Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Roller X-Ride Cepat Peyang/Terkikis

Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Roller X-Ride Cepat Peyang/Terkikis “Wajib Diketahui”

Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Roller X-Ride Cepat Peyang/Terkikis – Dalam hal ini mungkin bagi para pengguna X-ride sering sekali mendapati roller milik X-ridenya menjadi cepat habis padahal baru beberapa bulan saja di gunakan atau jumlah kilo meter yang masih kurang dari 6 ribu kilometer.

Hal ini pun yang kami rasakan pada kilometer motor yang masih dibawah 3 ribuan dengan kondisi roller yang sudah peyang, dugaan awal roller X-ride ini menjadi cepat peyang karena cara pemakaian yang langsung digas poll karena si X-ride enak buat akselerasi.

Penyebab Roller X-Ride Cepat Peyang Atau Terkikis

Untuk hal ini selain itu ada dugaan kalau logam yang menjadi inti dari roller tidak terlalu bagus berbeda bahan bakunya dengan roller untuk matic Yamaha lainnya yang terbuat dari kuningan dan mungkin saja dari perbedaan ini yang membuat penghantaran atau pembuangan.

Yang menjadi panas dari roller akibat gesekan yang terjadi di dalam rumah roller/prymari sliding sheave tidak maksimal yang sehingga membuat umur roller pun menjadi lebih cepat peyang atau bahkan menjadi hancur. Yang dari kedua dugaan itu pun kami melakukan penggantian beberapa roller after market, namun hasilnya pun tetep sama saja seminggu menggunakan roller after market begitu di cek lagi kondisi roller mulai terkikis dan terindikasi peyang.

Padahal bahan baku roller after market sudah pasti beda jauh dengan roller standar, nah dari sini kami mulai berfikir apa penyebab roller di X-ride ini lebih cepat peyang padahal selama memakai mio untuk penggantian roller itu minimal 1 tahun sekali itu pun kondisi roller tidak terlalu peyang.

Apa lagi riding style pakai mio lebih X-treme lagi yakni sering di gunakan untuk kebut-kebutan. Dalam hal ini penyebab terkikisnya roller dikarenakan cam/ram plat penutup roller yang tajam pada bagian pinggirnya dan memang benar ketika kami melakukan pertama kali membongkar CVT X-ride kami menemukan hal yang ganjil tersebut ram plat yang sedikit tajam pada bagian pinggirnya berebda dengan ramplat mio yang halus, bagian pinggirnya.

Cara Mengatasi Roller X-Ride Cepat Peyang/Terkikis

Nah yang akhirnya kami pun mencoba untuk menghaluskan pada bagian yang sedikit tajam tersebut, kemudian apa saja yang harus dipersiapkan dan dikerjakan, kalau begitu simak langkah-langkah dibawah ini.

  • Untuk hal yang pertama kali yang harus dipersiapkan ialah alat untuk menghaluskan bagian pinggiran tersebut, yakni dengan amplas/kikir/gerinda.Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Roller X-Ride Cepat Peyang/Terkikis
  • Yang kedua ialah dengan membongkar semua bagian dari CVT.
  • Setelah semua di buka ambil cam/ram plat/penutup rumah roller untuk dihaluskan bagian pinggirnya.Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Roller X-Ride Cepat Peyang/Terkikis

Dalam hal ini kondisi rumah roller/prymari sliding sheave pada saat di bongkar sangat kotor, padahal baru 2 minggu lalu di bongkar dan dibersihkan ini mungkin gejala roller yang terkikis.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Roller X-Ride Cepat Peyang/Terkikis semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Roller X-Ride Cepat Peyang/Terkikis | Heri Marianto | 4.5
Shares