Jadi Ini, Cara Mencuci Motor Matic Yang Baik & Benar

Jadi Ini, Cara Mencuci Motor Matic Yang Baik & Benar “Wajib Baca”

Jadi Ini, Cara Mencuci Motor Matic Yang Baik & Benar – Untuk hal ini pada intinya cara mencuci motor itu sama saja, jangankan pada musim penghujan, dimusim kemarau pun sepeda motor daapat kotor jika terkena debu dan juga kotoran jalan atau pada saat melewati genangan air, maka dari itu janganlah lupa untuk mencuci motor agar tunggangan kalian akan selalu terlihat mulus dan bersih yakni pasti tujuannya sama agar-agar motor kesayangan kalian dapat menjadi lebih bersih dan menjadi mengkilap saat dilihat dan nyaman saat digunakannya.

Cara Termudah Mencuci Motor Matic Injeksi Yang Benar

Dalam hal ini seperti yang telah kita ketahui, bahwa Teknologi mesin injeksi ini memiliki karakter sendiri yang berbeda dengan mesin tipe karburator, hal ini karena keseluruhan perangkat pada motor injeksi sudah diatur secara otomatis dengan perangkat elektronik. Dan untuk perangkat-perangkat ini tentu sangat rentan jika terkena air. Meskipun dari pabrikan perangkat penting ini telag diatur dengan sedemikian rupa agar kedap dan tahan air, akan tetapi tetap saja sebagai pemilik kendaraan harus berhati-hati pada saat mencuci motor matic tipe injeksi.

Mencuci sepeda motor sebenarnya bukan hanya soal bagaimana menyemprotkan air pada kendaraan karena kenyataannya jika penyemprotan sembarangan, terutama untuk jenis motor injeksi, bisa mengganggu sistem motor tersebut, sistem motor injeksi pada dasarnya sangatlah bergantung pada suplai listrik untuk bisa menyalakan beberapa sensor. Karena jika ada kendala pada suplai listrik maka pada motor injeksi bisa saja akan mogok dan salah satu penyebab tidak berfungsinya motor jenis ini ialah disebabkan karena kemasukan air yang mungkin saja terjadi karena kalian kurang hati-hati pada saat mencucinya. Lalu bagaimanakah cara mencuci motor matic injeksi yang benar agar motor matic injeksi kalian tetap aman?? Nah untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa hal yang sangat perlu sekali untuk diperhatikan pada saat mencuci motor matic injeksi, kalau begitu simak pemaparannya dibawah ini.

Tips Jitu Cuci Motor Injeksi & Bagaimana Merawat Injeksi

Untuk hal demikian pada umumnya yang namanya mencuci sepeda motor, baik itu bagaimana cara membersihkan injeksi atau bagaimana cara mencuci motor matic injeksi, meskipun dari tipe nya berbeda tetapi untuk cara pencuciannya tetap saja sama. Yang kalian harus perlukan terlebih dahulu dengan membilas hampir seluruh bagian motor tersebut dengan memakai air bersih, lalu dilanjutkan dengan menggosok bagian yang kotor dengan memakai kain halus dan juga memakai sikat kecil yang telah dicampur dengan sabun ataupun shampo motor.

Akan tetapi untuk kondisi khusus dapat diaplikasikan pada motor injeksi, karena mengingat terdapat beberapa komponen yang jika terkena air bisa membuat motor menjadi mogok, pada motor injeksi terdapat tiga komponen utama yang wajib sekali untuk diperhatikan didalam hal ini yakni Ecm, Throttle Body, dan Soket. Dan untuk kinerjanya sangatlah bergantung pada suplai listrik, pada bagian ini berfungsi untuk jalur pengapian dan sebagai bahan bakar, yang pada nantinya bensin dan air tidak boleh tercampur disini, karena bila tiga komponen ini terkena air maka ada kemungkinan besar motor injeksi kalian bisa menjadi mogok, oleh sebab itu pahami dengan teliti bagaimana cara mencuci motor injeksi yang baik dan benar dan cara mencuci motor supaya mengkilap.

