solusinya | Heri Marianto | 4.5
Shares