Jadi Ini, Akibat Mesin Motor Kehabisan Oli

Jadi Ini, Akibat Mesin Motor Kehabisan Oli “Wajib Baca”

Jadi Ini, Akibat Mesin Motor Kehabisan Oli – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas bagaimana terjadi atau akibat mesin motor kehabisan oli,, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti kalau begitu simak selengkapnya dibawah ini.

Dalam hal ini masih berkaitran dengan dunia otomotif khususnya roda dua, yang lebih tepatnya yakni mengenai Honda Supra X 125 helm In,,Yoi, yang sudah sejak lama kisaran 4 tahun lebih supra melawan ganasnya aspal yang penuh dan sesak,, yakni macet yang dimana merupakan makanan sehari-hari,, dan panas terik yang selalu menghinggapi dan juga banjir yang menimpa tetap diterjang,,.

Akibat Mesin Motor Kehabisan Oli

Hal cerita Honda Supra Helm In 125 tahun 2012 tersebut harus menginap dibengkel yang dikarenakan motor tersebut harus turun mesin,, yang penyebabnya ialah karena kehabisan oli “keasatan oli”..!! Mungkin dia sudah lelah,,hehehhe karena sudah capek menempuh berpuluh-puluh ribu kilometer jadi sudah banyak bagian atau part yang sudah mengalami keausan. Dan mungkin ring piston atau seal lainnya sudah mengalami kerusakan yang sehingga oli mesin ikut terbakar dirung pembakaran dan oli yang bekerja sebagai pelumas pun habis.

Untuk hal ini mengingat peranan oli pada sebuah mesin itu amat sangat penting sekali,, Alhasil mesin pun rusak jadi-jadinya sampai harus turun mesin besar-besaran,, kalau olinya aja gak ada maka part-part yang ada di dalam mesin pun tidak ada pelumasnya,, saat digunakan maka banyak part yang berputar bersinggungan pun lama-lama akan panas karena tidak ada oli yang juga sebagai pendingin.

Hasilnya maka Honda Supra X 125 Helm In tahun 2012 pun harus mengganti piston, stang piston dan lain-lainnya,, yang akibatnya cuman kehabisan oli mesin,,,?? padahal sebelum-sebelumnya sudah diingatkan untuk  selalu mengecek oli mesin yakni minimal 500 km sekali,, gara-gara tidak pernah cicek dan hanya berpegangan pengganti oli tiap 2000 km sekali maka hal yang tidak disangka pun terjadi ,,, Olinya pun habis.

Untuk hal demikian merupakan pelajaran berharga yang dapat diambil ialah selalu dengan mengecek kondisi motor sebelum akan digunakan,, dalam hal ini meskipun biasanya oli masih sehat saat sudah mencapai 2000 km tapi kita gak tau apakah part-part yang ada didalam mesin masih sehat atau tidak,, misal saja ring piston sudah mengalami keausan meskipun kemaren pas ganti oli terakhir olinya masih utuh tapi siapa tau dengan kali ini.

Jadi Ini, Akibat Mesin Motor Kehabisan Oli

Untuk itu makanya untuk saya pribadi pun selalu tertib dengan mengecek ketinggian oli mesin,, bahkan kalau sedang pakai sebelum menyalakan mesin selalu dengan mengecek apakah oli mesinnya sudah surut atau belum,, karena karakter mesin yang panas dan kadang oli mesinnya akan berkurang. Kalau motor yang menggunakan jendela kaca disamping enak tingga intip saja,, kalau motor semacam Honda Supra 125 Helm In memang agak membutuhkan waktu lebih karena musti lepas tutup oli dan cek ketinggian oli dengan dipstick..

Tapi hal tersebut juga tidak lama-lama amat,, tidak sampai dua menit untuk ngecek ketinggian oli,, Pengecekan yang simple dan sederhana memang,, tapi kalau tidak dicek kita tidak tau apakah olinya masih ada atau sudah lenyap,, kalau sudah lenyap maka ya siap-siap saja jeroan mesin pun akan minta ganti.

Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini, Akibat Mesin Motor Kehabisan Oli semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Jadi Ini, Akibat Mesin Motor Kehabisan Oli | Heri Marianto | 4.5
Shares