Inilah Tips Merawat & Cara Servis Motor 4 Tak Sendiri

Inilah Tips Merawat & Cara Servis Motor 4 Tak Sendiri “Wajib Baca”

Inilah Tips Merawat & Cara Servis Motor 4 Tak Sendiri  – Dalam hal ini bagi kalian yang memiliki motor 4 tak dan setiap bulannya atau 3 bulan sekali selalu melakukan perawatan motor ke bengkel karena kalian tidak dapat men service sepeda motor sendiri maka itu wajib kalian membaca tulisan kami dibawah ini.

Nah berikut ini kami sajikan informasi bagaimana cara merawat motor supaya tetap selalu awet dan selanjutnya ialah bagaimana cara service motor sendiri, tanpa berlama-lama langsung saja cek postingan kami dibwah ini. Sebelum kami menulis penjelasan detailnya disini kami akan sedikit memberikan gambaran mengenai sepeda motor yang jarang sekali dirawat atau diservice.

Coba kalian bayangkan sendiri bila kalian memiliki sepeda motor tapi jarang dirawat atau jarang di service ibaratnya seperti ada seorang manusia yang jarang mandi, bau tak sedap, tampilan kumuh serta tidak enak bila dekat dengan orang. Nah coba bayangkan bila hal tersebut terdapat pada sepeda motor kalian, maka apa yang terjadi bila motor jarang dirawat atau diservice,,,??

Tentu saha motor tersebut tidak akan nyaman untuk dikendarai baik itu untuk perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat. Ok untuk berikut ini kami akan bagikan beberapa tips bagaimana cara merawat sepeda motor supaya awet dan juga memiliki kenyamanan berkendara yang maksimal.

Tips Merawat Sepeda Motor

Nah berikut ini beberapa tips mengenai cara merawat motor yang bisa kalian coba dirumah, lakukan selalu dan ulangi hingga kalian benar-benar paham.

  • Untuk yang pertama coba kalian periksa bagian rantai motor, apakah sudah kendor atau masih kondisi kencang, jika rantai motor kalian kendor kalian bisa coba kencangkan dengan jarak bebas 20-30 mm, perlu diketahui bahwa memeriksa rantai motor juga sangat penting supaya perjalanan kalian menjadi lancar dan maksimal.
  • Lalu selanjutnya coba kalian periksa tekanan angin yang terdapat pada ban motor kalian, kenapa harus selalu di check tekanan ban motor hal ini tujuannya yakni untuk mencegah terjadinya kebocoran, selain itu juga supaya masa umur ban lebih awet serta penggunaan pemakaian bahan bakar yang lebih irit karena motor tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga.
  • Setelah tekanan angin pada ban sudah kalian check dan tidak ada masalah selanjutnya kalian bisa coba periksa bagian rem, jika minyak yang terdapat pada rem di bawah batas minimal “type cakram” kalian bisa coba dengan mengisi dengan minyak rem sesuai standartnya yang digunakan.
  • Jika pada bagian rem sudah beres coba kalian periksa untuk ketinggian oli mesin,,oya perlu kalian ketahui jangan sampai oli mesin sampai kehabisan, bila oli mesin sampai kehabisan maka akan dapat menyebabkan mesin menjadi rusak. Untuk itu kalian bisa segera check dan periksa ketinggian oli mesin, kalau di batas minimal kalian bisa segera mengisi oli yang sama dengan sebelumnya. Bila habis kalian bisa menguras dan mengisi kembali sampai batas maksimal jangan kelebihan jika melibihi batas maksimal nanti akan berpengaruh pada responsibilitas mesin.
  • Selanjutnya kalian juga dapat coba periksa ketinggian air radiator “type motor yang menggunakan pendingin radiator, misalnya saja motor new vixion, dan lain sebagainya” jika air radiator akan habis atau berada dibawah batas minimal kalian bisa coba untuk mengisi sampai batas maksimal, jangan air radiator pada motor kalian kehabisan, karena jika kalau kehabisan air radiator maka akan menyebabkan mesin bisa rusak.
  • Selanjutnya ialah pemeriksaan air accu “aki motor” jika air motor kalian berada dibawah batas coba kalian tambahkan dengan air accu tambah “air accu tambah umumnya tutup kemasan berwarna biru” yang bisa kalian beli di bengkel motor terdekat di kota kalian.

Tips Servis Motor Mesin 4 Tak Sendiri

Selanjutnya kami akan memberikan informasi bagaimana cara servis sepeda motor khususnya yang menggunakan mesin 4 tak, untuk lebih lanjutnya kalian bisa simak pemaparannya dibawah ini.

Inilah Tips Merawat & Cara Servis Motor 4 Tak Sendiri

Melakukan Pembersihan Pada Filter Udara

Untuk caranya kalian dapat coba dulu dengan melepas baut yang terhubung dengan saringan udara setelah dilepas kalian bisa coba untuk membersihkan saringan udara tersebut dengan menggunakan alat mesin kompresor khusus untuk filter type busa.

Melakukan Pembersihan Karburator

Langkag kerja yang pertama kalian bisa coba dengan lepaskan karburator dari tempatnya setelah dilepas kalian bisa coba bongkar karburator dengan melepas satu-persatu komponen-komponen yang didalam karburator. Setelah semua komponen karburator dilepas kalian bisa coba bersihkan satu persatu dengan bensin dan nyalakan mesin kompresor untuk menyemprotkan bagian-bagian yang tidak terjangkau, kalian bisa meniupkan kompresor ke komponen karburator, setelah itu kalian bisa pasang kembali komponen tersebut dengan benar dan pasang kembali karburator di tempat asalnya.

Melakukan Penyetelan Celah Katup

Langkah kerja yang pertama kalian bisa buka dulu penutup katup in dan ex kemudian Top kan lalu lepaskan baut pengunci katup di kendorkan lalu fuler dimasukan dicelah katup lalu setel katup dengan standarnya dengan cara memutar baut penyetel kalau sudah kencangkan baut pengunci dengan menahan baut pengunci dan pasang kembali semuanya dengan benar.

Melakukan Penyetelan Rantai

Untuk cara menyetel atau setting rantai motor kalian bisa coba dengan melakukan melepas baut dan mengendorkan baut yang terdapat pada as roda kemudian setelah longgar kalian bisa coba setel rantai dengan standart jangan terlalu kencang dan juga jangan terlalu kendor setelah dirasa sudah pass kalian bisa pasang kembali dengan cara mengencangkan baut pada as roda tersebut.

Melakukan Pembersihan Atau Penggantian Busi Motor

Untuk langkah-langkahnya kalian bisa terlebih dahulu mencari letak busi motor kalian dimana …?? jika sudah kalian temukan kalian bisa coba untuk melepaskan busi dari tempatnya, kemudian setelah busi dilepas kalian bisa coba untuk membersihkan busi tersebut dengan menggunakan sikat kawat, kalau sudah dirasa bersih kalian bisa pasang kembali.

Nah kalau hal ditas sudah kalian lakukan semua, sebelum di hidupkan kalian check kembali adakah yang masih belum di setel atau belum dipasang. Setelah semua hal-hal diatas sudah dipasang dan dirasa sudah semua dilakukan, kalian bisa coba hidupkan motor kalian dan lakukan setel karburator karena tadi sempat melepas karburator. Ok mungkin sampai disini dulu, tips cara merawat motor yang baik dan benar, sampai ketemu lagi di postingan berikutnya. 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Tips Merawat & Cara Servis Motor 4 Tak Sendiri semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Tips Merawat & Cara Servis Motor 4 Tak Sendiri | Heri Marianto | 4.5
Shares