Cara Mencuci Motor Cepat & Bersih Pada Matic

Terdapat hal yang perlu kalian perhatikan pada saat akan mencuci motor matic injeksi serta cara mencuci motor injeksi yang baik maupun benar.

Jadi Ini, Cara Mencuci Motor Matic Yang Baik & Benar

Hal demikian ini perlu sekali untuk diperhatikan karena jika salah satu bagian motor tersebut terkena air pada saat mencuci maka dapat membuat motor injeksi akan bermasalah, karena dari ketiga komponen tersebut umumnya terletak di beberapa bagian sebagai berikut:

  • ECM secara umum untuk letaknya berada dibawah jok motor.
  • Throttle Body biasanya terletak atau posisinya diatas mesin motor.
  • Dan soket juga biasanya terletak diatas mesin motor.

Meski pada komponen tersebut telah dilengkapi dengan pelindung air, kalian tetap berhati-hati agar nantinya tidak kemasukan air karena untuk hal biaya dalam penggantian beberapa komponen tersebut memang cukup mahal, lalu apa yang harus kalian lakukan?? maka untuk itu berikut kami akan bagikan beberapa tips cuci motor injeksi bagian motor yang tidak boleh terkena air serta cara cuci motor yang baik dan benar serta tidak akan membuat motor menjadi mogok, untuk lebih jelasnya simak pemaparannya dibawah ini:

  • Dengan Menutup Lubang Knalpot & Komponen Kelistrikan
    Untuk hal pertama yang dapat kalian lakukan ialah caranya terlebih dahulu menutup lubang knalpot dan komponen kelistrikan lainnya dengan menggunakan plastik agar tidak kemasukan air pada saat mencucinya.
  • Dengan Membasuh Komponen Kelistrikan Dengan Spons Atau Lap Yang Dibasahi
    Kalian juga dapat menggunakan kain, lap atau spons yang telah dibasahi sedikit air terlebih dahulu yang digunakan untuk membilas bagian sekitar, komponen kelistrikan agar lebih aman saat mencucinya.
  • Cara Membersihkan Throttle Body Dan Soket
    Untuk Throttle body dan soket biasanya terletak di bagian atas mesin maka untuk mencuci pada wilayah harus selalu hati-hati dan usahakan untuk cara membersihkannya tidak berlebihan agar airnya tidak sampai membasahi komponen tersebut, karena pada soket-soket yang bermuatan listrik ini sangat rentan sekali jika terkena air.
  • Perhatikan Pula Cara Menyemprotkan Air
    Untuk teknik atau cara menyemprot yang benar ialah dari atas kebawah dan jangan sampai dari bawah keatas. Hal demikian bertujuan agar Throttle body dan soketnya terhindar dari tekanan air secara terus menerus yang dapat menyebabkan kerusakan pada kedua perangkat injeksi tersebut.
  • Mencuci Pada Bagian ECM
    Untuk letak ECM biasanya ada pada bagian atas spakbor belakang, untuk mencuci spakbir belakang tidak perlu disemprot terus menerus. Cara yang paling baik yakni sekali dulu dengan sikat dan lap, baru dibilas dengan menyemprotnya. Dengan cara ini ECM tetap aman dari percikan air.

Untuk selanjutnya kalian selesai mencuci motor injeksi, maka dapat langsung keringkan motor injeksi agar tidak ada sisa air yang merembes dengan memakai kain kering serta jangan lupa juga untuk memanasi motor matic kalian setelah mencuci serta mengeringkannya. Dan sedangkan untuk kalian yang sering memakai jasa cuci motor, maka jangan lupa untuk selalu menyampaikan hal diatas kepada pencuci motor agar kesalahan-kesalahan dapat dihindarkan nantinya.

Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini, Cara Mencuci Motor Matic Yang Baik & Benar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Jadi Ini, Cara Mencuci Motor Matic Yang Baik & Benar | Heri Marianto | 4.5
Shares